Team Bonding Session I & II “Forming and Storming”

Team Bonding Sesi Pertama

Pada tanggal 13 Januari 2022, para pengurus BNMC angkatan 22 telah mengadakan kegiatan team bonding untuk pertama kalinya setelah resmi menerima jabatan kepengurusannya pada acara Regenerasi dan Serah Terima Jabatan XXI yang telah diselenggarakan pada tanggal 9 Januari 2022 yang lalu. Kegiatan team bonding sesi pertama ini dihadiri oleh 28 orang pengurus BNMC yang terdiri dari Dewan Pengurus Inti, Manager, maupun Vice Manager dari seluruh divisi di BNMC. Kegiatan berlangsung secara online melalui Zoom Meetings selama kurang lebih dua setengah jam yang dimulai pada pukul 19.00 sampai dengan 21.30 WIB. 

Kegiatan team bonding ini akan dibagi ke dalam beberapa sesi yang akan dibawakan oleh Ketua Umum BNMC dan dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan tema kegiatan dan tugas yang berbeda-beda pada setiap sesinya. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan team bonding adalah agar sesama pengurus dapat menjadi lebih dekat dengan mengenal lebih dalam satu sama lain, sehingga para pengurus dapat menjaga kekompakannya selama menjalankan tugas kepengurusan yang diberikan. 

Sesi team bonding pertama dipimpin oleh Nathanael Geoffrey Hanjaya selaku Ketua Umum BNMC periode 2022 yang menjelaskan tujuan dan tema dari kegiatan team bonding yang akan dilakukan, yaitu bernama forming atau awal pembentukan sebuah kelompok. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tugas yang harus dikerjakan pada sesi ini dan dikerjakan bersama-sama secara langsung menggunakan Miro sesuai dengan instruksi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pada sesi ini, terdiri dari tiga macam tugas yang harus dikerjakan oleh para pengurus sesuai dengan template yang telah disediakan. Tugas yang pertama adalah leadership capabilities di mana masing-masing pengurus diminta untuk mengisi apa saja tantangan yang mereka hadapi selama menjadi pemimpin. Kemudian, tugas yang kedua adalah mengisi personal map yang terdiri dari kelebihan, kekurangan, bakat, dan hobi atau ketertarikan yang dimiliki oleh masing-masing pengurus. Lalu, tugas yang terakhir adalah team learning marketplace dengan menuliskan apa saja bidang atau topik yang mereka kuasai untuk dapat diajarkan kepada timnya di bagian our skills pools pada template yang telah disediakan.

Pada akhir kegiatan, Nathanael sebagai pemandu acara memberikan kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan team bonding sesi pertama, yaitu masing-masing pengurus dapat saling sharing mengenai tantangannya sebagai pemimpin dan saling mengetahui kelebihan dan kekurangan satu sama lain melalui tugas-tugas yang telah dikerjakan sebelumnya, serta para pengurus dapat saling mempelajari hal baru melalui pengurus lainnya yang lebih menguasai bidang tersebut, serta dapat menemukan teman yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama.

Team Bonding Sesi Kedua

Setelah mengadakan bonding sesi pertama, BNMC kembali mengadakan team bonding sesi kedua yang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2022 pada pukul 18:00 WIB selama kurang lebih 2 setengah jam melalui platform Zoom Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh 28 Pengurus yang terdiri dari Dewan Pengurus Inti, Manager, dan Vice Manager dari seluruh divisi yang ada di BNMC itu sendiri dan dimoderatori oleh Nathanael Geoffrey Hanjaya selaku Ketua Umum BNMC periode 2022.

Adapun rangkaian kegiatan team bonding sesi yang kedua dengan topik “Storming” melalui platform Miro dan Google Slides, yaitu mengasah kemampuan pengurus BNMC dalam memberikan pendapat dalam sebuah team. Kegiatan diawali dengan bermain moving motivator yang menjelaskan hal yang memotivasi setiap pengurus dalam memimpin melalui Google Slides.

Team bonding dilanjutkan dengan sesi team agreement yang membahas perilaku yang penting dan tidak boleh dilakukan oleh anggota team dan leader contract yang membahas perilaku yang penting dan tidak boleh dilakukan oleh seorang pemimpin melalui breakout room yang disediakan oleh Ketua Umum selama kurang lebih 10 menit setiap topik. Peserta kemudian kembali ke main room untuk menjelaskan tentang hasil diskusi mereka dalam breakout room melalui platform Miro.

Topik terakhir dalam sesi team bonding ini adalah peserta memberikan pendapat mereka tentang hal yang mereka syukuri ketika dipimpin oleh sosok yang seperti apa melalui Miro yang telah disediakan. Team bonding sesi kedua diakhiri dengan menarik kesimpulan materi oleh Nathanael selaku moderator dan memberikan kalimat penutup.

Michelle Angelita & Jastin Gabriel Ongko