Pemilu dan Musyawarah Besar BSLC 2023

Pemilu dan Musyawarah Besar BSLC 2023

Pemilu dan Musyawarah Besar adalah salah satu acara yang wajib dilakukan setiap tahunnya untuk regenerasi Ketua Umum serta kepengurusan BSLC. Pemilu tahun ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2023 yang bertujuan untuk menentukan Ketua Umum BSLC periode 2024/2025. Semua Nindya diwajibkan berpartisipasi dalam acara ini bahkan terdapat beberapa alumni yang ikut berpartisipasi. Pada acara ini dilakukan juga pembacaan AD/ART sebagai bentuk mencari titik temu kesepakatan terhadap aturan-aturan dasar organisasi BSLC ke depannya.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid yaitu onsite di ruang M2B Kampus Syahdan dan online melalui platform Zoom. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Audrey Ramadhiyanti Cahyadi selaku Ketua Umum BSLC periode 2023/2024 dan Nicholas Prasetio selaku Project Manager Pemilu dan Musyawarah Besar BSLC 2023. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Himne Perguruan Tinggi BINUS. Kemudian, dilakukan pembacaan AD/ART yang dipandu oleh DPI (Dewan Pengurus Inti). Pada pembahasan ini, terdapat beberapa perubahan pada AD/ART atas kesepakatan bersama oleh para Nindya.

 

Setelah AD/ART disahkan, acara dilanjutkan dengan Pemilihan Umum. Diawali dengan pembacaan tata tertib dan presentasi kampanye dari masing-masing kandidat, yaitu Monica Florencia Dharmawan sebagai kandidat nomor 1, Keilani Savitri Senawirawan sebagai kandidat nomor 2, dan Enrique Julian Aldo sebagai kandidat nomor 3. Setelah para kandidat melakukan presentasi, kemudian dilakukan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, tidak hanya Nindya yang ikut berpartisipasi, tetapi para alumni BSLC pun turut memberikan pertanyaan, tanggapan, serta masukan bagi para kandidat.

Acara pun dilanjutkan dengan voting yang dilakukan oleh para Nindya BSLC. Sebelum melakukan voting, para kandidat diperkenankan untuk meninggalkan ruangan M2B terlebih dahulu. Setelah itu, voting pun berjalan dengan lancar dan transparan. Dapat dilihat dari tampilan perhitungan hasil voting yang telah digabung dengan penilaian dari para panelis dan disaksikan oleh para Nindya dan alumni yang hadir. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh bahwa kandidat nomor urut 3, yaitu Enrique Julian Aldo lah yang mendapatkan score tertinggi, sehingga disepakati bahwa Aldo  yang  menjadi ketua umum BSLC periode 2024/2025. 

Setelah disetujui bersama, para kandidat diminta masuk kembali ke ruangan M2B dan dilanjutkan dengan penetapan ketua umum baru dari Audrey Ramadhiyanti Cahyadi selaku ketua umum BSLC periode 2023/2024. Selanjutnya, Enrique Julian Aldo memberikan kata sambutan pertamanya sebagai ketua umum BSLC periode 2024/2025. Ucapan selamat berdatangan kepada Enrique Julian Aldo atas terpilihnya sebagai ketua umum BSLC periode 2023/2024. Kedua kandidat lain serta alumni dan DPI juga memberikan selamat dan pesan untuk Aldo karena sudah memenangkan Pemilihan Umum 2023. Selanjutnya, acara ini pun diakhiri dengan foto bersama, doa penutup, dan pengisian exit ticket oleh para peserta yang sudah turut hadir baik secara onsite maupun online.