TOMA : Aspek Penting untuk Produk Anda

Pasti beberapa dari kalian bingung apa itu Top of Mind Awareness. Mari kita bedah kata tersebut menjadi dua bagian kata yaitu top of mind dan awareness. Jika kita terjemahkan kata top of mind itu adalah di atas kepala atau di luar kepala, jadi sesuatu yang langsung muncul di benak pikiran Anda. Lalu untuk terjemahan kata awareness adalah kesadaran akan sesuatu. Oleh karena itu, Top of Mind Awareness adalah suatu hal, produk, atau jasa yang sudah ada di benak pikiran Anda terhadap suatu kategori. Contohnya seperti berikut, TOMA untuk kategori air mineral adalah Aqua sehingga benak pikiran masyarakat akan kategori produk air mineral pasti Aqua dibandingkan jenis produk yang lain.

Kemudian bagaimana caranya suatu produk mencapai titik TOMA ini? Ada beberapa tips yang saya bisa berikan yaitu sebagai berikut :

Mencari apa USP Anda

USP itu merupakan singkatan dari Unique Selling Proposition yang artinya keunikan dari produk atau jasa Anda. Apa yang membuat produk atau jasa Anda berbeda dari kompetitor-kompetitor lain sehingga para pembeli ingin membeli atau memakainya.

Melakukan Market Research

Arti dari market research adalah melakukan riset pasar terhadap produk atau jasa Anda. Agar produk atau jasa Anda dibeli atau dipakai oleh para pembeli, tentu saja Anda harus mengenal perilaku dan kebutuhan mereka. Produk atau jasa Anda dapat semakin memenuhi kebutuhan para pembeli, mereka akan memiliki keterikatan sehingga akan membeli atau memakai kembali. Pembeli-pembeli ini disebut sebagai pembeli setia atau biasanya dalam bahasa marketing adalah loyal customer.

Menciptakan Branding

Branding adalah nilai, tagline, dan entitas lainnya yang menciptakan identitas produk atau jasa Anda. Inilah merupakan faktor yang paling terlihat oleh para pembeli untuk mengenal produk atau jasa Anda. Direkomendasikan untuk melakukan branding yang konsisten sehingga adanya waktu untuk para pemebeli mengenal produk atau jasa Anda dan adanya ciri khas. Branding bisa menjadi faktor yang paling menentukan TOMA untuk produk atau jasa Anda sehingga branding merupakan hal yang sangat penting.

Social Media Advertising

Salah satu media yang paling mudah untuk meningkatkan awareness adalah mempromosikan di media yang semua orang pakai yaitu sosial media. Anda bisa melakukan soft-selling atau hard-selling di media sosial populer seperti Instagram. Di Instagram, Anda juga bisa membayar untuk mendapatkan promosi khusus dari Instagram sehingga para pengguna akan aware terhadap produk.

Membuat Sistem untuk Follow-Up

Follow-Up merupakan salah satu teknik yang paling jitu untuk menciptakan hubungan personal dengan pembeli. Istilah follow-up itu sendiri artinya tindak lanjut dari perkenalan atau pembelian dengan tujuan mendapatkan tanggapan dari pembeli. Dari adanya hubungan personal, akan menciptakan kesetiaan serta relasi sehingga teknik ini harus dibuat sistem secara khusus.

Itu dia beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menciptakan atau meningkatkan TOMA dan tentu saja faktor-faktor TOMA lainnya tidak berhenti sampai sini saja sehingga jangan lupa kulik ya teman-teman! Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!