BIC

PAY PER CLICK

PAY PER CLICK

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju dari hari ke hari. Paid Advertising adalah bagian dari digital marketing dimana teknik ini akan membantu memasarkan produk penjual kepada target pasar melalui platform digital secara berbayar. Salah satu jenis paid advertising yang memiliki banyak peminat adalah pay per click yang diterapkan di platform-platform besar seperti Google, YouTube, Instagram, dan lainnya.

Pay per click atau PPC adalah suatu mekanisme pemasaran secara digital dengan sistem penjual yang memasang iklan akan membayar setiap audiens mengklik iklan tersebut. Manfaat pay per click antara lain ialah mendapatkan traffic laman yang cepat, pelacakan real time, budget friendly, return of investment yang lebih besar, dan target audiens yang cukup akurat. Terdapat beberapa jenis pay per click, seperti search advertising, social advertising, remarketing, dan lainnya.

Search advertising adalah iklan yang muncul ketika audiens melakukan pencarian di suatu search engine. Contohnya ketika audiens mencari suatu keyword tertentu, google sebagai search engine akan menampilkan iklan pada bagian teratas dari search engine result page sehingga hal yang pertama dilihat audiens adalah iklan tersebut. Teknik marketing ini cukup efektif karena umumnya audiens akan memilih produk yang pertama ia lihat.

Social Advertising adalah pay per click yang terdapat di media sosial, contohnya paid promote. Paid promote yang sering dilakukan di platform seperti instagram yang ditayangkan melalui postingan, stories, dan reels. Paid promote menggunakan sistem pemasaran dengan membayar ke pihak pemilik akun untuk mengenalkan produk yang dipasarkan kepada audiens. Paid promote menggunakan beberapa indikator seperti target audiens, jumlah followers, likes, dan comments.

Remarketing atau pemasaran kembali adalah teknik marketing yang menampilkan iklan kepada audiens yang pernah mengunjungi laman produk tersebut atau produk yang serupa. Teknik remarketing diterapkan di beberapa online shop seperti tokopedia, dimana home page seringkali menampilkan produk-produk yang serupa atau berhubungan dengan produk pernah kita cari, lihat, atau beli. Teknik remarketing merupakan teknik digital marketing yang jitu karena audiens pasti tertarik dengan produk yang diiklankan.

 

 

References: