Ponsel Sebesar Kepala? Yuk Intip Perkembangan Ponsel dari Era ke Era!

Sudah menjadi hal yang wajar jika ponsel menjadi gaya hidup semua orang pada zaman ini. Bahkan, kita tidak perlu lagi terkejut bila melihat balita yang sudah memiliki ponsel pribadinya. Perkembangan teknologi membawa dampak yang paling mencolok bagi perkembangan ponsel, yang awalnya hanya berupa sebuah perangkat untuk menghubungkan satu orang dengan yang lainnya, sekarang ponsel telah dibuat lebih canggih dengan mengikuti perkembangan zaman, loh! Tidak perlu lama-lama lagi, yuk kita bahas perkembangan ponsel dari awal penemuannya hingga saat ini.

The Brick Era (1973-1988)

Gambar di atas merupakan ponsel generasi pertama yang dibuat oleh Motorola. Ukuran ponsel di era itu sangat besar bahkan sebesar kepala manusia. Pada era itu, ponsel hanya berguna sebagai alat komunikasi yang tidak efisien, karena ponsel baru pertama kali ditemukan. Kelemahan dari ponsel generasi pertama adalah kebutuhan baterai yang besar sehingga membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi baterai ponsel tersebut dibikin lebih ringkas. Bukan hanya itu, kita hanya bisa menggunakan paling lama 30 menit untuk menelepon dan hanya bisa menyimpan 30 nomor kontak.

 

The Candy Bar Era ( 1988 – 1998 )

Pada era ini, ponsel sudah berkembang sangat jauh jika dibandingkan dengan era sebelumnya, mulai dari ukuran, kegunaan, dan efektifitas penggunaannya. Kualitas suara yang dihasilkan oleh ponsel pada era ini lebih baik dan juga menggunakan baterai yang lebih kecil. Era ini juga memperkenalkan fitur baru pada masanya yaitu SMS (Short Message Service). Selain SMS, fitur color screen dan email juga diperkenalkan

 

The Feature Phone Era ( 1992 – 2008 )

Ponsel pada era ini ponsel berkembang dengan pesat dibandingkan era sebelumnya. Banyak ditemukan fitur baru, seperti kamera pada ponsel, bentuk yang unik, memory card, dan bluetooth. Tidak hanya itu, internet juga diperkenalkan pada era ini. Namun, karena kurangnya promosi, harganya yang cenderung mahal, dan rendering yang tidak konsisten, masyarakat tidak menggunakan fitur internet.

 

The Smartphone Era (2002 – Sekarang)

Siapa yang masih ingat dengan Blackberry, ni? Dulu kita harus menghafal pin untuk bertukar kontak dengan seseorang. Nah, Blackberry merupakan brand yang muncul pada Smartphone Era. Era ini muncul pada tahun 2002 dan masih ada hingga saat ini. Nama The Smartphone Era dinamakan karena banyak ditemukan fitur baru yang mempermudah penggunanya, contohnya keyboard QWERTY pada ponsel dan juga ukuran layar yang lebih besar.

 

The Touch Era (2007 – Sekarang)

Pada tahun 2007, Steve Jobs selaku founder dari Apple memperkenalkan Iphone. Saat itu, Iphone merupakan satu-satunya ponsel yang sudah tidak menggunakan keypad dan memiliki touchscreen. Pada era ini, teknologi ponsel berkembang dengan pesat mulai dari adanya mobile apps, fingerprint, face recognition, dan integrasi Artifical Intellegence (AI) lainnya.

Nah, begitulah perkembangan ponsel! Dari yang tadinya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, sekarang kita bisa melakukan hampir seluruh kegiatan melalui ponsel kita. Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!