BIC

SIMAK! 6 IDE BISNIS GENERASI MILLENIAL

Di era generasi millenial saat ini, masyarakat cenderung menginginkan sesuatu yang lebih praktis cepat dan efisien. Seperti halnya masalah transportasi, sejak muncul teknologi transportasi berbasis online, tampaknya telah membawa banyak keuntungan. Selanjutnya, beberapa jenis bisnis yang akan kita bahas berikut ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi khususunya bagi kamu yang masih pemula, dan ingin mengawali karirnya dalam bidang usaha kecil namun cukup potensial bisa mendatangkan penghasilan besar. Ada beberapa bisnis yang sangat cocok untuk generasi millinneal diantaranya adalah:

  1. Online shop

Di era millenial sekarang, jarang ada orang yang membeli langsung barang ke tokonya. Selain mudah dan tak perlu mempunyai modal yang besar karena tidak memerlukan tempat untuk berjualan, berbisnis online shop mempunyai peluang yang menjanjikan di era millenial sekarang. Anda cukup memposting produk anda di toko online maupun instagram. Era ini, banyak sekali toko online raksasa yang memberi kesempatan untuk anda membuka toko online di dalam nya seperti lazada.co.id, blibli.com, blanja.com, tokopedia.com

  1. Jasa Titip

Jasa titip atau personal shopper  jadi salah satu bisnis yang banyak digeluti millennialas zaman sekarang. Sesuai namanya, seseorang akan menitipkan  produk tertentu yang akan kamu beli langsung dari tokonya tanpa perantara. Pelanggan tinggal ambil ke tempatmu atau dikirim kembali via ekspedisi. Kamu bisa berlakukan sistem pre order dengan DP 50 persen atau bisa juga sistem bayar di awal. Biasanya jasa titip punya tarif Rp 15-25 ribu per orang.

  1. Dropshipper

Jadi dropshipper adalah bisnis yang hampir tanpa modal. Kamu hanya perlu menentukan jenis barang yang ingin kamu jual, mencari supplier-nya, dan menentukan media pemasaran. Misalnya lewat Instagram, Facebook, dan sebagainya. Kamu tidak perlu repot grosir barang lagi untuk diecer, karena yang mengirim barang ke pelanggan adalah supplier. Meski relatif mudah, kamu harus jeli dalam memilih supplier barang. Cari pedagang yang jujur dan bisa dipercaya. Sebab, kita tidak bisa melihat langsung kualitas barang yang kita jual. Berbeda dengan reseller yang menerima barang dari supplier  terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan pelanggan.

  1. Agency Periklanan

Membangun bisnis perusahaan periklanan sangat cocok untuk generasi millennial saat ini.  Alasan kenapa perusahaan periklanan dikatakan cocok, karena millinneal saat ini cendurung adalah generasi yang cukup kreatif dalam banyak hal. Kita lihat saja di internet, banyak sekali konten-konten yang menarik perhatian yang diciptakan oleh generasi millennial. Berkat generasi millennial, kita bahkan bisa mengenal istilah Blogger atau Vlogger yang sangat popular di telinga kita saat ini. Kehadiran Youtube pun juga membuat generasi millennial lebih kreatif dan banyak menciptakan konten video yang berkualitas untuk dilihat orang banyak. Bahkan, sebagian besar dari mereka membuat hal  tersebut sebagai profesi yang menjanjikan. Dengan membangun bisnis periklanan, millenials bukan hanya bisa membangun bisnis yang menguntungkan tapi juga menyalurkan bakat dan kreatifitas mereka.

  1. Startup Digital

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa generasi millennial banyak sekali menyumbang  inovasi dibidang teknologi, dan memberikan perubahan pada banyak aktifitas yang kita lakukan. Teknologi menjadi trend yang sangat digemari oleh generasi millennials. Bahkan saat ini, banyak sekali generasi millennial yang memperdalami Ilmu tentang computer. Kita juga bisa lihat bahwa  Jurusan Ilmu Komputer menjadi jurusan yang sangat favorit oleh generasi millennial sekarang yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

  1. Design dan Printing

Mungkin kamu sering melihat sampul binder temanmu yang unik banget. Entah itu desainnya retro, atau pakai sketsa wajah sendiri. Nah, ini hasil karya mereka-mereka yang menyukai visual art nih. Kalau kamu kebetulan hobi menggambar dan mendesain, coba deh bikin jasa design dan printing yang unik. Bisa pakai media binder, notebook, kaos, sepatu, atau apapun yang kamu suka. Zaman sekadang yang orisinil dan berbau handcraft atau homemade begini biasanya laku keras loh.

 

Sumber:

https://business.idntimes.com/economy/putriana-cahya/bisnis-dengan-modal-rp-100-ribu-1/full

https://sofis.id/4-peluang-bisnis-yang-cocok-untuk-generasi-millennial/