iOS 15 Resmi Rilis, Yuk Simak Apa Aja Fiturnya!

 

(Sumber: apple.com)

Halo, Sobat Filemagz! Tahukah kamu, bahwa di tengah pandemi ini, dinamika pasar ponsel tetap memanas loh! Sejumlah lembaga riset mulai mengeluarkan hasil laporannya mengenai kondisi pasar smartphone selama kuartal satu 2021. Menurut laporan IDC dan Canalys, Apple termasuk dalam tiga besar vendor smartphone di dunia untuk periode Januari-Maret 2021.

Nah, baru-baru ini saja salah satu produsen smartphone asal Amerika ini meluncurkan versi terbaru dari operating system-nya loh! Yup, perusahaan tersebut ialah Apple dan operating system terbarunya iOS 15. Apple resmi memperkenalkan sistem operasi iOS 15 dalam acara kumpul developer tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) dengan memberikan inovasi baru yakni fitur-fiturnya yang mampu menunjang kehidupan masyarakat saat pandemi. Penasaran apa saja fitur-fitur barunya? Yuk, langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

 

FaceTime

Selama ini, FaceTime sendiri hadir secara eksklusif dan hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja. Namun, kini pengguna non-iOS dapat bergabung dengan FaceTime melalui web dengan mengklik FaceTime Links. FaceTime juga dibekali dengan sejumlah fitur lainnya, seperti spatial audio, di mana ketika kamu sedang menggunakan FaceTime bersama teman atau keluarga, kamu bakal merasa berada di satu ruangan sama mereka. Mengapa? Karena dengan spatial audio ini, suara akan muncul dari berbagai posisi pembicara di layar smartphone pengguna, sehingga FaceTime akan terasa lebih nyata. Selain itu, apple menyematkan  fitur SharePlay yang memungkinkan kamu mendengarkan atau menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga loh, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, TikTok, NBA, Twitch, dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

 

LiveText

Dengan memanfaatkan machine learning, fitur LiveText ini dapat memindai gambar secara praktis dari kamera, foto, ataupun gambar web. Misalnya, kamu ingin mengambil teks yang ada di dalam foto, maka kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke teks tulisan tangan pada secarik kertas, dan LiveText akan secara otomatis menyalin teks tersebut ke dalam bentuk dokumen yang diinginkan ataupun menerjemahkannya secara langsung. Namun, LiveText ini baru tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, China, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, dan Portugal.

 

Notifications

Sistem Notifications juga ikut mendapatkan update. Kini, ukuran Notifications menjadi lebih besar. Lalu, Notifications sekarang memiliki fitur Do Not Disturb (DND), yang dimana ketika pengguna mengaktifkan fitur DND, maka pengguna lainnya dapat melihat status di aplikasi Messages bahwa pengguna tersebut tidak ingin diganggu atau sedang sibuk. Kemudian, ada juga fitur Focus, dimana pengguna juga bisa mengubah status Focus sesuai keinginan pengguna untuk menyatakan bahwa mereka tengah melakukan sebuah kegiatan, misalnya bekerja, tidur, membaca, ataupun berolahraga. Nantinya, Focus akan menyesuaikan notifikasi sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

 

Messages

Messages di iOS 15 menghadirkan beberapa fitur baru, yakni Shared Stacks agar mempermudah pengguna dalam berbagi konten ke pengguna lainnya, mulai dari foto hingga Apple News. Selain itu, ada juga fitur Notification Summary yang memungkinkan pengguna untuk meng-custom sesuai keinginan dan tampilan notifikasi pada Messages juga diperbarui, seperti ikon kontak menjadi lebih besar dan notifikasi yang lebih rinci. Kemudian, ada juga fitur Focus, dimana pengguna dapat memilih fokus sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Pilihan dari Focus ini adalah Do Not Disturb, Personal, Work, dan Sleep. Misalnya, pengguna memilih pilihan Work, maka notifikasi yang akan muncul hanyalah yang berkaitan dengan kerja pengguna tersebut. Tampaknya, fitur seperti ini akan sangat membantu kita sebagai pengguna ya!

Wallet

Sebelumnya Wallet hanya bisa digunakan untuk menyimpan kartu kredit/debit saja. Akan tetapi, sekarang Wallet sudah bisa digunakan untuk menyimpan kunci rumah, kantor, hingga hotel yang berbasis kartu. Tidak hanya itu, Wallet juga memiliki fitur Identify Cards untuk memindai berbagai kartu identitas yang bisa disimpan di Wallet dan dapat digunakan di bandara di seluruh Amerika Serikat untuk Transportation Security Administration (TSA).

 

Weather

Weather sekarang menampilkan desain yang benar-benar baru dan lebih interaktif. Tampilan utamanya akan berubah berdasarkan lokasi pengguna. Jika hujan, maka tampilan akan berubah menjadi gelap dengan ilustrasi hujan. Wah, pastinya tampilan seperti ini akan sangat menarik ya!

 

Maps

Tak ketinggalan, Apple Maps sekarang juga mendapatkan pembaruan dengan tampilan yang lebih segar dan detail lokasi, bangunan, dan berbagai tempat lainnya yang ikut di-update. Maps sekarang dapat menunjukkan jalur penyeberangan, jalur belok, dan jalur sepeda. Dengan penyajian semua fitur ini di dalam Maps yang menunjukkan detail jalan, pengguna pun akan sangat terbantu dalam mengemudi. Tidak hanya itu, Maps juga memiliki fitur Nearby Transit yang menunjukkan kepada pengguna stasiun terdekat, waktu transit, serta detail tentang berbagai pemberhentian yang akan dilakukan oleh kereta/bus/kereta bawah tanah tertentu.

Wah, ternyata cukup banyak fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh Apple pada iOS 15 ya, Sobat Filemagz? Setelah menyimak penjelasan di atas, pastinya kamu sudah tidak sabar untuk menjadi jajaran orang pertama yang mencoba iOS 15? Bisa! Versi beta-nya akan tersedia pada bulan Juli nanti, jadi buat kamu yang ingin mencoba jangan lupa pantau terus perkembangan informasinya ya! Oh iya, jika kamu tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi, lifestyle, dan bisnis, jangan lupa untuk follow Instagram Filemagz dan Filetecho yah. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Filemagz!

 

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!

Drop here!
Filemagz Team BNCC