BIC

FINANCIAL STATEMENT

Financial Statement

Financial statement secara umum adalah catatan atau laporan keuangan yang dibuat secara formal untuk sebuah organisasi. Periode financial statement ini beragam, seperti laporan selama 3 bulan, 6 bulan, ada pun selama 1 tahun. Sedangkan pengertian financial statement secara bisnis adalah informasi keuangan yang disediakan oleh suatu bentuk usaha atau perusahaan. Perusahaan biasanya melaporkan laporan keuangan mereka pada waktu tertentu dalam kurun waktu 6 bulan atau setahun sekali untuk memperlihatkan kondisi keuangan. Laporan keuangan ini berperan sangat penting bagi sebuah organisasi atau pun bagi sebuah perusahaan karena informasi keuangan seperti, pengeluaran, pendapatan, kerugian, modal, cash flow, dan informasi keuangan lain nya perlu untuk dicatat dan analisa agar bisa mengetahui kondisi finansial dari organisasi atau perusahaan tersebut. (Rahma, 2021)

Berdasarkan Majoo (Website yang menjelaskan Financial Statement), Komponen-komponen dari Financial statement terbagi menjadi 4, yaitu:

  • Neraca Keuangan, neraca keuangan merupakan komponen yang paling penting dari financial statement. Neraca keuangan berisikan laporan posisi keuangan secara umum yang memperlihatkan komponen-komponen seperti aset, hutang, dan ekuitas dari sebuah perusahaan.
  • Laporan Laba Rugi, laporan laba rugi merupakan bagian dari financial statement. Melalui laporan laba rugi, perusahaan mendapatkan informasi penjualan hingga beban perusahaan dalam periode yang ditentukan.
  • Laporan perubahan Ekuitas, Laporan perubahan Ekuitas merupakan sebuah gambaran yang memperlihatkan perkembangan dari modal bisnis di awal. Laporan perubahan Ekuitas ini menunjukkan bagaimana modal bertambah atau berkurang berdasarkan keuntungan yang diperoleh.
  • Laporan Arus Kas, laporan arus kas berisikan aktivitas keuangan baik itu dari aktivitas keuangan secara operasional hingga aktivitas keuangan lain nya.

Financial statement itu sendiri bertujuan untuk menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan, dan laporan arus kas dari sebuah organisasi atau perusahaan. Informasi tersebut dapat bermanfaat untuk organisasi atau perusahaan dalam pengambilan keputusan keuangan agar bisa mendapatkan keuntungan. Dengan ada nya financial statement ini, organisasi atau perusahaan pun dapat mengevaluasi keputusan yang telah diambil sebelum nya dan mengalokasikan keuangan dari organisasi atau perusahaan tersebut. (Baihaqi, 2016)

Kelebihan dari Financial statement, yaitu:

  • Kemampuan untuk mendeteksi pola, Laporan keuangan memperlihatkan pendapatan perusahaan per tahun nya dalam penjualan. Penjualan bisa saja mengalami fluktuasi, tetapi akuntan harus bisa mengidentifikasi pola angka penjualan selama bertahun-tahun.
  • Peluang untuk memperlihatkan garis besar anggaran, financial statement menunjukkan anggaran dari perusahaan. Anggaran memperlihatkan berapa banyak yang harus dikeluarkan perusahaan untuk meluncurkan sebuah produk, mengembangkan pemasaran, atau memperluas kantor dari perusahaan tersebut. Mengetahui banyaknya anggaran yang tersedia untuk perencanaan dan pengambilan keputusan memastikan bahwa perusahaan tidak mengeluarkan anggaran lebih dari yang diharapkan.

Kekurangan dari Financial statement, yaitu:

  • Berdasarkan pola yang ada di pasar, data dan angka didasarkan pada pasar didasarkan pada waktu tertentu. Tergantung pada pasar, data tersebut dapat berubah dengan cepat atau pun lambat, sehingga eksekutif tidak boleh berasumsi bahwa data dan dari laporan keuangan yang sebelumnya akan tetap sama atau bahkan meningkat.
  • Analisa secara sekaligus, satu laporan keuangan hanya menunjukkan kinerja keuangan dari sebuah perusahaan pada satu waktu. Laporan keuangan tidak menunjukkan kinerja dari perusahaan tersebut lebih baik atau lebih buruk dari tahun sebelumnya. (Jane, 2019)

Dapat disimpulkan bahwa financial statement ini berisikan berbagai komponen. Yang setiap komponen berisikan informasi yang sangat penting bagi organisasi atau perusahaan, agar bisa mengetahui aktivitas keuangan dari perusahaan tersebut.

References:

Baihaqi, W. T. (2016). PENGARUH PERSEPSI ATAS TUJUAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(6).

Jane, M. (2019, March 4). Advantages & Disadvantages of Financial Statement Analysis in Decision Making. Retrieved from smallbusiness.chron: https://smallbusiness.chron.com/advantages-disadvantages-financial-statement-analysis-decision-making-21253.html

Rahma, A. (2021, November 19). Financial Statement: Pengertian dan Tujuan Pembuatannya. Retrieved from Majoo.id: https://majoo.id/solusi/detail/financial-statement