BIC

Kenapa Barang dari China Murah?

  1. BAHAN MENTAH TERSEDIA LOKAL
    Bahan baku industri seperti mineral logam, biji plastik, dan bahan tekstil di China semuanya tersedia lokal. Tercatat, China memproduksi lebih dari 99% kebutuhan mineral logam dunia sebagai bahan baku industri. Tahun 2019 China juga tercatat sebagai produsen plastik terbesar di dunia dengan 368 juta metrik ton atau setara dengan 31% kebutuhan plastik dunia. Sedangkan untuk tekstil, China juga menguasai 43,1% ekspor tekstil di seluruh dunia dengan total nilai 274 Miliyar Dollar atau setara dengan 3.950 Triliun Rupiah. Nah, bahan-bahan ini semuanya tersedia di lokal sehingga harganya jauh lebih murah dibanding kalau di beli dari luar negeri.
  2. CLUSTER INDUSTRI TERINTEGRASI
    Jadi, jika sebuah pabrik ingin memproduksi sebuah mainan, anggaplah boneka contohnya. Maka dibutuhkan industri pembentuk produk boneka tersebut, seperti barang plastik, busa, rambut sintetik, cat, benang, packaging, komponen elektronik, kain, lem, kayu dll. Di China, industri-industri pembentuk ini di tempatkan dalam satu tempat yang disebut dengan cluster. Dengan penempatan seperti ini, akan mengurangi biaya transportasi, biaya gudang, dan meminimalisir terputusnya rantai pasok.
  3. INSENTIF PEMERINTAH PUSAT& DAERAH
    Setiap entitas yang dapat menjual barang ke luar negeri di China akan mendapatkan pengembalian pajak sebesar maksimal 17%. Insentif ini berdampak pada harga jual barang ekspor yang semakin murah. Insentif lain juga diberikan kepada pabrik produsen barang ekspor yang mendapatkan subsidi biaya air dan listrik sampai dengan 30%. Dengan adanya subsidi ini akan semakin mengurangi biaya produksi dan harga jual akan bisa lebih murah lagi.

  4. JARINGAN LOGISTIK EFISIEN
    Infrastruktur dan jaringan logistik yang baik di China telah menghubungkan seluruh daerah perkotaan tanpa terkecuali. Sedangkan untuk daerah pedesaan, jaringan logistik ini telah menjangkau 97% dari seluruh desa yang ada. Tentunya dengan infrastruktur yang baik, biaya pengangkutan akan jauh lebih murah.

    Ditambah lagi kompetisi antar penyedia jasa logistik semakin membuat biaya pengangkutan lebih murah lagi. Tidak sampai disitu, untuk pengiriman barang melalui udara dengan kerjasama antara China pos dengan United States Postal Service (USPS) menjadikan keduanya secara timbal-balik dapat memanfaatkan jejaring pengirimannya. Hal ini akan membuat biaya pengiriman lebih murah karena China pos tidak perlu lagi berinvestasi banyak untuk dapat mengirim barang ke seluruh dunia.

    Sedangkan untuk pengiriman kargo laut, terdapat jadwal regular setiap hari ke berbagai belahan dunia membuat eksportir di China dengan leluasa dapat mengirimkan barang ekspornya dan tentunya dengan harga yang jauh lebih murah.

  5. DUKUNGAN PERUSAHAAN E-COMMERCE
    China memiliki e-commerce dengan jangkauan terluas di dunia dengan 150 juta pembeli aktif di luar negeri. Hal ini menambah kemungkinan barang yang terjual menjadi semakin besar sehingga siklus produksi menjadi lebih cepat dan kapasitas yang besar menjadikan harga jual bisa lebih murah lagi. Terlebih lagi tambahan free ongkir menjadikan harga total yang dikeluarkan pembeli semakin rendah.

Referensi:
Datasaurus (https://www.youtube.com/watch?v=KiZT020iljY)