Pengabdian kepada Masyarakat BNMC 2023 “Discovering Chinese Culture (探索中国文化)”

BINUS Mandarin Club (建国大学中华俱乐部) telah menyelenggarakan acara Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Discovering Chinese Culture (探索中国文化)” yang berlangsung selama 5 hari. Kegiatan ini berlokasi di SMP Kristen Lemuel II, Jalan Pos Pengumben Lama No.17, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560. Pada jadwal yang telah ditentukan, BNMC memasuki kelas 8 SMP yang terdiri dari 31 siswa untuk memberikan pengetahuan tentang kebudayaan Tiongkok, termasuk mengenai bahasa Mandarin dan kerajinan Zhong Guo Jie.

Pada hari pertama yang diadakan pada Senin, 9 Oktober 2023, BNMC membawakan materi tentang “Perkenalan Diri (自我介绍)”. Pembelajaran dimulai oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya, yang menjelaskan berbagai jenis kalimat perkenalan diri. Selanjutnya, Sdri. Brigitta Marcella Dominigus memberikan penjelasan tentang kosakata dasar dalam perkenalan, Sdri. Vimala Putri Khoharjo dan Sdri. Felicia Nathanael memberikan contoh percakapan perkenalan diri. Kemudian, Sdr. Nelson Duta Tan Surya juga sempat menyampaikan materi mengenai hobi dalam bahasa Mandarin. Setelah selesai dengan materi tersebut, Sdri. Natania Artha memberikan latihan kepada seluruh siswa kelas 8 SMP Kristen Lemuel II untuk membuat kalimat perkenalan diri yang mencakup nama, umur, dan hobi, dan latihan ini dibimbing oleh para panitia.

Pada hari berikutnya, yaitu Selasa, 10 Oktober 2023, BNMC kembali ke SMP Kristen Lemuel II untuk mengajarkan materi “Kamu Mau Menjadi Apa?” atau “你想当什么?”. Pembelajaran hari kedua dimulai oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya, diikuti oleh Sdri. Vimala Putri Khoharjo yang menyebutkan berbagai kosakata, dan kemudian Sdri. Brigitta Marcella Dominigus untuk melengkapi kosakata. Selain itu, Sdri. Christy Feroni Susanvily menjelaskan pola kalimat untuk menjawab pertanyaan “你想当什么?”. Setelah itu, Sdr. Stephan Ardy dan Sdri. Serenity Arwen Wijaya memberikan contoh percakapan tentang bertanya mengenai profesi. Kosakata mengenai berbagai profesi dibawakan oleh Sdri. Natania Artha dan Sdri. Ecclesia Chiara. Setelah selesai dengan pembawaan materi, siswa diberikan latihan soal untuk menulis jawaban dari pertanyaan “Kalian Mau Jadi Apa? (你们想当什么?)” dalam bahasa Mandarin.

Pada hari ketiga, yang jatuh pada Senin, 16 Oktober 2023, BNMC kembali mengajarkan materi yang berbeda yaitu “Kamu Mau Pergi Ke Mana? (你去哪儿?)”. Pada materi ini, siswa-siswi akan belajar tentang arah dan tempat dalam bahasa Mandarin. Kelas dimulai oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya, yang menjelaskan pola kalimat untuk menjawab pertanyaan “你去哪儿?”. Setelah itu, Sdri. Helena menyebutkan nama-nama tempat dalam bahasa Mandarin. Sebelum melanjutkan materi, para siswa diberikan latihan soal untuk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa Mandarin. Pembelajaran dilanjutkan oleh Sdri. Chayita untuk membawakan berbagai kosakata yang berkaitan dengan arah, dan kosakata tersebut dilanjutkan oleh Sdr. Wilson. Setelah Sdr. Wilson selesai menjelaskan kosakata, Sdr. Nelson Duta Tan Surya dan Sdri. Christy Feroni Susanvily memberikan contoh percakapan mengenai bertanya dan menunjukkan arah. Setelah pembawaan materi selesai, para siswa diberikan gambar peta dan diminta untuk menunjukkan arah dengan bahasa Mandarin.

Pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, berbeda dari hari sebelumnya, BNMC kali ini mengajarkan keterampilan dalam membuat salah satu kerajinan Tiongkok, yaitu membuat tali simpul Tiongkok atau 中国结 (Zhōng Guó Jié). Kerajinan tali simpul ini biasanya digunakan sebagai hiasan, hadiah untuk acara khusus, dan ornamen pada pakaian. Tali simpul Tiongkok pada dasarnya memiliki berbagai bentuk, dan setiap bentuknya memiliki arti tersendiri. Pada hari keempat ini, BNMC mengajarkan cara membuat tali simpul keberuntungan.

Kegiatan pengajaran dibuka oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya. Kemudian, Sdri. Gwenda memberikan materi tentang pengenalan tali simpul Tiongkok, termasuk pembahasan mengenai makna aksara, sejarah, dan penggunaannya dalam konteks masa kini. Setelah selesai menyampaikan materi, setiap siswa dibagi menjadi 5 kelompok, dan setiap kelompok diberikan tali untuk membuat tali simpul keberuntungan. Kelompok 1 dibimbing oleh Sdri. Amelia Prasanti Cahyadi, Kelompok 2 dibimbing oleh Sdri. Gwenda Tannia Suryasamudra, Kelompok 3 dibimbing oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya, Kelompok 4 dibimbing oleh Sdr. Stephan Ardy dan Sdr. Wilson, dan Kelompok 5 dibimbing oleh Sdri. Angelrika Wijaya.

Selanjutnya, pada hari terakhir, yaitu Senin, 23 Oktober 2023, BNMC kembali untuk melanjutkan pengajaran keterampilan membuat tali simpul Tiongkok. Kali ini, para siswa diminta untuk melanjutkan pengerjaan tali simpul yang telah mereka pelajari pada Jumat, 20 Oktober 2023 lalu, dengan menambahkan ekor capung pada tali simpul keberuntungan yang telah mereka buat sebelumnya. Sebelum proses pembuatan, BNMC juga memberikan materi tambahan yang menjelaskan berbagai jenis tali simpul Tiongkok dan juga menunjukkan cara membuat tali simpul Tiongkok berbentuk capung. Setelah itu, para siswa kembali bergabung dalam kelompok masing-masing, seperti yang telah dilakukan pada hari Jumat sebelumnya.

Kali ini, Kelompok 1 dibimbing oleh Sdri. Amelia Prasanti Cahyadi, Kelompok 2 dibimbing oleh Sdri. Ecclesia Chiara, Kelompok 3 dibimbing oleh Sdri. Serenity Arwen Wijaya, Kelompok 5 dibimbing oleh Sdri. Gwenda Tannia Suryasamudra dan Sdri. Chayita Veggie, sementara Kelompok 4 dibimbing oleh Sdri. Helena Caroline Tiono. 

Setelah selesai membuat tali simpul, setiap kelompok mendokumentasikan hasil keterampilan yang mereka buat. Panitia menutup sesi pengajaran di kelas untuk hari terakhir dengan mengajak seluruh siswa kelas 8 SMP Kristen Lemuel II bersama melakukan sesi dokumentasi untuk terakhir kalinya. Selesai kelas, para panitia juga mengajak kepala sekolah dan guru-guru di SMP Kristen Lemuel II untuk melakukan dokumentasi bersama.

Serenity Arwen Wijaya