BIC

YUK BELAJAR CARA CERDAS DAN EFEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH

Sikap Pemecah Masalah

Sesuatu yang ada dalam diri kita menentukan apakah kehidupan kita bisa terbang naik dan sukses. Setiap individu merespon masalah yang terjadi dengan cara yang berbeda. Ada orang-orang yang melihat masalah hanya sebagai masalah, sementara orang-orang sukses melihatnya sebagai peluang untuk memperbaiki diri, dan menjadi lebih baik.

Ada lima tipe karakter manusia dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan, yaitu:

  • Tipe Pemimpi, yaitu orang yang senang mencetuskan ide dan gagasan baru, tetapi tidak pernah mewujudkannya menjadi kenyataan.
  • Tipe Cepat Bereaksi, yaitu orang yang bila memiliki masalah akan cepat bertindak. Namun orang dengan tipe ini terlalu cepat menentukan keputusan sehingga kemungkinan menjadi kurang efektif dan efisien.
  • Tipe Pengeluh, yaitu orang yang cepat menyerah bila berhadapan dengan masalah.
  • Tipe Pengkritik, yaitu orang yang selalu menyalahkan orang lain setiap kali ada sesuatu yang salah. Ia senang membicarakan kesalahan orang lain, tetapi ia sendiri tidak pernah berbuat sesuatu.
  • Tipe Pemecah Masalah, yaitu orang yang menganalisis situasi, mencari tahu akar penyebab masalah, berani mengambil keputusan, menyusun rencana yang baik, mengamankan setiap rencana, serta mampu mengeksekusi dan memantau kemajuan setiap rencana mereka. Dengan menyeimbangkan antara proses berfikir rasional dan bertindak, mereka dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Tipe pemecah masalah menikmati proses belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka. Mereka fokus pada apa yang bisa diubah daripada apa yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah. Mereka memiliki sikap-sikap positif. Sikap yang dimiliki oleh pemecah masalah dan pengambil keputusan adalah memiki keyakinan, proaktif, tenang, berkomitmen, dan senantiasa belajar.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Buku berjudul “Problem Solving and Decision Making for Improvement” oleh Berny Gomulya

Annisa Birrul