BIC

Cara UMKM Bertahan di masa Pandemi

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia merasakan dampak yang signifikan akibat pandemi covid-19, salah satu dampaknya yaitu banyak UMKM yang mengalami penurunan penjualan. Penurunan penjualan berdampak buruk terhadap stabilitas ekonomi negara yang disebabkan oleh pendapatan yang menurun sehingga perekonomian negara pun berdampak buruk. Terdapat 30 juta UMKM harus tutup sementara akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020, namun pemerintah membantu UMKM dengan mengalokasikan stimulus sebesar Rp 123,46 triliun khusus untuk UMKM.

Meskipun Pandemi berdampak terhadap UMKM, Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menjaga sektor perekonomian, seperti program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan percepatan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UMKM. Kebijakan yang memperkuat pemulihan ekonomi nasional, yaitu: (i) pembukaan sektor produktif dan aman, (ii) percepatan realisasi stimulus fiskal, (iii) peningkatan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha, (iv) keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial, serta (v) digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM. Pemerintah juga menaikan KUR UMKM dari Rp 220 triliun (2020) menjadi Rp 253 triliun (2021) sebagai dukungannya terhadap pelaku koperasi dan UMKM dan memberikan stimulus tambahan subsidi bunga di masa Covid-19 tahun 2021 sebesar 3% sampai dengan 30 Juni 2021.

Selain itu, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) membantu UMKM dengan melakukan pembinaan kepada UMKM untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia dan mereka mendukung UMKM dalam peningkatan kualitas dan pemasaran produk dengan mengadakan pertemuan secara online untuk menjaga produktivitas UMKM. LIPI juga mengadakan seminar yang bertemakan “Inovasi dan Teknologi Solusi Kebangkitan UMKM di tengah Pandemi Covid-19” sebagai motivasi dan solusi untuk bangkit di tengah pandemi yang ditujukan kepada pelaku UMKM.

 

Sumber:

https://nasional.kontan.co.id/news/wah-target-penyaluran-kur-umkm-di-2021-naik-jadi-rp-253-triliun

https://finansial.bisnis.com/read/20210505/90/1390401/efektivitas-subsidi-bunga-kur-dorong-penyaluran-kredit-umkm

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_229020.aspx

http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212

https://money.kompas.com/read/2020/09/09/143611226/umkm-terdampak-pandemi-pemerintah-dan-swasta-gotong-royong-dorong-pertumbuhan