BIC

Be A Great Leader

 

Menjadi pemimpin yang baik harus mempunyai sifat sepertiini lho Partner Muda, simak yuk!

  1. Keunggulan “Semangat” Dalam Memenangkan Persainingan

Dari kenyataan sekarang ini kita dapat melihat bahwa semangat adalah suatu keunggulan bersaing ( competitive advantage ) yang bisa mendatangkan kekuatan untuk memenangi peperangan dan persaingan.

  1. Tinggikan Langit-Langit Kehidupan Anda

Ada beberapa hal yang harus Partner Muda yakini jika ingin meninggikan langit-langit kehidupan, yaitu dengan terus berkarya dan tidak mengharapkan atau terus mengandalkan orang lain untuk berbuat sesuatu pada hidup kita.

  1. Bekerja dengan Hati, Suatu Kesuksesan Besar

Hati adalah pikiran terdalam seorang manusia. Jadi ketika ingin melakukan sesuatu, lakukanlah dengan sepenuh hati. Orang disekitar kita pun akan turut merasakannya dan kemudia memberi tanggapan yang baik. Dan saat itulah hubungan emosional yang dalam terbentuk. Dalam segala kondisi yang kita rasakan, suka atau duka, tetaplah bersikap tenang dan bersama-sama belajar berfikir serta bekerja dengan hati yang besar. Kesuksesan pun akan menyertai kita semua.

  1. Arti Sebuah Pengalaman

“Orang sukses tidak hanya mampu melakukan pekerjan dengan baik, tetapi harus mampu mengembangkannya”, inilah kalimat yang dikatakan Bill Gates dalam sebuah bukunya. Karena itu agar mampu bertahan dan sukses dalam perubahan apapun, kekuatan yang terbaik adalah mengembangkan pekerjaan yang diberikan kepada kita.Dalam memahami kata pengalaman lebih dalam, setiap orang yang ingin sukses tidak cukup hanya menjalankan pekerjaan dengan baik namun harus mampu mengembangkan pekerjaannya.

Nah maka daripada itu Partner Muda harus berpikir atau bekerja degan cara baru yang lebih baik.

  1. Pesimis….. Optimis…. Realistis…

The pessimist complains about wind, the optimist expect it to change and the relist will adjust the sail. Perumpamaan ini menunjukkan bahwa sikap yang terbaik untuk hal apa pun adalah realistis, menetapkan tujuan yang jelas dengan kerangka waktu yang jelas ( a goal without timeline is not a goal, it is a wish), dan menjalankan semua tujuan itu dengan rencana yang baik dan terus mengamati perkembangan keadaan eksternal dan internal kita, sambil terus melakukan penyesuaian atas segala sumber daya yang kita miliki.

  1. Makna “Attitude”

Kompetisi merupakan suatu istilah yang selalu mengingatkan kita dalam tiga aspek kata sederhana, yaitu skill, knowledge dan attitude. Skill merupakan keterampilan yang kita dapatkan dari pengalaman kerja. Knowledge adalah pentingnya membaca dan mendengar, guna meningkatkan wawasan serta pengetahuan. Sedangkan attitude merupakan cerminan diri kita sendiri, yaitu sikap, cara dan upaya kita dalam melakukan atau mencapai sesuatu.

”Ability is what you’re capable of doing. Motivation determines what you do. Attitude determines how well you do it”

  1. Kekuatan Berpikir

Hal terpenting dalam pekerjaan adalah bukan apa yang telah kita kerjakan, tetapi apa yang harus kita lakukan, kalimat etrsebut mengandung dua makna besar yakni proses berpikir dan perubahan. Dalam menghadapi berbagai perubahan, marilah kita sejenak meninggalakan rutinitas dan menyediakan waktu untuk berpikir kembali.  Look and think out of the box. You will see whole thing.

  1. Antusiasme, Awal Kesuksesan

Antusiasme dan kesuksesan memang dua hal yang saling berkaitan dan melengkapi. Antusiasme mengawali sebuah kesuksesan. Satu hal yang penting diingat adalah antusiasme hanya akan timbul jika kita sangat berkeinginan mencapai sesuatu. Enthusiasm inspires confidence, raises morale and build loyalty and priceless.

  1. Pentingnya Sebuah Komitmen

Foundation of commitment is integrity, character, and emphaty. Dan apabila setiap individu dalam suatu organisasi memiliki komitmen besar untuk melakukan pekerjaan dengan baik, tentunya hal ini merupakan modal besar bagi perusahaan dalam menentukan komitmennya sebagai sebuah organisasi.

  1. Kemenangan dan Kerendahan Hati

Saat kemenangan berada di tangan dan kita memiliki keiinginan meraih prestasi yang lebih tinggi pada hari-hari mendatang, jadikan kerendahan hati menjadi bagian diri kita. Kompetensi yang baik tidaklah cukup “bertumbuh” jika tidak disertai dengan kerendahan hati. Sukses dan kemenangan yang Anda raih akan menjadi bermakna jika disertai kerendahan hati.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : buku berjudul “Be A Great Leader” oleh Erwin Tenggono

 

Puspita