Kenapa Netflix lebih populer dari TV kabel ?

Halo Smart Viewers, kita pasti semua pernah menonton TV. Tidak bisa dipungkiri, bahwa TV telah berdampak besar bagi kita semua. TV merupakan sebuah sumber penghibur yang murah dan juga bisa menjadi sebuah sumber berita bagi orang – orang yang menontonnya. Namun, penggunaan TV di masa sekarang telah berkurang, dikarenakan adanya suatu hal yang dinamakan Digital Streaming Services. Kita biasanya mengenal aplikasi Digital Streaming Services seperti, Netflix, Hulu, Disney+, dan lain – lain. Digital Streaming Services adalah sebuah servis berbasis langganan, di mana pengguna bisa memilih konten apa yang ingin ditonton.

Digital Streaming Services sendiri mulai terkenal dengan adanya Netflix. Netflix sendiri dimulai pada tahun 1997, sebagai perusahaan rental DVD secara online. Pada tahun 2007, Netflix mulai melakukan sistem streaming, di mana pengguna bisa menonton acara yang diinginkan melalui komputer atau handphone masing – masing. Pada tahun 2013, Netflix mulai membuat acara – acara TV sendiri, yang akhirnya membuat Netflix menjadi lebih terkenal di dunia.

Netflix sendiri memberikan keuntungan bagi user, dikarenakan mereka bisa memilih untuk menonton konten apa yang ingin untuk ditonton. Dibandingkan dengan sebuah TV kabel, yang sudah memiliki konten yang sudah ditetapkan, Netflix memberikan kebebasan sepenuhnya kepada pengguna untuk memilih konten yang ingin dikonsumsi. Selain itu, dikarenakan tidak ada iklan, maka Netflix menjadi opsi yang lebih menarik bagi pengguna daripada TV kabel. Ditambah lagi, dengan adanya virus Covid-19 yang membuat banyak orang harus tetap di rumah, Netflix dan Digital Streaming Services yang lain menjadi lebih terkenal dari sebelumnya.

Walaupun Netflix memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan TV kabel, Netflix dan Digital Streaming Services yang lain masih belum bisa menggantikan TV kabel sepenuhnya. TV kabel masih memiliki acara seperti berita yang tidak dimiliki oleh streaming service seperti Netflix. Selain itu, TV kabel juga memiliki lebih banyak pilihan dan variasi konten dibandingkan Netflix, dikarenakan TV kabel yang memiliki channel yang banyak. Namun, TV kabel masih harus beradaptasi dengan baik agar tidak terkalahkan oleh Digital Streaming Services yang terus beradaptasi.

Referensi:

https://www.investopedia.com/articles/investing/060815/how-netflix-changing-tv-industry.asp

https://www.ecimediamanagement.com/tv-industry-forcing-to-transform/