How to play Gacha Games via F2P (Free2Play)

Hi, guys! Kembali lagi nih dengan saya! Nah, kita dah mendekati tahun 2021 nih, makin banyak loh permainan gacha seperti Genshin, Arknights, Azur Lane, Pokemon Masters dan sebagainya! Nah, aku mau kasih tau nih, cara bermain game-game bergenre gacha untuk para Free 2 Players!

The best gacha games | Pocket Tactics

[Source|https://www.pockettactics.com/best-gacha-games]

read more

1. Grinding

Arknights | Obsidian Festival Event - Farming Guide & Choices - GameWith

[Source|https://gamewith.net/arknights/article/show/18204]

Kalo ini, pasti kalian sudah tau. Yup, grinding merupakan cara para gamers melakukan side quest terlebih dahulu untuk mendapat rewardnya. Di game-game gacha seperti ini, biasanya side quest dan main  memberikan currency untuk gacha. Plus, kebanyakan dari game gacha sering membuat event-event yang menghadiahkan currency yang sama guys. Jadi, kalau ada event atau side quest yang belum selesai, silahkan diselesaikan. (Tapi jangan sampai terganggu pembelajarannya, hehehe)

2. Probability

Guide: Calculating GACHA Odds - FGO Q&A - GamePress Community

[Source|https://community.gamepress.gg/t/guide-calculating-gacha-odds/5482]

Kalian juga harus tau probabilitas masing masing banner dari game-game gacha ini. Berapa persentase untuk mendapatkan SR, SSR, maupun UR. Terkadang di game-game ini, persentase karakter/item rating tinggi memiliki persentase yang sangat kecil dan diharuskan meroll hingga lebih dari 60 kali. Sehingga kemungkinan mendapatkannya hanya pada saat roll yang beruntung atau sedang diberkati.

3.  Roll 10 atau Roll 1?

ROLL GACHA!! | Fate/Grand Order | Know Your Meme

[Source|https://knowyourmeme.com/photos/1372950-fategrand-order]

Disini merupakan bagian kontroversi untuk para gacha gamers. Mau roll 10 atau roll 1? Yang mana lebih baik? Kebanyakan game memberikan opsi untuk roll antara 1 atau 10 sekaligus. Biasanya, persentase untuk dapat karakter rating tinggi pada roll 10 ditingkatkan. Jadi, sebaiknya simpan currency gacha untuk meroll 10. Jika memang mendekati limit sistem yang ada seperti “pity system” di Genshin, dipersilahkan untuk roll 1 (Hehe, pengalaman gacha :v)

 

Sekian dari saya untuk tips tips gacha gaming, selamat beraktivitas/belajar, dan stay safe and healthy!

Nicholas