BIC

5 Cara Menambah Uang Jajan untuk Mahasiswa

Dampak pandemi membuat mahasiswa beralih pada sistem perkuliahan secara online. Bagi sebagian mahasiswa, kuliah online membuatnya kehilangan sebagian bahkan seluruh jatah uang sakunya. Eitsss… kamu jangan sedih dulu! Kamu bisa mencoba 5 tips dibawah ini untuk mendapat uang saku tambahan.

  1. Menjadi Freelance
    Kamu bisa mencoba menjadi tenaga freelance untuk mendapat uang jajan tambahan. Nah, di sini kamu bisa mengerjakan bermacam pekerjaan seusai jam perkuliahan dan gak bakalan ganggu waktu kamu belajar karena waktunya juga lebih fleksibel.
  2. Menjadi Reseller
    Siapa disini yang punya jiwa entrepreneur tapi gak punya produk atau kamu gak mau ribet atau rugi kalau stok barang? Yaps,  menjadi reseller adalah salah satu cara bagi kamu yang pengen dapat uang jajan sekaligus menyalurkan jiwa entrepreneur kalian. Kamu cukup menjualkan barang yang ada di marketplace dan Kamu gak perlu yang namanya stok barang.
  3. Buka Layanan Jasa
    Kecanggihan internet sangat ini membantu kita untuk mencari uang, terutama dimasa pandemi dimana kegiatan pasar beralih menjadi online. Salah satunya kamu bisa dengan menjual jasa secara online, misalnya seperti jasa desain, jasa pembuatan website, jasa fotografi, dll. Nah, bagi kalian memiliki skill tersebut, ga ada salahnya kamu coba untuk menambah keuangan kamu.
  4. Menjadi Vlogger dan Blogger
    Tren vlogger dan blogger yang didukung oleh teknologi yang semakin canggih bisa kamu manfaatkan juga nih guys untuk membuat karya/konten kreatif. yang bakal menambah income kamu lho. Selain fleksibel, menjadi vlogger atau blogger juga sangat memudahkan kamu dalam meningkatkan skill kamu, salah satunya kepercayaan diri dan public speaking.
  5. Mencari Beasiswa
    Part time merupakan cara yang paling banyak ditempuh mahasiswa untuk mendapatkan uang jajan. Tapi jangan salah, dengan beasiswa juga bisa menambah uang saku kalian lho. Selain itu kamu juga mendapatkan sisi positif lainnya dengan mencari beasiswa, seperti misalnya prestasi kamu yang makin meningkat, kamu bisa menabung atau bahkan meringankan keuanganmu selama kuliah.

Nah Partner Muda, gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba tips-tips di atas? Yang penting tetap semangat, jangan menyerah dengan keadaan, dan tetap berdoa semoga dunia bisa secepatnya pulih dari pandemi Covid-19.

 

  • Referensi:
    https://maukuliah.id/blog/5-cara-menambah-uang-jajan-untuk-mahasiswa/