Cara Mengatasi Stress Karena Tugas

Kalian Stress gak sih, kalau ada tugas kuliah yang numpuk dan tugasnya susah banget dikerjain?

Pastinya kita stress dong dan bisa membuat mood kita jelek seharian. Lalu gimana sih cara mengatasi stress tersebut? Stress, setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stress, nah tergantung dari individu masing-masing bagaimana caranya untuk mengatasi stress pada dirinya

 

Berikut cara – cara mengatasi stress karena tugas – tugas kuliah :

  1. Jangan Sendirian

Ketika kamu sendirian pasti memikirkan hal aneh –aneh dan membuat tugas gak selesai – selesai, maka dari itu jangan pernah kerjain tugas sendirian. Cobalah untuk berdiskusi Bersama teman-teman sekelas kalian dan saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas Bersama, dengan cara begitu maka tugas yang menumpuk akan terasa lebih ringan dan cepat terselesaikan karena kesan yang lebih tidak membosankan.

  1. Nyemil

Kerjain tugas sembari nyemil akan membuatmu sedikit rileks dalam mengerjakan tugas, karena berpikir butuh asupan dong pastinya.

 

Mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa membantumu untuk mengurasi rasa tertekan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Misalnya saja seperti yogurt. Dengan mengonsumsi yogurt, serotonin dalam otakmu akan meningkat. Dengan mengonsumsi makanan yang kamu suka pula maka kamu akan merasa rileks saat kamu tertekan dengan banyaknya tugas kuliah yang kamu hadapi sekaligus memperbaiki pola makanan kamu menjadi lebih baik.

 

 

  1. Sharing

Sharing, berkeluh kesah kepada orang lain akan meringankan stress saat mengerjakan tugas, akan lebih asik mengerjakan tugas ditemani teman – teman karena dapat meminta bantuan ide dan juga saran saran untuk tugas kuliah anda.

 

  1. Main Game

Main game yang kamu sukai ketika kamu sudah terlalu stress dan lelah dengan tugasmu, beristirahat sebentarlah. Akan tetapi kalian juga tetap harus bisa mengatur waktu kalian, dengan menyempatkan waktu untuk beristirahat dari rutinitas yang menumpuk ini, kalian juga sekaligus dapat belajar bagaimana cara membagi waktu kalian yang berharga. Jangan sampai waktu kalian terbuang terlalu banyak untuk hal-hal yang seharusnya bukan merupakan prioritas kalian. Bermain game yang terlalu lama juga akan merusak jadwal kalian , oleh karena itu saran untuk bermain game ini dapat kalian aplikasikan namun dengan porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Ingatlah ketika sudah kembali bersemangat, kerjakan tugasmu kembali dan pantang menyerah.

 

  1. Management waktu yang baik

Sebagai mahasiswa pastinya kita punya kebebasan kita sendiri, terutama dalam hal-hal yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Misalnya saja kamu suka nongkrong bareng teman-temanmu, bergabung dengan komunitas, organisasi, atau kegiatan-kegiatan lain. Namun, sebagai contoh meski sebenarnya berorganisasi itu penting kamu tidak boleh menomorduakan tugasmu hanya karena kegiatan di organisasimu. Kamu harus tegas dan bijaksana pada dirimu sendiri. Kamu harus berani dan yakin untuk memutuskan kapan kamu akan mengerjakan tugas dan kapan kamu harus menggunakan waktumu untuk kegiatan-kegiatan di luar aktivitas perkuliahan.

 

 

 

 

 

 

 

Itulah beberapa cara mengatasi stress karena tugas kuliah..

Semoga bermanfaat ^^

Source : https://www.idntimes.com/life/education/yefta-christopherus/tips-tak-tertekan-tugas-kuliah-c1c2/full