LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN AKTIVIS BNMC 2022/2023: DAY II

BNMC telah menyelenggarakan acara LDK-A selama dua hari, di mana hari kedua LDK-A pada tanggal 6 Maret 2021 dimulai pada pukul 08.00 sampai 18.30 WIB dan dilaksanakan secara online melalui Zoom Meetings dengan 109 peserta yang terdiri dari calon aktivis dan panitia. Sebelum acara LDK-A dimulai, panitia dan PIC mengarahkan calon aktivis untuk memasuki breakout rooms. Di dalam breakout rooms, seluruh PIC kelompok LDK-A memeriksa perlengkapan anggota kelompok mereka. PIC kelompok bertugas mengingatkan calon aktivis untuk menggunakan gelang tanda pengenal, mengikat rambut apabila rambut calon aktivis perempuan melebihi bahu dan memakai baju berwarna merah sesuai aturan yang telah diberitahu saat briefing peserta. Setelah selesai, para peserta kembali ke main room. Setelah kembali di main room, para panitia dan DPI mendisiplinkan para peserta untuk mempertanggungjawabkan pelanggaran tata tertib selama mengikuti LDK-A pada hari pertama. Kemudian, rangkaian acara LDK-A dimulai kembali seperti biasa.

LDK-A dimulai dengan penjelasan mengenai cara melakukan funding dan briefing mengenai simulasi mini event yang akan dilaksanakan. Setelah selesai melakukan briefing, para peserta mulai melengkapi proposal, MoA (Memorandum of Agreement) dan funding. Namun, sebelum itu, para peserta perlu mencari seorang pembicara yang telah disiapkan panitia. Kemudian, peserta juga melakukan simulasi menjual dan membeli produk dengan para roleplay pembeli dan penjual yang telah disiapkan oleh panitia acara. 

Setelah menjalankan simulasi dan melengkapi proposal, para peserta wajib mengumpulkan proposal yang telah dibuat ke formulir pengumpulan proposal. Kemudian, para peserta bersama kelompoknya melakukan persiapan mini event yang telah direncanakan. Selanjutnya, panitia memberikan waktu istirahat selama 30 menit kepada para peserta. Setelah waktu istirahat berakhir, setiap kelompok dipanggil satu per satu untuk menampilkan mini event bersama roleplay pembicara yang telah mereka dapatkan. Kemudian, setelah sesi mini event berakhir, para peserta bersama kelompoknya membahas pembuatan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban). Setelah mengumpulkan LPJ, DPI BNMC memberikan masukan dan catatan mengenai hal yang perlu diperbaiki dari LPJ tersebut dan mengembalikannya kepada para peserta. Para peserta kemudian merevisi LPJ bersama kelompoknya dan mengumpulkannya kembali melalui formulir yang telah disediakan. 

Setelah pembuatan LPJ mengenai mini event yang diselenggarakan selesai, peserta mengisi post test yang telah disiapkan panitia. Selanjutnya adalah sesi sharing oleh alumni yang dibawakan oleh Novica Lauren selaku Chairwoman BNMC 2021. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi keakraban yang dilakukan bersama seluruh peserta di main room dengan bermain truth or dare. Setelah sesi keakraban selesai, panitia melakukan briefing kepada calon aktivis untuk membuat surat mengenai kesan dan pesan selama mengikuti acara LDK-A yang harus dikumpulkan malam itu juga.

Kemudian, Diilyn Everett selaku project manager LDK-A mulai membacakan satu per satu nama calon aktivis yang akan dilantik menjadi aktivis dan dilanjutkan dengan pelantikan yang dilakukan oleh Nathanael Geoffrey Hanjaya selaku Ketua Umum BNMC 2022. Setelah dilantik, peserta kemudian diarahkan untuk mengubah virtual background aktivis yang telah disiapkan sebelumnya. Setiap pengurus dan aktivis yang telah hadir di acara tersebut mengucapkan 恭喜 yang memiliki arti selamat dan juga terima kasih karena telah resmi menjadi aktivis BNMC angkatan ke-23. Sebelum acara berakhir, Nathanael memimpin penyebutan yel-yel BNMC dan diikuti oleh seluruh anggota BNMC. Kemudian, acara ditutup dengan foto bersama di main room dan breakout rooms.

Jastin Gabriel Ongko