tips menghemat bagi mahasiswa, berani?

tips menghemat bagi mahasiswa, berani

Halo, kali ini aku mau bawain artikel tentang menghemat bagi pelajar khususnya mahasiswa. Keperluan untuk kuliah juga tidak sedikit, belum lagi kalau ada keperluan mendadak uang saku menjadi kritis. Banyak yang bingung dalam masalah ini. Karena keperluan kuliah yang banyak dan keperluan pribadi, jadi sulit untuk menghemat rasanya. I felt that, too!

Tentu ada cara-cara yang bisa dibilang membantu lah dalam problematika mahasiswa. Mau tau caranya apa saja? Simak sebentar yuk, supaya lebih tahu.
1. Susun pengeluaranmu setiap bulan
Kalau ini sih menurut aku yang paling menantang, kenapa? Karena belum tentu semua dari kita bisa mengalokasikan uang bulanan sesuai susunan, selalu ada yang terpakai dengan alasan kebutuhan mendadak. Tetapi, cara ini bisa kok jadi daftar solusi kamu. Dengan menyusun daftar pengeluaran kita nanti, kita menjadi lebih tahu berapa dana yang akan kita siapkan dan sisanya bisa kita tabung deh.
2. Kurang-kurangin nongkrong
Ya, bukan melarang untuk nongkrong atau hangout, sih. Hangout bersama juga membantu pikiran kita untung lebih fresh, tetapi dengan porsi yang secukupnya. Lebih baik kurangin supaya pengeluarannya tidak jebol dan bisa ditabung lagi.
3. Daripada beli buku, lebih baik pinjam saja!
Karena harga buku untuk kuliah tidak bisa dibilang murah, maka jika ada kesempatan untuk meminjam, maka pergunakanlah. Kita menjadi untung karena uang yang akan digunakan untuk membeli buku tidak jadi terpakai dan bisa deh ditabung lagi untuk keperluan lain.
4. Hidup layaknya mahasiswa
Maksudnya apa nih? Ya, karena mahasiswa memiliki keuangan yang sangat terbatas karena itu hidup seperti mahasiswa dilontarkan. Jika kita pergi ke suatu tempat misalnya, taman rekreasi dengan menunjukkan kartu identitas mahasiswa kita,bisa saja terdapat potongan harga yang sangat lumayan untuk ditabung. Serta untuk berbelanja dengan diskon yang jumlahnya besar, juga sangat menguntungkan bagi mahasiswa untuk berhemat. Yuk coba yang ini!
5. Mencoba lowongan part-time
Bukan menjadi rahasia lagi jika mahasiswa=part time. Bukan suatu masalah atau aib kok untuk bekerja part time. Justru dengan bekerja paruh waktu kita menghasilkan uang yang menambah uang saku bulanan kita dan juga membunuh waktu yang ada ketika terdapat waktu yang kosong. Keren kan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Selain itu, kita membantu meringankan sedikit beban orang tua dalam memberi uang saku bulanan kita hehe.

Kalau diteliti lebih dalam lagi sebenarnya banyak loh caranya namun cara-cara diatas yang dianggap lebih ampuh. Sebenarnya untuk hemat itu mudah, yang sulit hanyalah mengumpulkan niat itu untuk merealisasikan perihal berhemat. Yang terpenting kita harus mampu membagi dana untuk hal yang benar-benar dibutuhkan dengan yang sekedar esensial saja. Semoga bermanfaat!