Waktu menyembuhkan luka, tetapi lingkungan dan teman menyembuhkan trauma – The Sun Shines Over Us Review

Source: The Sun Shines Over Us on Google Play store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nijigames.menggapaimatahari&hl=en_US&gl=US

Trigger warning: Bullying, past trauma, and mental health problems.

The Sun Shines Over Us adalah sebuah singleplayer visual novel game yang dikembang oleh Eternal Dreams Studio dan dirilis oleh Niji Games di Google Play Store. Game ini fokus terhadap topik kesehatan mental dan bullying awareness, terutama di kehidupan bersekolah. Dalam visual novel ini, pemain mengikuti kehidupan sosok gadis yang bernama Mentari dalam perjuangannya mengikuti kehidupan sekolah dengan trauma bullying serta masalah kesehatan mental yang ia alami.

The Sun Shines Over Us hadir dalam format visual novel yaitu berbasis narasi dan dialog dengan sistem choice atau pilihan dalam game. Sistem pilihan tersebut akan menentukan ending apa yang akan didapatkan oleh pemain. Di dalam game ini mempunyai lebih dari 100,000 kata secara total dan mempunyai 6 ending berbeda. The Sun Shines Over Us juga mempunyai soundtrack BGM yang indah dan cantik. Bukan cuma itu, tetapi art dalam game ini cukup menarik dan enak dilihat. Untuk pencinta art game ini, kalian juga bisa mendapatkan sebanyak 31 CG atau scenes yang dapat dikoleksi sepanjang game.

Source: The Sun Shines Over Us – Visual Novel (English/Indonesia) Trailer
https://www.youtube.com/watch?v=u-N5IzPecw4

Cerita di dalam The Sun Shines Over Us fokus ke dalam topik bullying serta masalah kesehatan mental yang dialami oleh Mentari di dalam kehidupan sekolahnya. Tanpa membocorkan banyak tentang cerita dalam game ini, Mentari adalah seorang siswi SMA yang menjadi korban bullying yang menyebabkannya pindah sekolah. Dalam game ini, pemain mengikuti Mentari dalam sekolah barunya dengan bantuan flashback untuk menerangkan kejadian bullying yang terjadi di sekolah lama Mentari.

Cerita dari The Sun Shines Over Us sangatlah unik dan menarik dari game visual novel biasa. Momen – momen trauma serta flashback Mentari terasa sangat nyata dan tidak di sugar-coat oleh gamenya. Setiap scene dan interaksi Mentari dengan lingkungan serta siswa di sekolah barunya dapat memberikan pemain sebuah jendela ke dalam pikiran Mentari.


Source: The Sun Shines over Us in-game pictures. https://www.kaorinusantara.or.id/english/16453/niji-games-to-release-visual-novel-the-sun-shines-over-us-on-the-worlds-mental-health-day


Tidak hanya Mentari saja yang dapat menarik perhatian pemain, tetapi karakter – karakter yang Mentari temui dalam sekolah barunya juga mempunyai personalitas masing – masing. Dari personalitas ceria maupun teguh dan caring, semuanya dapat ditemukan dalam cerita Mentari di sekolah barunya. Dengan sistem choice, Mentari juga dapat menjalani hubungan platonik dengan karakter – karakter tersebut untuk mencari lebih tahu tentang sifat karakter tersebut dan kontribusinya terhadap kehidupan serta perjuangan kesehatan mental Mentari. 

Salah satu komponen dari The Sun Shines Over Us yang sangat indah dan menarik untuk pemain adalah soundtrack BGM dalam game ini. Soundtrack BGM dalam The Sun Shines Over Us sangatlah enak didengar dan juga menaikkan pengalaman pemain. BGM di dalam game ini akan terikat dengan lingkungan Mentari serta apa yang dirasakan Mentari, jadi soundtracknya berasa dinamis dan tidak monoton untuk didengar oleh pemain.

Secara keseluruhan, The Sun Shines Over Us ini adalah visual novel buatan game studio asli Indonesia yang dapat menceritakan perjuangan kesehatan mental Mentari dengan presentasi menarik dari art, characters, ataupun soundtrack. Game ini sangat direkomendasikan untuk pemain visual novel yang ingin cerita dengan topik yang berat seperti mental health, ataupun untuk pemain visual novel yang dapat mengapresiasi art serta soundtrack yang indah dan cantik di dalam game ini.

 

References:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nijigames.menggapaimatahari&hl=en_US&gl=US

 

Ida Bagus Kuwera