BURAM & EXPO 2024: BINUS TV CLUB’S MASTERPLAN WITH ‘MONEY HEIST’ – PLAN, EXECUTE, AND BROADCAST!

Buram & Expo 2024 telah dilaksanakan kembali oleh BINUS University selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 29 Agustus hingga 31 Agustus 2024 di BINUS Bekasi, Kemanggisan, dan Alam Sutera. Buram & Expo merupakan acara tahunan wajib yang diselenggarakan langsung oleh BINUS University dengan kerjasama organisasi yang ada pada kampus. Acara ini menampilkan berbagai performance dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta himpunan dalam rangka menyambut para freshmen dengan tujuan memperkenalkan organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus kepada mahasiswa baru.

BINUS TV Club tentunya juga ikut berpartisipasi dalam acara Buram & Expo tahun 2024. Tahun ini, BINUS TV Club telah menciptakan suasana yang unik dan menarik dengan mengangkat tema Money Heist dengan tagline Plan, Execute, and Broadcast!”. Money Heist merupakan serial yang menceritakan tentang sekelompok orang yang bekerja sama dalam merencanakan misi besar-besaran dengan rencana yang sangat detail dan penuh strategi. Dengan mengangkat tema unik ini,  BINUS TV Club berhasil menarik perhatian banyak freshmen dengan menampilkan dekorasi booth, kostum, performance, serta games yang seru dan interaktif namun tetap mencerminkan tema Money Heist.

  • BINUS @Bekasi

Dimulai dari BINUS Bekasi, BINUS TV Club telah menyiapkan serangkaian kegiatan seru yang berlangsung selama tiga hari dalam Buram & Expo 2024.  Sebagai bagian dari acara, seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK) termasuk BINUS TV Club menampilkan yel-yel yang telah dibuat untuk memeriahkan pembukaan acara serta menarik perhatian awal freshmen. Acara kemudian dilanjutkan dengan melakukan promosi keliling sekitar gedung BINUS Bekasi kepada freshmen sambil memainkan kartu “cek khodam”, yaitu konsep promosi kreatif yang telah dirancang oleh BINUS TV Club untuk menambah elemen misteri dan lebih menarik minat freshmen untuk bergabung dengan BINUS TV Club.

 

 

 

 

Tak hanya itu, BINUS TV Club juga mengadakan studio tour eksklusif bagi para freshmen, di mana mereka diajak melihat langsung studio BINUSTV dan memahami proses produksi serta penyiaran yang berlangsung. Tour ini memberikan kesempatan bagi freshmen untuk merasakan suasana profesional di dunia broadcasting dan mendapatkan gambaran nyata mengenai aktivitas yang akan mereka lakukan jika bergabung. Selain studio tour, BINUS TV Club juga berpartisipasi dalam special performance dengan menampilkan sebuah drama bertema Money Heist, di mana para talent mengenakan topeng ikonik dan menggunakan properti yang mencerminkan berbagai divisi yang ada dalam BINUS TV Club. Setelah penampilan tersebut, para freshmen diberi informasi lebih lanjut tentang program kerja, manfaat, serta acara-acara yang diselenggarakan oleh BINUS TV Club.

 

 

 

 

Acara Buram & Expo ditutup dengan penampilan spektakuler yang merupakan hasil kolaborasi antar seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK) di BINUS Bekasi. Penampilan ini menunjukkan kekompakan dan kerja sama yang erat antar organisasi, serta mencerminkan hubungan yang baik di antara mahasiswa. Sepanjang acara, BINUS TV Club terus melakukan promosi, berinteraksi dengan freshmen, dan menjelaskan lebih lanjut tentang kegiatan-kegiatan menarik yang dapat mereka ikuti jika bergabung dengan BINUS TV Club.

Bukan hanya di Bekasi, BINUS TV Club region Kemanggisan juga tidak kalah meriah dalam Buram & Expo 2024 dengan menampilkan parade dan performance.

  • BINUS @Kemanggisan

Di BINUS Kemanggisan, BINUS TV Club juga telah mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang seru dan meriah, seperti penampilan buram dan parade yang juga ikut dimeriahkan oleh seluruh crew. Selain penampilan buram dan parade, sama seperti di region Bekasi, BINUS TV Club region Kemanggisan juga melakukan “cek khodam” dan menampilkan drama bertemakan Money Heist. Kemudian, terdapat juga crew mobile yang bertugas untuk berkeliling di area kampus BINUS Kemanggisan untuk menawarkan flyer dan juga studio tour kepada para freshmen yang tertarik untuk bergabung ke BINUS TV Club.

 

 

 

 

Pada hari kedua, perwakilan BINUS TV Club mendapatkan kesempatan untuk menjadi MC pada acara Week of  Welcoming, yaitu Indah Sushmita Sari dan Gracia Agatha. Tidak hanya itu, BINUS TV Club juga mendapatkan kesempatan lagi untuk memandu acara Week of Welcoming pada hari ketiga yang diwakilkan oleh Indah Sushmita Sari dan Muhammad Raihan Revanza.

 

 

 

 

Selain BINUS Bekasi dan BINUS Kemanggisan, BINUS Alam Sutera juga memberikan penampilan terbaik mereka pada Buram & Expo yang diadakan.

  • BINUS @Alam Sutera

Pada BINUS Alam Sutera, BINUS TV Club tentunya juga mempersiapkan berbagai kegiatan yang asyik dan menarik untuk menyambut kedatangan freshmen. Buram & Expo di region Alam Sutera ini dimeriahkan dengan sebuah parade dan penampilan performance yang keren dalam bentuk drama singkat bertemakan Money Heist seperti di region Bekasi dan Kemanggisan. Para crew BINUS TV Club Alam Sutera juga mempromosikan BINUS TV Club dengan cara yang unik, mereka memberikan kesempatan kepada freshmen untuk mengecek “khodam” mereka sesuai dengan minat dan bakatnya terhadap keempat divisi yang terdapat di BINUS TV Club.

 

 

 

 

 

Selain itu, crew BINUS TV Club juga ikut serta dalam parade yang diikuti oleh seluruh Organisasi Kemahasiswaan. Dari beberapa UKM yang hadir pada Buram & Expo, BINUS TV Club menjadi salah satu UKM yang mendapatkan kesempatan untuk memimpin parade. Dalam parade ini, seluruh Organisasi Kemahasiswaan berkumpul membentuk lingkaran dan menampilkan yel-yel secara bersama-sama. Tidak hanya saat yel-yel, antusiasme para crew BINUS TV Club sangat tinggi untuk menjelaskan informasi seputar BINUS TV Club kepada freshmen, mereka juga memberikan penjelasan terkait apa saja fasilitas yang terdapat di studio BINUSTV saat studio tour berlangsung. 

 

 

 

 

 

Kemeriahan Buram & Expo 2024 menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi seluruh crew BINUS TV Club, karena berbagai kegiatan menarik dan seru yang telah dilakukan di ketiga region kampus BINUS University meninggalkan memori yang indah untuk para crew. Buram & Expo bukan hanya sekedar program kerja tahunan, melainkan menjadi kenangan berharga bagi seluruh crew BINUS TV Club dan tentunya Binusian 2028.

Milcy Aphita, Fahdilla Sarastyan, Andi Rezkyque Firzatulah Muzakkir