BIC

Kain Tenun Endek Asli Bali Mendunia Sampai di Ekspor

Bali merupakan kota tujuan wisata yang selalu menjadi kota tujuan wisata yang menjadi favorite banyak orang ini sangat memukau. Keindahan alam dan budayanya yang sangat kental menjadi hal yang selalu dirindukan dari Bali. Tak hanya itu, Bali ternyata menjadi pusat kerajinan yang unik dan menarik dengan produk kerajinan tradisional yang tersohor hingga ke mancanegara. Salah satunya Kain Tenun Endek Bali.

Sumber foto: Correcto.id

Bagi masyarakat Bali, Kain Tenun Endek bukan hanya kain tenun semata, namun adalah sebuah karya seni yang diwariskan melalui keterampilan sejak turun temurun. Selain itu, kain tenun ini juga merupakan identitas kultural dan artifak ritual. Pasalnya, untuk membuat 1 lembar Kain Endek kebanggan Pulau Dewata ini tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu hingga dua bulan dengan proses kreativitas yang panjang dan unsur seni, teknik pewarnaan dan inovasi melalui tangan-tangan terampil pengrajin tenun. Seluruh proses pembuatannya pun masih dilakukan secara tradisional mulai dari pemilihan bahan-bahan alami untuk pemintalan benang, proses pewarnaan, hingga proses menenun. Kain Tenun Endek Bali secara tradisional ini masih dapat dijumpai disejumlah UMKM daerah di Pulau Dewata.

Berbagai inovasi yang dilakukan khususnya dalam desain, motif, dan warna yang disesuaikan dengan perkembangan mode saat ini membuat usaha kerajinan ini terus berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas. Hingga kini, Kain Tenun Endek Bali ini sudah diekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan negara-negara di Eropa.

Tahun ini, Kain Tenun Endek Bali juga mendapat tempat istimewa di hati para penikmat mode. Salah satu rumah mode kelas dunia, Christian Dior menampilkan Endek Bali dalam peragaan Paris Fashion Week 2020 di Paris Perancis sebagai koleksi musim semin 2021. Pihak Christian Dior telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Provinsi Bali untuk mengenakan Endek Bali dalam setiap produknya. Kerjasama ini ditanda tangani secara resmi oleh Gubernur I Wayan Koster dan pihak Christian Dior yang berlangsung secara virtual, Kamis 11 Februari lalu dalam rangka mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia untuk Tenun Endek Bali.

Sumber foto: Akurat.co

Adanya perhatian dari berbagi kalangan harapannya ke depan Kain Tenun Endek Bali dapat tetap lestari dan terjaga eksistensinya dan memberi kesejahteraan bagi UMKM dan para pengrajin-pengrajin tradisional ini.

 

Referensi ini diambil dari:

Kementrian Perdagangan https://www.youtube.com/watch?v=tPsOBhYts5k&t=32s

iNews Bali https://www.youtube.com/watch?v=D2bEdrB4g-U

Orlin Baptista Yuleoni