5 Tools Social Media Management Gratis

Halo, Sobat FILE! Tahukah kamu, berdasarkan laporan dari Hootsuite, pengguna aktif sosial media di Indonesia di tahun 2021 mencapai 170 juta orang, loh! Dengan angka pengguna aktif yang begitu besar, tentunya menjadi peluang besar untuk memasarkan suatu produk atau jasa, bukan? Terlebih, penggunaan sosial media menjadi hal yang diandalkan bagi perusahaan untuk melakukan pemasaran digitalnya. Nah, bagi kalian yang belum tau, salah satu strategi yang ada pada pemasaran digital adalah social media management. 

Social media management adalah serangkaian kegiatan untuk membuat dan menganalisis konsep, membuat konten, dan menjadwalkan publikasi konten yang akan dipublikasikan melalui media sosial. Tujuan dari social media management adalah membantu social media marketing untuk mencapai goals yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dengan manajemen yang baik untuk sosial media

Nah, dalam social media management, terdapat social media specialist yang bertugas untuk menangani aktivitas media sosial, mulai dari menanggapi komentar dari followers sampai merancang strategi untuk meningkatkan engagement. Tapi, dengan banyaknya sosial media yang ada pada saat ini, membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa seorang social media specialist dapat menangani banyak media sosial tersebut? Jika kamu memiliki pertanyaan seperti itu, kamu tidak perlu khawatir, karena pada saat ini, terdapat berbagai macam tools social media management gratis yang dapat kamu gunakan.Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak 5 tools social media management gratis di bawah ini!

1. Canva

Canva merupakan tool grafis yang sudah familiar bagi sebagian besar orang untuk membuat berbagai desain menarik. Aplikasi berbasis cloud ini memudahkan kamu untuk membuat desain dengan mudah tanpa harus mengunduh software terlebih dahulu. Berbagai fitur pun ditawarkan, mulai dari fitur Layout, Drag & Drop Editor dan Photo Editing untuk melakukan desain, dan juga berbagai template dan elemen yang sudah siap pakai. Bahkan, Canva dapat digunakan secara bersamaan juga, loh! Fitur ini cocok apabila kamu memiliki tim kreatif.

2. Slack

Bagi kamu yang sering bekerja dalam tim, maka slack akan cocok untuk kamu! Dengan Slack, kamu dapat membagi tugas-tugas dalam tim, baik dari desainer sampai ke copywriter. Salah satu hal yang membuat Slack sangat cocok untuk digunakan adalah fitur Workflow-nya. Dengan fitur tersebut, kamu dapat melakukan otomasi terhadap pekerjaan harian dengan berbagai Pre-build Workflow yang tersedia. Selain fitur Workflow, ada juga fitur yang baru di rilis pada Maret 2021, yaitu fitur Slack Connect. Dengan adanya fitur tersebut, kamu dapat mengirimkan pesan ke orang lain yang berbeda workspace.

3. IFFT

Tool kece yang satu ini memiliki kepanjangan If This Then That, merupakan platform yang memungkinkan kamu untuk membuat otomasi yang diberi nama “applets”. Tool ini sangat cocok untuk pekerjaan manual yang berulang, seperti repost foto di Facebook dan bahkan menetapkan pekerjaan sosial media kepada anggota tim secara otomatis. Fyi, IFTTT tidak hanya dapat digunakan untuk membantu kegiatan social media management kamu, tool tersebut dapat juga menyambungkan hardware seperti Alexa dan juga software seperti Google Assistant.

4. Tweetdeck

Dengan tool ini, kamu dapat melihat semua informasi, seperti tweets, notifikasi, pesan dan tags secara bersamaan dalam user interface yang nyaman. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan fitur Collection untuk mengorganisir Tweets berdasarkan topik, events, interest, dan percakapan. Tool ini adalah solusi yang tepat bagi kamu, jika kamu diharuskan untuk mengelola banyak akun Twitter. 

5. Facebook Business Manager 

Produk dari Facebook ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola dan mengatur halaman yang ada pada Facebook. Selain Facebook, kamu juga dapat menggunakannya untuk Instagram, loh! Kamu dapat melakukan penjadwalan publikasi konten, membalas komentar followers, membuat kampanye iklan, menambahkan produk ke katalog, dan membaca laporan insight dari Facebook maupun Instagram.

Itulah kelima rekomendasi tools social media management gratis untuk kamu! Apakah kamu sudah menggunakan salah satu tool di atas? Atau kamu punya rekomendasi tool lainnya yang tidak kalah bagus. Yuk, bagikan rekomendasi tool social media management ala kamu di kolom komentar! Jangan lupa untuk follow Instagram Filemagz dan Filetechno ya! Sampai jumpa Sobat FILE!

 

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!

Drop here!