BIC

B2B MARKETING

Business to Business Marketing

B2B marketing adalah setiap strategi pemasaran atau konten yang digunakan oleh satu bisnis untuk menargetkan dan menjual ke bisnis lain. Misalnya, perusahaan yang menjual layanan, produk, atau Saat ke perusahaan atau organisasi lain biasanya menggunakan pemasaran B2B. (cognism, 2021)

Menurut Miletsky dan Smith (2009), adalah proses bisnis marketing dalam menjual produk dan jasa kepada perusahaan lain. Karena barang yang diperjualbelikan bukan barang konsumen atau barang jadi, transaksi bisnis B2B biasanya lebih besar dibanding B2C atau C2B. (Juliawanti, 2021)

Proses B2B Marketing:

a. Tahap kesadaran
Pembeli Anda menyadari bahwa mereka memiliki masalah dan mulai mencari cara untuk menyelesaikannya.

b. Tahap Pertimbangan
Pembeli Anda menggabungkan semua penelitian mereka dan mempertimbangkan seperti apa solusi terbaik untuk mengatasi masalah mereka.

c. Tahap Keputusan
Pembeli memilih solusi yang memenuhi kebutuhan mereka, menambah nilai paling banyak dan sesuai dengan anggaran mereka.

d. Tahap Retensi
Peran pemasaran tidak berakhir ketika pelanggan menandatangani. Perusahaan B2B perlu membangun hubungan pembeli mereka saat ini maupun yang baru. (cognism, 2021)

Cara mempersiapkan sebuah bisnis dalam pemasaran B2B :

a. Lebih Manusiawi

  • Jangan hanya mempelajari bisnis anda saja, pelajari juga orang-orang yang ada dalamnya, dan pastikan pemasaran bisnis anda sampai ke konsumen. Pada umum nya, keputusan bisnis lebih rasional dan logis, tidak berarti konten pemasaran anda harus kaku.

b. Target dengan Presisi dan Volume dalam Pikiran

  • Umumnya keputusan dari pembelian B2B dipengaruhi oleh stakeholders. Kesalahan yang umumnya terjadi adalah ketika menunjuk sang pengambil keputusan. Karena itu lah penting bagi para stakeholders untuk mempengaruhi keputusan dari para pembeli.
  • Pengenalan brand merupakan salah satu alasan penting dari B2B. Solusi untuk marketing B2B adalah dengan mencari orang yang profesional yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

c. Pemikiran dari kepemimpinan dapat menciptakan pengaruh

  • Pembuat keputusan dari marketing B2B akan bekerja lebih jika mereka bekerja dengan perusahaan yang menggunakan kepemimpinan untuk membangun visi yang jelas untuk masa depan perusahaan nya.

d. Mempertahankan konteks dalam pikiran

  • Personalisasi dan relevansi adalah prasyarat untuk mendapatkan perhatian. Anda perlu berbicara bahasa yang digunakan oleh pelanggan anda, tapi anda juga perlu menyampaikan konten pemasaran anda secara sistematis. (Kearns, 2022)

 

 

References:

cognism. (2021, February 3). What Is B2B Marketing? A Guide to the Best Strategies for 2022. Retrieved from cognism: https://www.cognism.com/what-is-b2b-marketing#:~:text=The%20meaning%20of%20B2B%20(business,organisations%20typically%20use%20B2B%20marketing.

Juliawanti, L. (2021, September 1). Pengertian B2B, Karakteristik, Contoh Usaha, dan Strateginya. Retrieved from lifepal.co.id: https://lifepal.co.id/media/apa-itu-b2b/

Kearns, S. (2022, July 4). What Is B2B Marketing: Definition, Strategy, and Trends. Retrieved from LinkedIn: https://www.linkedin.com/business/marketing/blog/content-marketing/what-is-b2b-marketing-definition-strategy-and-trends