International Seminar “The Modern Silk Road: Prepare Your Career And Seek The Opportunities With Chinese Work Ethics”

Semakin berlalunya waktu, teknologi dan persaingan di dunia kerja semakin meningkat. Maka dari itu, kita sebagai para generasi muda harus meningkatkan ilmu dan skill yang kita miliki agar kita dapat memiliki keunggulan kompetitif saat bersaing di dunia kerja.

Pada hari Minggu, 4 September 2022 pukul 13.00 WIB, BINUS Mandarin Club (BNMC) telah mengadakan international seminar dengan tema “The Modern Silk Road: Prepare Your Career And Seek The Opportunities With Chinese Work Ethics”. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta untuk meningkatkan dan mempersiapkan diri dalam mencari peluang karier di dunia kerja. International seminar ini dihadiri oleh Sir Eric Ku dan Miss Maggie Sun sebagai pembicara. International seminar ini diselenggarakan melalui Zoom Meetings yang dihadiri oleh 246 peserta yang berasal dari BINUSIAN dan Non-BINUSIAN.

Sir Eric Ku adalah Co-Founder dan Executive Director dari iTrain Group. iTrain Group adalah perusahaan yang memiliki banyak cabang di beberapa negara, mulai dari Singapura, Indonesia, hingga di Macau. iTrain Group berfokus pada digital technology education anak yang berkisar dari umur 3–17 tahun. Beliau merupakan lulusan dari Universiti Malaya di Malaysia. 

Miss Maggie Sun telah memiliki pengalaman kerja selama 15 tahun di bagian HR, serta menjadi konsultan di Shanghai ChenLe Management Consulting Co., Ltd. Beliau merupakan lulusan Psychology oriented HR dari Peking University.

International Seminar ini diawali dengan kegiatan registrasi ulang yang dipandu oleh Sdri. Tiffani Tirta Chanjaya selaku MC. Acara ini resmi dimulai ketika MC memberikan kata pembuka dan pembacaan peraturan seminar terhadap peserta yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari project manager international seminar ini, yaitu Sdri. Angelina. Dalam sambutannya, Sdri. Angelina mengucapkan terima kasih kepada para panitia dan tentunya kepada para peserta karena telah menghadiri acara ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum dari BNMC, yaitu Sdr. Nathanael Geoffrey Hanjaya yang sekali lagi menyambut para peserta dan juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan narasumber dan mengharapkan para peserta dapat mendapatkan ilmu yang banyak dari seminar hari ini. Setelah itu, MC memberikan apresiasi kepada para media partner yang sudah membantu terjadinya acara international seminar.

Selanjutnya, acara sesi pertama pun dimulai dengan penjabaran tentang pengenalan Sir Eric Ku. 

Sir Eric Ku memberikan gambaran mengenai apa saja yang harus diketahui ketika seseorang ingin bekerja di Singapura, di mana Singapura merupakan salah satu negara dambaan sebagai tempat bekerja, dan bagaimana hal-hal tersebut dalam meningkatkan oportunitas dalam membangun karir di masa depan. Ada beberapa poin penting yang harus diketahui dari negara Singapura. Beberapa poin utamanya adalah Singapura berada pada tingkat kedua dalam ranking negara paling termakmur di dunia, di mana hal ini menandakan gaji tinggi dan rendahnya tingkat pengangguran di Singapura. Selain itu izin kerja dan izin tinggal menetap pun mudah didapatkan. Selanjutnya, beliau juga mengatakan bahwa adaptasi dapat dilakukan dengan mudah di negara Singapura, karena bahasa utama yang digunakan dalam bekerja adalah bahasa Inggris. Yang terakhir, politik Singapura tergolong stabil dan memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Hal-hal tersebut merupakan beberapa fakta dari negara Singapura untuk memberikan gambaran umum terhadap mereka yang ingin mengejar karier di Singapura.

Sir Eric Ku menjelaskan bahwa terdapat 7 strategi dalam memangun karir. Diantaranya adalah, kita harus menentukan tujuan kita, membuat resume yang professional, mengetahui kekuatan yang dimiliki, memiliki rasa tanggung jawab yang besar, memiliki standar tinggi agar bisa terus berkembang, membuat brand untuk diri sendiri, dan networking untuk memperluas peluang dan koneksi. Kemudian sesi tanya jawab yang pertama pun dimulai.

Sesi kedua dari acara ini diawali dengan pengenalan diri oleh pembicara kedua, Miss Maggie Sun. Miss Maggie Sun memberikan materi mengenai etika dalam dunia pekerjaan. Terdapat 5 kode etik yang paling sering digunakan oleh setiap perusahaan, yaitu transparansi, kejujuran, prinsip etik, kerahasiaan, dan menghormati hak orang lain. Selanjutnya beliau mengaitkan materi tersebut dengan kode etik yang diterapkan di negeri Tiongkok. Terdapat 7 hal penting dapat dipelajari dari kode etik di Tiongkok tersebut. Tujuh hal tersebut terdiri dari, memiliki persepsi waktu yang baik (selalu tepat waktu), focus on results (kita harus memiliki time management yang baik), chi ku (terus berjuang meski bertemu dengan kesusahan), kesuksesan harus dicapai (apapun harus dicapai melalui kerja keras, bukan hanya dengan bakat), mengejar perfection (harus bekerja sebaik mungkin untuk mencapai keunggulan kompetitif), kemalasan merupakan sebuah kejahatan (tidak boleh bermalas-malasan), tidak hanya bekerja keras, tetapi juga bekerja pintar (selalu memutar otak untuk mendapatkan jalan terbaik untuk menyelesaikan sesuatu).

Setelah itu, Miss Maggie Sun memberikan beberapa tips mengembangkan karier kepada para peserta BINUS. Beliau mengatakan bahwa kita harus mengerti mengenai diri sendiri, berlatih untuk berpikir kritis, membuat analisis SWOT (strengths, weakness, opportunity, threats), menjadi lebih aktif dan mencoba mengerti pemberi kerja kita, memiliki tingkah laku kerja yang baik sesuai dengan STAR (situation, task, action, result), dan menjadi lebih berbaur dan inklusif. Setelah materi selesai disampaikan dan sesi tanya jawab kedua selesai dilakukan, MC memberikan kata penutup dan mengakhiri acara.

Kami mewakili panitia international seminar “The Modern Silk Road: Prepare Your Career And Seek The Opportunities With Chinese Work Ethics” mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan antusiasme para peserta yang telah mengikuti acara ini dari awal hingga akhir. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber kami, Sir Eric Ku dan Miss Maggie Sun yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu kepada kita semua.

Nethania Amanda Jaya Salim