Memperkenalkan Meta: Perusahaan Teknologi Sosial oleh Mark Zuckerberg

Halo semua! Apakah kamu tahu? Akhir-akhir ini CEO Facebook Mark Zuckerberg menjadi perbincangan hangat dalam dunia teknologi karena Facebook mengalami rebranding menjadi Meta, lho! Perusahaan yang telah berdiri selama 17 tahun ini akhirnya mengambil keputusan besar yang diumumkan pada konferensi Facebook Connect 2021, Kamis (28/10/2021).

CEO Facebook Mark Zuckerberg memperkenalkan Meta sebagai pengganti nama perusahaan Facebook Inc. Rebranding ini bertujuan untuk menjadikan platformnya sebuah metaverse dan jangkauannya yang mengarah pada dunia virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Wah.. maksudnya istilah metaverse dan rebranding Facebook itu apa ya? Penasaran apa saja yang diubah? Yuk, langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

Arti dan Simbol Nama Meta

Kata Meta terinspirasi oleh bahasa Yunani yang berarti “melampaui”. Meta itu sendiri menggambarkan sebuah metaverse yaitu visi untuk masa depan yang dimiliki Zuckerberg. Dalam artikel perusahaan Facebook, logo tersebut memiliki arti simbol untuk terus berubah. Logo Meta membentuk loop berkelanjutan yang bekerja dengan mulus antara konteks 2D dan 3D. Hal ini dirancang untuk membuka perspektif yang berbeda dan interaksi yang digunakan. Logo Meta tersebut juga menyerupai huruf M untuk “Meta,” dan simbol tak terhingga, yang melambangkan limit tak terbatas di metaverse.

Apa itu Metaverse?

Metaverse merupakan dunia virtual di mana kamu dapat terhubung ke dunia digital, di sini kamu dapat melakukan apapun sesuai imajinasi kamu. Konsep metaverse ini ditayangkan pada video yang dapat diakses melalui channel Youtube Meta. Di dalam video tersebut, terlihat beberapa aktivitas yg dapat dilakukan seperti mengirim diri kamu ke dunia virtual. Salah satunya terutama cara teman-teman berinteraksi dengan meta, hal ini ditunjukkan pada cuplikan di mana ada holografik kita yang sedang bersosialisasi, belajar, berkolaborasi, dan bermain di ruang 3D. Wah! Menarik bukan?

Alasan Facebook Mengganti Nama Menjadi Meta

Facebook ingin rebranding untuk menunjukkan bagaimana CEO Mark Zuckerberg memposisikan ulang perusahaan teknologi di sekitar metaverse, yang ia lihat sebagai area pertumbuhan utama yang juga dapat menarik pengguna yang lebih muda. Tentunya mengganti nama bukanlah hal yang bisa diremehkan. Keputusan yang dilakukan oleh Zuckerberg akan mengubah posisi perusahaannya di metaverse. Langkah ini akan menjadi fokus utama mengenalkan perusahaannya dengan anak muda.

Platform yang dipakai Meta akan lebih imersif dengan mengimplementasikan metaverse di dalamnya. Dengan diumumkannya Meta, Zuckerberg berharap teknologi sosial ini dapat membuat kamu menjadi lebih merasa hadir berada bersama temanmu dan membuat waktu yang dihabiskan menjadi lebih baik.

Dampak Meta pada Pengguna

Kalau begitu apakah perubahan nama Facebook akan mengubah aplikasi media sosial lainnya? Tenang saja, Facebook akan tetap seperti Facebook seperti sebelumnya dan aplikasi lain tidak mendapatkan campur tangan oleh Meta. “Aplikasi kami dan merek mereka juga tidak berubah. Kami masih perusahaan yang merancang teknologi di sekitar orang-orang,” kata Zuckerberg. Tidak akan ada perubahan dalam cara aplikasi digunakan. Demikian pula, perubahan nama tidak akan mempengaruhi aplikasi milik Facebook lainnya termasuk WhatsApp maupun Instagram.

Nah itu tadi sekilas tentang Meta sebagai perusahaan teknologi sosial dengan konsep metaverse. Menurut kamu fitur apa nih yang paling dinantikan ketika Meta diluncurkan? Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!