HUT BNMC 2023 “Stepping Up to a New Level” (更上一层楼): Membawa BNMC Semakin Berwarna

Jakarta, 2 April 2023 ─ BINUS Mandarin Club (建国大学中华俱乐部) telah menyelenggarakan acara HUT (Perayaan Ulang Tahun) BNMC yang ke-23 dengan mengusung tema “Stepping Up to a New Level” (更上一层楼) yang diadakan pada hari Minggu, 2 April 2023. Acara HUT dilaksanakan secara onsite di Rooftop Waroeng Sunda, Jalan Panjang, Kedoya Selatan pada pukul 11.00─15.00 WIB dengan dress code Professional Attire. Acara ini juga turut dihadiri oleh anggota, aktivis, pengurus, dan juga alumni BNMC serta beberapa Binusian non-BNMC sebagai tamu undangan.

HUT BNMC merupakan sebuah acara rutin tahunan yang diadakan oleh BINUS Mandarin Club (BNMC) untuk merayakan berdirinya BNMC sebagai salah satu organisasi di BINUS University selama 23 tahun. Selain itu, acara ini juga bertujuan agar semua pihak yang pernah menjadi bagian dari BNMC dapat mengenang kembali masa-masa ketika mereka bertugas dan menjadi seseorang yang membawa perubahan bagi BNMC hingga sekarang ini. Tema HUT BNMC ke-23 ini dipilih dengan maksud bahwa seiring dengan umur BNMC yang semakin bertambah, kita pun berharap pengaruh BNMC dapat semakin meningkat dan membawa dampak baik bagi semua orang. Maka dari itu, dengan diadakannya HUT BNMC, kita berharap agar para anggota, aktivis, pengurus, dan alumni BNMC dapat berbagi kebahagiaan dan membangun serta memperkuat rasa kekeluargaan terhadap satu sama lain.

Acara dimulai dengan pengisian entry ticket oleh peserta. Kemudian, HUT BNMC 2023 dipandu oleh Jesselyn dan Vivian Valeriana Sutanto selaku MC untuk memberikan kata-kata pembuka. Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh MC. Selanjutnya, MC juga menceritakan secara singkat tema serta judul HUT BNMC tahun 2023. Lalu, Vimala Putri Khoharjo selaku Project Manager dari acara HUT BNMC 2023 dan Nethania Catrice Tiovilda selaku Ketua Umum BNMC 2023 turut memberikan kata sambutan untuk para peserta yang hadir. Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video acara HUT BNMC berupa flashback BNMC dan video kompilasi ucapan dari para alumni, pengurus, dan aktivis BNMC. Melalui penayangan video tersebut, mereka menyampaikan harapan untuk BNMC ke depannya dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara HUT. Setelah penayangan ucapan dan video flashback, acara dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue oleh Ketua Umum BNMC 2023 dan Project Manager HUT 2023 untuk menyempurnakan acara ulang tahun BNMC yang ke-23. Kemudian, peserta disambut oleh penampilan Gladys Lionardi dari Little Dragon Vocal Group yang membawakan cover lagu Hua Chen Yu yang berjudul “寒鸦少年”.

Selanjutnya, para peserta berkumpul di sebuah meja panjang sesuai dengan kelompok yang telah dibagikan oleh panitia dan saling berkenalan. Kemudian, setiap perwakilan kelompok memilih nama dan kata yang mendeskripsikan kelompoknya untuk melakukan games. Terdapat lima kelompok yaiitu, 热情 (rèqíng),  努力 (nǔlì),  信任 (xìnrèn), 毅力 (yìlì), dan  团结 (tuánjié). 

Karen Athaa Sasmita selaku koordinator event mengatakan bahwa “Alasan mereka menggunakan nama-nama kelompok games tersebut karena terinspirasi dari perkataan Ketua Umum BNMC 2023 pada saat LDK-A bahwa setiap kelompok membutuhkan hal-hal yang mengandung makna dalam nama kelompok tersebut”.

Setelah bergabung dalam kelompok, MC menjelaskan aturan permainan. Setiap kelompok menunjuk 3 anggota sebagai perwakilan untuk bermain. Permainan pertama adalah permainan tebak gaya, di mana satu orang akan memperagakan gaya dengan kata yang diberikan dan 2 orang saling menebak maksud dari gaya tersebut. Permainan kedua adalah permainan  kalimat tidak logis, di mana setiap kelompok akan menjawab pertanyaan panitia dengan kalimat tidak logis untuk mendapatkan poin. Misalnya “kulkas isi apa saja?”, pemain bisa menjawab dengan kalimat tidak logis, seperti “isi buku”. Setelah selesai bermain, peserta disambut oleh penampilan Gregorius Natanael Elwirehardja dari Little Dragon Vocal Group yang membawakan cover lagu Hua Chen Yu dan Aska Yang yang berjudul “国王与乞丐”. Peserta juga dikejutkan oleh penampilan spesial dari Nethania Catrice Tiovilda dan Sindy yang menampilkan dance dengan diiringi lagu 骁 dan I Got You

Setelah itu, semua peserta dipersilakan untuk makan bersama dan panitia juga sembari mendiskusikan pemenang permainan melalui sistem poin. Setelah sesi makan bersama selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang games yang jatuh kepada kelompok 团结 (tuánjié) dan pemenang best outfit sesuai dengan tema HUT BNMC diberikan kepada Abelargo Rafhael Azis dan Novica Lauren. 

Pada penghujung acara, MC menutup acara dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan panitia dan peserta HUT BNMC Ke-23. Kemudian, acara ditutup dengan penampilan dari Chelsea Terenzia dan Gregorius Natanael Elwirehardja dalam membawakan lagu “Endless Love” oleh Jackie Chan.

“Menurut saya, acara HUT tahun ini seru karena banyak sekali orang baru yang terlibat dalam mempersiapkan acara ini. Saya sendiri bisa melihat semua panitia sudah bekerja keras untuk HUT ini dan pesertanya pun berpartisipasi dengan baik.”, ujar Vimala, selaku Project Manager HUT BNMC 2023.

Viola Vinata