Males Belajar Saat Daring Gini? Yuk Motivasi Diri!

Seiring berjalannya waktu, proses belajar online yang  berlangsung lebih dari 1 tahun ternyata sangat  berdampak besar. Berbagai permasalahan timbul, seperti HP/PC yang tidak dimiliki sendiri oleh mahasiswa , tidak memiliki kuota internet (kuota bantuan belum merata), jaringan internet yang sering bermasalah, ketidakpahaman menggunakan berbagai aplikasi digital, hingga tugas yang banyak. Rasa jenuh dan bosan  dengan pembelajaran  menyebabkan kita menunda-nunda tugas hingga tidak paham dengan materi pembelajaran.

Temen-temen pasti sedikit banyak ada ngeluhnya dengan proses pembelajaran saat ini. Iya sih karna kita cuma bertatap muka.. virtual aja via Zoom, Google Meet, Ms Team dan aplikasi pendukung lainnya, malah  bisa sampai bertemu berjam-jam. Parahnya lagi saat Virtual tiba-tiba ngantuk dan ketiduran, pernah gitu ga sii temen-temen, haahaha upss…

Nahh, tapi sangat perlu diingat dan disadari bahwa niat kita menjalankan pendidikan untuk masa depan yang cerah. Tentunya kita harus semangat menjalankan pendidikan saat ini walaupun dengan situasi saat ini kita belajar online di rumah. Namun tentunya ini demi keselamatan kita bersama dan untuk menghindari penyebaran virus corona. Apa sih tips agar tetap semangat??

  1. Menanamkan Motivasi Yang Kuat

Agar semangat belajar tetap terus ada, maka kita  harus memiliki motivasi yang kuat, tidak menjadikan apapun aktifitas belajar menjadi beban. Melakukan dengam hati yang senanv dan bahagia dan tetap ingat tujuan kita untuk menjalani pendidikan.

  1. Tempat Belajar yang Aman dan Nyaman

Jika motivasi dalam diri telah kuat, maka kita harus dapat menjaga mood belajar tetap membaik. Caranya dengan belajar di tempat atau suasana  yang aman dan nyaman. Suasana yang nyaman dalam belajar bagi setiap orang bisa saja berbeda, ada sebagian orang  yang dapat belajar harus ditempat yang sunyi dan sepi, namun tak sedikit pula beberapa orang yang suka belajar dengan adanya iringan music. Semua itu diatur sesuai kebiasaan belajar diri masing-masing.

Suasana yang nyaman juga bicada tentang kerapian dan kebersihan tempat belajar. Usahakan meja belajar dan lingkungan sekitar bersih, buku-buku dan alat tulis tertata rapi. Karena itu akan berpengaruh pada mood kita dan semangat belajar. Jika meja belajar selalu berantakan dan saat ditengah proses belajar sedang membutuhkan sesuatu yang ternyata tidak mudah ditemukan maka sangat mempengaruhi prose belajar selanjtunya, akhirnya bisa menghancurkan mood. Apabila mood belajar telah rusak, maka kita pastinya akan malas unuk melanjutkan belajar.

  1. Membuat Jadwal Belajar Harian

Kegiatan yang dijadwalkan bisa menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Dalam membuat jadwal atau schedule, kita harus tetap memperhatikan durasi belajar agar tidak menimbulkan kejenuhan. Dari keseluruhan jadwal, masih harus dibagi lagi dengan berbagai kegiatan, termasuk juga menyelipkan waktu istirahat dan rileks.

  1. Jangan Malu Bertanya

Selama melakukan proses belajar online, tidak menuntut kemungkinan kita  akan merasa kesulitan tentang tugas atau materi yang sedang dikerjakan. Jika di kelas kita lebih mudah bertukar fikiran denngan teman atau bertanya pada dosen, maka selama dirumah kita juga harus tetap aktif bertanya agar lebih mudah memahami materi dan tidak linglung tentunya jika ada hal yang tidak dipahami.

  1. Tetap Menjaga Kesehatan Selama Belajar

Daftar tugas yang setiap hari terus berjalan, terkadang membuat kita harus belajar lebih ekstra dengan melebihi waktu atau jadwal yang telah dibuat. Demi mengejar deadline terkadang kita juga mengabaikan waktu istirahat selama belajar.

Padahal kita sangat  harus tetap menjaga kesehatan selama belajar dirumah, salah satu nya dengan cara mengatur pola duduk yang benar saat menulis atau membaca, sering melakukan senam peragangan sederhana disela-sela belajar agar tidak terjadi kram pada bagian anggota tubuh. Menjaga pola makan dan istirahat yang teratur tentunya. Dan yang lebih penting lagi, , rutin minum air putih agar tidak dehidrasi juga penting dilakukan.

Teman-teman, semua ini memang harus kita hadapi. Semua demi kebaikan dan kesehatan bersama. Pemerintah telah berupaya untuk membuat kebijakan dalam memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia, maka kita sebagai masyarakat yang patuh kita harus saling bergotong royong melawan virus corona dengan cara mendukung dan mengikuti anjuran. Tetap jaga kesehatan dan di rumah saja.

 

Sumber : https://stikesbanyuwangi.ac.id/tips-belajar-sehat-dirumah-selama-pandemi-covid-19/