BIC

Milenial “Demam Kopi” dan Ancaman Impor

Seiring dengan meningkatnya tren mengkonsumsi kopi, ‘demam’ kopi kini menjadi gaya hidup di kalangan milenial. Bank Indonesia (BI) mengingatkan ancaman impor kopi untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Hal ini dapat dilihat pada ekspor dalam negeri yang terus turun, dimana hanya memenuhi 4% dari kebutuhan dunia dan menunjukkan jumlah produksi kopi di Indonesia tidak sepesat Brasil dan Vietnam. Padahal, Indonesia memiliki potensi yang besar dan Indonesia sendiri sudah diakui sebagai salah satu produsen kopi yang diakui dunia.

Untuk itu, Indonesia perlu mendorong ekspor kopi untuk mengatasi ancaman impor. BI (Bank Indonesia) mengupayakan pendorongan ekspor kopi dengan melakukan perbaikan produksi kopi dari hulu hingga hilir, seperti melakukan konservasi lahan, penyediaan air bersih, penyediaan mesin pengolahan. Sementara pada hilir, BI juga membantu UMKM memperkenalkan produk kopi ke mancanegara melalui wisata edukasi kopi atau mendekatkan UMKM kepada investor. 

Ayo, artner muda disini siapa nih yang suka nongkrong di cafe sambil minum kopi? Nah, jangan sampai nanti impor kopi negara kita lebih besar dari ekspornya ya guys karena ga ada salahnya juga kalau kita mencoba eksplor lebih lagi mengenai kopi lokal asal Indonesia.

  • Referensi:
    CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201121173956-92-572792/milenial-demam-kopi-bi-ingatkan-ancaman-impor