Kritis itu kedamaian

Kritis itu kedamaian

Muhamad Irfan Zahir

2001575340

 

Sumber Gambar : Artikel Binus TV Club

Pada era globalisasi ini banyak hal yang berkembang di dunia ini, dari sekian banyak perkembangan yang terjadi di dunia ini, ada satu hal yang sangat menonjol dari perkembangan era globalisasi yaitu, perkembangan teknologi yang makin hari makin pesat perkembangannya, berbagai macam fitur dan aplikasi yang di tawarkan oleh teknologi kepada masyarakat, terutama perkembangan pengaksesan informasi yang sangat mudah di akses lewat smartphone, laptop dan lain-lain dikarenakan perkembangan teknologi tersebut.

Tak bisa disangkal bahwa mayoritas masyarakat di dunia ini telah banyak yang mengikuti perkembangan globalisasi khususnya dalam bidang teknologi dimana hampir setiap orang memiliki smartphone dan membawa smartphone kemanapun mereka pergi. Dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa karena smartphone adalah satu produk teknologi yang dapat mengakses informasi dengan cepat berarti masyarakat dapat mendapatkan informasi juga dengan mudah.

Namun seiring berjalannya waktu karena terlalu mudahnya mengakses berbagai informasi tentang seiisi dunia ini orang – orang banyak juga yang mengedarkan informasi – informasi dengan cepat untuk di sampaikan kepada masyarakat entah informasi itu benar adanya atau hanya isapan jempol. Dari kemudahan menyebarkan dan menerima informasi tersebut banyak orang yang mendapat dampak positif maupun negatif.

Dampak positifnya adalah kalau sebuah informasi disampaikan dengan benar kepada masyarakat lalu masyarakat mengetahui informasi tersebut, tentunya itu dapat menambah informasi terhadap masyarakat dengan cepat, lalu dampak negatifnya adalah jikalau masyarakat mendapat kabar burung atau informasi yang tidak relevan masyarakat dan masyarakat hanya melihat atau membaca informasi tersebut lalu menerimanya dengan mentah – mentah tentu akan berdampak buruk terhadap kemajuan pemikiran masyarakat.

Hal negatif yang sangat terasa sekarang dari media dalam penyebaran informasi adalah sebuah kebodohan bukan hanya dari pengedar informasi yang bersifat mengada ada itu saja namun bisa juga karena masayarakat yang menerima informasi tanpa mengolahnya lagi atau menerima mentah – mentah tanpa berfikir matang apakah informasi itu benar atau tidak adanya.

Salah satu informasi yang masih hangat terjadi di lingkungan masyarakat  saat ini adalah tentang informasi yang memancing kemarahan masyarakat khususnya masyarakat  muslim indonesia tentang pejabat daerah yang menyinggung salah satu ayat di kitab suci Al – qur’an yang ada di surat al – maidah ayat 51. Dari situ kita bisa melihat sebuah cintih banyak media yang berlomba – lomba  menyebarkan kabar tersebut demi materi dan popularitas sehinngga menciptkan amarah dan perpechan beragama dalam bermasyarakat khususnya di Indonesia tentu itu juga bukan hanya salah media namun salah masyarakat juga yang tidak melihat secara kasat mata tentang kabar atau kasus ini yang harusnya di era globalisasi yang dimana pengaksesan informasi lebih mudah harus dilihat lebih detail lagi sehingga tidak mudah mengambil persepsi atau menunjuk seseorang bahwa ia sepenuhnya bersalah.

Namun jika masyarakat bisa lebih teliti dan lebih kritis lagi menghadapi kabar atau kasus ini, pastinya dunia ini atau khususnya negara Indonesia akan tidak lebih mudah terprovokasi dari hanya beberapa media saja namun kita harus lebih banyak membaca dan melihat apa yang sebenarnya terjadi sehingga kabar seperti ini tidak dapat memancing amarah diri sendiri yang dapat menularkan masyarakat, dari itu mulai dari sekarang kit harus lebih kritis lagi dalam menyikapi sesuatu karena kekritisan bisa membawa kedamaian juga dala kehidupan ini.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel Binus Tv Club

William