5 Hal yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Berlibur Saat New Normal

Hai, Sobat FILE! Sudah satu tahun lamanya sejak Indonesia mengalami pandemi virus COVID-19. Tentunya kita semua, termasuk Sobat FILE, pasti merasa bosan terus berada di dalam rumah sepanjang waktu. 

Nah, kamu bisa menghilangkan rasa bosan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan bermain game atau mendengarkan musik di ponsel kamu. Selain itu, berlibur juga bisa menjadi opsi untuk melepas rasa bosan dan suntuk kamu, loh!  Namun, Sobat FILE  harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum berlibur keluar kota. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak artikelnya!

 

Cek Kesehatan Tubuhmu!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum pergi berlibur adalah cek kesehatan tubuhmu sendiri! Jika kamu merasa pusing atau merasakan gejala-gejala sakit, ada baiknya kamu beristirahat di rumah terlebih dahulu. Selain kesehatanmu sendiri, memperhatikan kesehatan orang-orang di sekitarmu itu juga penting, loh! Jadi, jangan memaksakan diri untuk liburan jika kamu sendiri merasa tidak enak badan ya!

Jika kamu tidak yakin dengan kondisi badan kamu, maka sebaiknya kamu melakukan tes Rapid atau SWAB terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa kamu benar-benar tidak terpapar virus COVID-19. Hasil kedua tes tersebut juga bisa dijadikan bukti kesehatan, untuk melengkapi syarat untuk masuk ke dalam suatu daerah. Jangan sampai kamu menjadi sumber penyebaran virus COVID-19 ya, Sobat FILE!

Cari Tahu Protokol Kesehatan dari Tempat Wisata

Sebelum pergi berlibur, tentunya Sobat FILE perlu menentukan dan mempelajari tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi. Karena di masa pandemi ini, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti menentukan hotel yang sudah di verifikasi “aman” COVID-19, zona risiko wilayah, serta protokol kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Apabila tempat wisata tujuan kamu berada dalam zona kuning, oranye, atau merah, kamu lebih baik mengganti tempat tujuan. Hal ini dikarenakan jika tempat tersebut dalam zona merah, maka risiko kamu terkena virus COVID-19 akan semakin tinggi! Selain itu, Sobat FILE juga perlu tahu protokol kesehatan yang ditetapkan di sana untuk menyiapkan barang-barang yang diperlukan sebelum berangkat.

Persiapkan Alat Kebersihan Pribadi

Kamu juga perlu membawa sendiri alat-alat kebersihan pribadi seperti hand sanitizer, desinfektan, masker, dan shampo serta alat kebersihan lainnya jika kamu menginap.Hal ini dikarenakan, kita tidak tahu bagaimana alat kebersihan di tempat tersebut dijaga dan dibersihkan. Jadi untuk memastikan tetap bersih dan higienis, kamu perlu menyiapkannya sendiri dari rumah.

Untuk hand sanitizer, jika tidak menginap, 1 botol akan cukup untuk digunakan seharian. Namun, jika Sobat FILE akan menginap, maka 2-3 botol seharusnya akan cukup untuk liburan selama 1 minggu. Jadi tidak perlu membawa terlalu banyak hand sanitizer, ya!

Hindari Pembayaran Cash atau Tunai

Saat pergi berlibur, kamu pasti akan membeli sesuatu baik itu makanan, pakaian, ataupun oleh-oleh. Proses pembelian ini mengharuskan kamu berinteraksi dengan penjualnya secara langsung. Nah, dengan menggunakan pembayaran debit atau non tunai, kamu bisa meminimalisir kontak fisik antara Sobat FILE dengan penjual. 

Selain itu, kini sudah ada pembayaran dengan metode cashless, seperti Gopay, OVO, dan DANA. Dengan menggunakan pembayaran cashless, kamu juga bisa mendapatkan banyak promo atau cashback yang menarik untuk menghemat uangmu.

Hindari Tempat Kerumunan

Kalau poin yang satu ini pastinya Sobat FILE sudah paham semua ya! WHO yang merupakan organisasi kesehatan dunia, menyatakan bahwa tempat ramai menjadi salah satu tempat yang rawan penyebaran virus Corona. Kenapa begitu? Karena virus COVID-19 menyebar melalui beberapa cara.

Pertama, virus ini bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil yang ada di udara. Kedua, corona dapat tersebar melalui droplets yang berasal dari seseorang ketika batuk, bersin atau berbicara. Yang terakhir, virus ini bisa menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi droplets seseorang. Oleh karena itu, ketika pergi berlibur usahakan untuk menjauhi tempat kerumunan yang ramai, ya Sobat FILE! Agar dapat meminimalisir resiko penyebaran virus COVID-19.

Sobat FILE juga perlu berhati-hati jika ingin mengunjungi mal saat berlibur, karena AC di dalam mal dapat menjadi salah satu media penyebaran juga, loh! Cairan atau droplets yang dikeluarkan seseorang bisa menyebar melalui aliran udara dari AC. droplets yang tersebar ini bisa langsung dihirup oleh banyak orang yang berada di dalam mal.

 

 

Jadi itulah 5 hal yang perlu Sobat FILE lakukan, sebelum pergi berlibur saat new normal. Walaupun virus ini telah ada di Indonesia selama 1 tahun dan telah mengalami penurunan kasusnya setiap hari. Namun, kamu harus tetap waspada karena dunia belum sepenuhnya pulih dari virus COVID-19. Jadi lakukanlah kelima hal di atas dan kenakan masker saat Sobat FILE pergi keluar rumah.

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!

Drop here!