BIC

BUSINESS LAW

Business Law

Menurut Abdul R. Saliman dkk, Hukum Bisnis atau Business Law merupakan keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang muncul dari perjanjian-perjanjian maupun suatu perikatan-perikatan yang terjadi dalam praktek bisnis. Munir Fuady juga mengatakan bahwa Hukum Bisnis merupakan suatu perangkat atau kaidah hukum termasuk upaya penegakannya yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan urusan atau aktivitas dagang, industri, atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari para entrepreneur dalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan. (Libera, 2019)

Pengertian umum dari Busines Law adalah bagian dari kode yang terlibat dalam melindungi kebebasan dan hak, menjaga ketertiban, menyelesaikan perselisihan, dan menetapkan standar untuk urusan bisnis dan urusan mereka dengan lembaga pemerintah dan individu. (johnstonthomas, 2019)

Tujuan Business Law:

  1. Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar.
  2. Melindungi berbagai suatu jenis usaha
  3. Membantu memperbaiki sistem keuangan
  4. Memberikan perlindungan terhadap suatu pelaku ekonomi atau pelaku bisnis.
  5. Mewujudkan bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.

Fungsi Business Law:

  1. Menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis.
  2. Pelaku bisnis dapat lebih mengetahui hak dan kewajbannya saat mambangun bisnis, sehingga bisnisnya tidak menyimpang dari aturan yang ada dan telah tertulis dalam Undang-Undang.
  3. Terwujudnya sikap dan perilaku bisnis atau kegiatan bisnis yang adil, jujur, wajar, sehat, dinamis, dan berkeadilan karena telah memiliki kepastian hukum. (Libera, 2019)

Di era yang modern ini, peluang untuk membuat bisnis sangatlah banyak. baik dari bisnis yang kecil hingga yang besar. Dengan begitu hambatan dalam berbisnis juga mulai bisa teratasi dengan syarat-syarat dari bank maupun dari pemerintah, seperti bisnis tersebut diikat atau dihubungkan dengan undang-undang yang ada, sehingga pemerintah bisa mengatur dan mengendalikan bisnis tersebut. Namun, dikarenakan banyak nya orang yang ingin menjadi pebisnis, orang-orang jadi berlomba-lomba untuk membentuk sebuah bisnis yang mengakibatkan banyak kasus seperti plagiarisme. Oleh karena itu, hukum bisnis sangat diperlukan agar bisa mengatur setiap kegiatan bisnis di sebuah negara. Dengan adanya juga hukum bisnis, persaingan antar usaha atau bisnis menjadi lebih sehat. (M. & Saputra, 2021)

Dengan begitu kita bisa menyimpulkan bahwa Setiap orang memiliki hak untuk membentuk sebuah bisnis, namun setiap orang harus sadar akan kewajibannya dalam menerapkan hukum bisnis di era yang modern ini. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan antar bisnis seperti plagiarisme atau pun pelanggaran lain nya di dalam bisnis.

References:

johnstonthomas. (2019, November 14). What is Business Law and Why Is It Important? Retrieved from johnstonthomas.com: https://johnstonthomas.com/what-is-business-law-and-why-is-it-important/

Libera. (2019, June 9). Hukum Bisnis: Lindungi Bisnis Anda dari Segala Risiko yang Mungkin Terjadi. Retrieved from Libera.id: https://libera.id/blogs/hukum-bisnis/#:~:text=Menurut%20Abdul%20R.%20Saliman%20dkk,yang%20terjadi%20dalam%20praktek%20bisnis.

  1. , R. M., & Saputra, F. (2021). Application Of Business Ethics And Business Law On Economic Democracy That Impacts Business Sustainability. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(3),, 115-125.