SEMINAR “HOW TO START TO BE AN ENTREPRENEUR AND DEVELOP AN ENTREPRENEURIAL MINDSET”

Entrepreneur atau biasa disebut sebagai wirausahawan merupakan sebuah topik yang saat ini sedang sangat terkenal di antara masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Secara definisi, entrepreneur merupakan seorang individu yang mampu menciptakan bisnis baru, bersedia menanggung sebagian besar resiko, dan dapat menikmati sebagian besar keuntungannya sebagai imbalannya. Dibalik banyaknya minat generasi muda dalam membuka bisnis baru, tidak sedikit juga mereka yang masih bingung bagaimana untuk memulainya. Oleh karena itu, pada hari Sabtu, 23 Juli 2022, BINUS Mandarin Club (BNMC) mengadakan seminar dengan tema “How to Start to be an Entrepreneur dan Develop an Entrepreneurial Mindset” yang dihadiri oleh Pak Felix Salim dan Kak Josephine Mulyani sebagai pembicaranya. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan informasi dan membagikan pengalaman kepada peserta tentang bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis dan mindset seperti apa yang perlu dimiliki seorang wirausahawan. Seminar ini diselenggarakan melalui Zoom Meetings yang dihadiri oleh 110 peserta yang berasal dari BINUSIAN dan Non-BINUSIAN.

Pak Felix Salim, S.Kom., S.Si. merupakan seorang wirausahawan lulusan Universitas Bina Nusantara yang bergerak dalam industri Food and Beverages sebagai owner dari bisnis Tyfel Coffee, Herbox, dan American Breakfastclub. Tyfel Coffee merupakan sebuah bisnis coffee shop yang menyediakan kopi vegan friendly demi menjaga pola hidup yang lebih sehat dan lebih baik. Herbox merupakan sebuah restoran dan catering yang berbasis vegetarian. Sementara yang terakhir adalah American Breakfastclub yang merupakan sebuah restoran yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman sarapan khas Amerika. 

Kak Josephine Mulyani, S.M.  merupakan seorang mahasiswa lulusan Universitas Pelita Harapan jurusan International Business Management dan merupakan founder dari Feodora Florist. Feodora Florist merupakan bisnis yang menyediakan jasa membuat bunga papan dan karangan bunga bagi berbagai event dan individu. 

Seminar diawali dengan registrasi ulang yang dipandu oleh Sdri. Amelia Foreman selaku MC. Acara dimulai dengan sambutan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Project Manager seminar ini, Sdr. Calvin Chandika. Dengan diadakannya seminar ini, Sdr. Calvin Chandika berharap agar peserta dapat mengembangkan pola pikir seorang entrepreneur pada diri mereka dan jiwa entrepreneur pada diri peserta turut terdorong. Lalu kemudian acara disambung dengan perkenalan profil oleh pembicara pertama, yaitu Pak Felix Salim, melalui perbincangan singkat dengan MC. Sesi ini membuat para peserta lebih mengenal profil dan latar belakang Pak Felix Salim selaku pembicara yang pertama menyampaikan materi.

Penyampaian “Materi Start Your Entrepreneurial Journey” oleh Pak Felix Salim, S.Kom., S.Si.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembawaan materi yang berjudul “Start Your Entrepreneurial Journey” oleh pembicara pertama, Pak Felix. Dari materi yang telah disampaikan, Pak Felix menjelaskan secara singkat apa itu seorang entrepreneur dan bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Hal ini termasuk langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk membangun bisnis kita sendiri dan cara-cara untuk mempertahankan. Selain itu, dalam membangun bisnis terdapat berbagai aspek yang harus dipersiapkan dengan baik dan matang terlebih dahulu sebelum memulai bisnis kita sendiri. Maka dari itu, seorang entrepreneur juga harus dapat bersikap fleksibel, dapat menyesuaikan dengan keadaan, dan harus mempunyai growth mindset, yaitu pola pikir yang terus bertumbuh dan berkembang. Akhir kata, seorang entrepreneur tidak boleh menyerah dan harus selalu berusaha untuk yang terbaik.

Setelah Pak Felix menyampaikan materi yang telah disiapkan. MC pun memberikan rangkuman atas materi yang dipaparkan kepada peserta. Lalu dilanjutkan dengan perkenalan profil oleh pembicara kedua yaitu Kak Josephine Mulyani melalui perbincangan singkat dengan MC. Sesi ini membuat para peserta lebih kenal dengan Kak Josephine Mulyani selaku pembicara yang kedua menyampaikan materi.

Penyampaian Materi “How to Build Entrepreneurial Mindset” oleh Kak Josephine Mulyani, S.M.

Acara kemudian dilanjutkan lagi dengan pembawaan materi yang berjudul “How to Build Entrepreneurial Mindset” oleh Kak Josephine. Pada intinya, seorang entrepreneur harus memiliki pola pikir dan mindset yang baik dalam menjalankan bisnisnya, diantaranya selalu berpikir positif, memberikan yang terbaik, dan mau menerima kritik dan saran. Namun tidak hanya itu, seorang entrepreneur juga harus mempunyai berbagai skill penting, seperti management waktu yang baik, pembuatan keputusan, leadership, dan mampu mengontrol emosi dengan baik. Terakhir, seorang entrepreneur juga harus kreatif, inovatif, berpikir positif, dan langsung melakukan ide yang kita miliki tanpa menunda-nunda.

Setelah Kak Josephine menyampaikan materi yang telah disiapkan. MC pun kembali memberikan rangkuman atas materi yang dipaparkan kepada peserta. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung sekitar 20 menit. Sesi tanya jawab dilaksanakan melalui platform Slido. Banyak peserta yang sangat antusias dan aktif dalam bertanya pada sesi kali ini.  Felix dan Kak Josephine saling bergantian memberikan jawaban.

Foto bersama panitia, peserta, dan pembicara.

Setelah sesi tanya jawab selesai acara pun dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yang dipimpin oleh Sdr. Stephan Ardy. Acara pun ditutup dengan sesi pemberian kata kata penyemangat oleh kedua pembicara. Pak Felix selaku pembicara satu berpesan agar kita harus mempunyai mentalitas juara. Seseorang dikatakan mempunyai mentalitas juara bukan karena kita tidak pernah gagal namun saat kita terjatuh, pastikan kita akan selalu bangkit lagi untuk meraih cita-cita dan mimpi kita. dan Kak Josephine selaku pembicara dua juga tak lupa memberikan pesan untuk kita yang sedang kuliah dan ingin mempunyai bisnis atau sudah mempunyai bisnis, boleh untuk diseriusin sebab masa-masa ini merupakan masa-masa yang paling penting dan jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Selain itu, kita haru selalu mempunyai positive mindset dan jangan pikirkan kata-kata negatif dari orang lain. Selalu percaya diri dengan diri kita sendiri, dan lakukan langsung apa yang kita mau dan belajar sambil kita melakukannya. Acara pun ditutup dengan pengisian exit ticket.

Kami mewakili panitia pada seminar “How to Start to be an Entrepreneur and Develop an Entrepreneurial Mindset” mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah aktif berpartisipasi dan antusias mengikuti rangkaian acara ini. Tak lupa kami juga berterima kasih kepada Pak Felix Salim, S.Kom., S.Si. dan Kak Josephine Mulyani, S.M. yang sudah meluangkan waktunya untuk bisa berbagi kepada kita semua ilmu yang berharga.

Stanley Abner Sindunata