International Talk Show 2023: Revealing the Secrets of Douyin’s Make-up Technique (揭秘些抖音热门妆容技巧)

BINUS Mandarin Club (BNMC) telah menyelenggarakan International Talk Show 2023 yang berjudul Revealing the Secrets of Douyin’s Make-up Technique (揭秘些抖音热门妆容技巧). Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 16 September 2023 secara onsite di Pacific Garden Alam Sutera, Atrium 2 Lantai GF dan online melalui Zoom Meetings. Acara ini khusus diperuntukan bagi Binusian dan Non-Binusian, yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri para remaja hingga dewasa muda dalam penampilannya dengan mengaplikasikan teknik 抖音 (Dǒu yīn) make-up.  抖音 (Dǒu yīn) make-up sendiri merupakan sebuah tren dan teknik tata rias wajah asal Tiongkok yang memiliki potensi dan minat yang sangat tinggi di kalangan remaja hingga dewasa muda. Pengetahuan akan teknik-teknik pengaplikasian make-up umumnya dilakukan oleh hampir semua wanita dan tentunya bermanfaat bagi orang awam yang hendak menggunakannya dalam keperluan sehari-hari maupun acara tertentu. Perlu diketahui bahwa bahkan saat ini, make-up bukan hanya merupakan media untuk mengekspresikan diri, tetapi juga berfungsi sebagai media untuk memberikan kesan profesional. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang, terutama kalangan anak remaja hingga dewasa muda mulai tertarik dan memutuskan untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam make-up, salah satunya adalah 抖音 (Dǒu yīn) make-up.

Selain itu, para audiens juga bisa mendapatkan benefit berupa SAT points (bagi Binusian), e-certificate, networking, dan juga special doorprizes bagi yang beruntung. Acara ini dimulai pukul 13.30–16.00 WIB. Acara dibuka oleh Karen Athaa Sasmita sebagai MC dan moderator, dibuka dengan kata pembuka serta penyampaian peraturan dan tata tertib yang harus ditaati oleh peserta selama acara talk show berlangsung. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi kata sambutan dari Project Manager International Talk Show 2023 yaitu Serenity Arwen Wijaya, dan kata sambutan dari ketua umum BINUS Mandarin Club (BNMC) 2023 yaitu Nethania Catrice Tiovilda. Setelah itu, acara juga dimeriahkan dengan penampilan spektakuler dari komunitas menyanyi BNMC yaitu Little Dragon Vocal Group yang ditampilkan oleh Chelsea Terenzia dan Vivian Olivia. Adapun lagu yang dibawakan adalah lagu medley bernuansa ceria, yaitu Xué māo jiào (学猫叫), Kǎlùlǐ (卡路里), dan Yes OK. Kemudian, sesi dilanjutkan dengan perkenalan kedua pembicara. Kedua pembicara pada acara International Talk Show ini adalah Sherly Xu (Content Creator) dan Michelle Chan (Color Me Beautiful Malaysia Consultant). Sherly Xu tampil secara onsite di Pacific Garden Alam Sutera. Sedangkan, Michelle Chan tampil secara online melalui Zoom Meetings yang ditampilkan pada layar depan di atas panggung. Kedua pembicara menyampaikan materi masing-masing seputar topik yang sudah disiapkan sambil dipandu oleh moderator

Pembicara pertama yaitu Michelle Chan membahas terkait personal colour, sedangkan pembicara kedua yaitu Sherly Xu membahas seputar elemen-elemen Douyin make-up serta memberikan demo make-up secara langsung di depan para pesertaa. Selain itu, salah satu peserta juga berkesempatan menjadi volunteer dan muse untuk dirias oleh Sherly Xu dalam demo tersebut. Moderator juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melakukan sesi tanya jawab dengan kedua pembicara. Kemudian, acara juga dimeriahkan dengan penampilan dari komunitas menari BINUS Mandarin Club (BNMC), yaitu Red Silk Dance Group yang diwakili oleh Rafhael Abelargo dengan membawakan tarian tradisional Tiongkok yang dimodifikasikan dengan musik semi-modern, yaitu 唐梦 (Táng mèng).

Setelah penampilan tersebut, ada juga sesi penyerahan sertifikat kepada Sherly Xu dan e-certificate kepada Michelle Chan oleh Serenity Arwen Wijaya selaku Project Manager. Acara juga diikuti dengan sesi dokumentasi bersama para peserta, kedua pembicara, dan seluruh panitia yang sudah berkontribusi dalam acara ini. Sebelum mengakhiri acara, terdapat sesi yang telah ditunggu-tunggu yaitu sesi pembagian doorprize. Sesi dilakukan dengan memilih pemenang berdasarkan spin wheel. Setelah pemenang doorprize terpilih, moderator membagikan hadiah doorprize kepada peserta terpilih dan melakukan dokumentasi. Acara pun diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dari sesi talk show, himbauan untuk mengisi exit ticket, dan salam penutup oleh moderator. Acara ini berhasil dilaksanakan dengan lancar dan dengan bantuan dan kerja sama dari Pasific Garden Alam Sutera serta pihak media partner BNMC International Talk Show 2023.

Chelsea Terenzia