Binus Goes to Pilmapres 2023

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau PILMAPRES tahun 2023 telah sukses dilaksanakan oleh SCAC (Student Club and Activity Center) pada tanggal 17 Maret 2023 di Auditorium Kampus Anggrek BINUS@Kemanggisan. Acara tersebut dilakukan untuk memilih kandidat terbaik yang akan mewakili BINUS University dalam PILMAPRES tingkat LLDIKTI wilayah 3 dan jika terpilih kembali, maka akan dilanjutkan ke tingkat nasional.

PILMAPRES sendiri adalah sebuah acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (KEMENDIKBUD RISTEK) setiap tahunnya, untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia yang siap dalam  membangun dan memajukan bangsa Indonesia. 

Acara dimulai dengan sambutan oleh bapak Johan, S.Kom., MM. selaku Vice Rector of Student Affairs and Community Development BINUS University. Dalam sambutannya beliau mengatakan jika selama kuliah, mahasiswa diharapkan tidak hanya berfokus untuk meningkatkan bidang akademik, tetapi juga harus memperhatikan bidang non-akademik yang dimilikinya. Lebih lanjut, beliau mengatakan jika bagi setiap mahasiswa, selama kuliah hal yang terpenting adalah untuk terus memperkuat komitmen, terutama komitmen untuk lulus tepat waktu, dan untuk berprestasi dengan meningkatkan kualitas diri agar siap untuk bekerja setelah lulus.

Berikut ini merupakan daftar kandidat yang memperebutkan gelar Mahasiswa Berprestasi Terbaik dan Mahasiswa Berprestasi Terfavorit : 

  1. Edward Hartanto Enrico Abadi perwakilan dari School of Information Systems jurusan Business Information Technology, BINUS@Bekasi
  2. Annisa Saptayulia Belvanugraha perwakilan dari Faculty of Engineering jurusan Food Technology, BINUS@Alam Sutera
  3. Delviana Pramata perwakilan dari Faculty of Humanities  jurusan International Relations, BINUS@Kemanggisan
  4. Jessica Christabel Gan perwakilan dari School of Design jurusan Film, BINUS@Alam Sutera
  5. Maevy Marvella perwakilan dari School of Computer Science jurusan Mobile Application and Technology, BINUS@Kemanggisan
  6. Olivia Valentina perwakilan Faculty of Digital Communication Hotel and Tourism jurusan Marketing Communication, BINUS@Kemanggisan
  7. Thalea Christy Nathaniela perwakilan dari Binus Business School jurusan Entrepreneurship, BINUS@Malang

Pada sesi pertama, para kandidat mempresentasikan karya ilmiah yang telah mereka siapkan dengan didampingi oleh 2 orang panelis, yaitu Guru Besar Psikologi BINUS University, Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.S. dan Director of Binus Knowledge Management & Innovation, Dr. Elidjen, S.Kom, MInfoCommTech, CIP, CKM. Setiap kandidat akan diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka, dan dilanjutkan dengan 5 menit sesi tanya jawab oleh kedua panelis.

Pada sesi kedua, para kandidat saling menyampaikan dan berargumen mengenai beberapa studi kasus dengan waktu yang telah ditentukan selama 3 menit, didampingi oleh 2 orang panelis dari Language Center BINUS University, yaitu Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum dan Dr. Franklin G . Talaue, M.A.E. Selain menguji kemampuan kandidat dalam memahami studi kasus dan berdebat, sesi ini juga bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para kandidat.

Setelah melewati proses penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan Pemenang Mahasiswa Berprestasi Terbaik BINUS University 2023 adalah Edward Hartanto Enrico Abadi, perwakilan dari School of Information Systems jurusan Business Information Technology BINUS@Bekasi. Sedangkan Pemenang Mahasiswa Berprestasi Terfavorit adalah Thalea Christy Nathaniela, perwakilan dari Binus Business School jurusan Entrepreneurship BINUS@Malang. 

Semoga pemenang Mahasiswa Berprestasi BINUS University tahun 2023 dapat maju dan mengharumkan nama BINUS University di tingkat nasional, serta menjadi panutan bagi mahasiswa lainnya dalam belajar, berkembang, serta berkarya.