Get Your Life in Fantasy Life

Cover Fantasy Life

“Create the life you always wanted. Craft, cast, hunt and battle your way through a vast world filled with magic, dragons and ancient secrets!”

Teman-teman, apakah kalian pernah mendengar permainan video yang berjudul Fantasy Life? Bukan, bukan seri permainan video RPG lain bergenre fantasy science yang dirilis oleh Square Enix. Fantasy Life adalah permainan video bergenre RPG simulation yang dikembangkan dan dirilis oleh Level-5. Permainan berbasis konsol Nintendo 3DS ini dirilis di Jepang pada tahun 2012 dan secara global pada tahun 2014. Hingga saat ini, Level-5 baru merilis satu sekuel untuk Fantasy Life dengan Fantasy Life Online pada tahun 2018. Berbeda dengan pendahulunya, Fantasy Life Online dirilis di perangkat Android dan iOS.

Fantasy Life berlatar di sebuah dunia bernama Reveria. Di sini, sebagian dari makhluk yang hidup di dalamnya dapat memilih kehidupan yang mereka inginkan. Kehidupan atau LIFE ini dapat kita artikan sebagai profesi dapat kita jalani dan kuasai demi kesejahteraan seluruh penghuni Reveria.

read more

Fantasy Life Character Creation

Sebagai pemain baru, kalian akan diminta membuat karakter kalian terlebih dahulu. Di sini, kalian bisa memilih gender dan fitur fisik kalian. Salah satu hal unik yang penulis sadari adalah kebebasan pemain untuk memilih fitur fisik apa pun tanpa membedakan gender yang telah kita pilih. Jadi, kita bisa memilih gaya rambut pria meskipun kita memilih sebagai wanita, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi, seiring permainan kalian akan menemukan pakaian dan aksesori yang hanya dapat diakses oleh gender tertentu. Ini informasi yang belum pernah penulis buktikan, tetapi ada kabar bahwa pemain dengan gender wanita dapat mengakses lebih banyak pakaian yang dapat meningkatkan status pemain.

Setelah memilih fitur wajah, tubuh, dan gaya rambut yang kalian inginkan, kalian akan diminta untuk memilih suara. Mengenai hal ini, sebenarnya karakter yang kita mainkan tidak akan mendapat kesempatan untuk berbicara. Bahkan sering kali NPC menganggap karakter kita (untuk selanjutnya akan penulis sebut dengan MC) sebagai pendengar pendiam karena saking jarangnya MC berpartisipasi verbal dalam sebuah obrolan. Suara ini dimaksudkan pada rangkaian suara yang MC keluarkan ketika sedang bertarung.

All twelve lifes in Fantasy Life

Setelah memilih suara kemudian dilanjutkan memasukkan nama MC, kalian akan tiba di bagian memilih kehidupan. Di Reveria, ada dua belas kehidupan yang dapat kalian pilih: paladin, mercenary, hunter, magician, woodcutter, miner, angler, cook, blacksmith, carpenter, tailor, dan alchemist. Empat kehidupan pertama yang disebutkan adalah kehidupan yang berfokus pada pertarungan. Kalian bisa pergi berpetualang, melawan monster, memanen item yang dijatuhkan oleh monster, serta menjual bounty monster-monster tertentu untuk uang. Tiga kehidupan selanjutnya adalah kehidupan yang berfokus pada pengumpulan bahan dan material. Kata siapa kalian hanya bisa memperoleh bahan kerajinan dengan membelinya di toko? Kalian juga dapat memperolehnya sendiri. Bahkan, ada bahan-bahan tertentu yang tidak dapat dimiliki di mana pun! Kalian harus mencarinya sendiri. Lima kehidupan terakhir adalah kehidupan yang berfokus pada kerajinan dan keterampilan membuat sesuatu. Di kehidupan-kehidupan ini, kalian dapat membuat sendiri barang-barang baik yang ada maupun tidak ada di toko. Dengan membuatnya sendiri, kalian bisa mendapatkan barang-barang dengan kualitas superior yang tidak bisa dibeli di mana pun.

Setelah melalui semua langkah di atas, kalian masih diberikan kesempatan untuk mengecek kembali pilihan kalian. Jangan terlalu khawatir dengan pilihan kalian saat ini. Warna dan gaya rambut kalian bisa diubah setelah kalian mencapai titik tertentu di permainan. Kehidupan kalian bahkan dapat diganti segera setelah kalian menyelesaikan panduan kehidupan yang kalian pilih di awal permainan. Kalian mungkin akan menemui kesulitan jika ingin mengganti fitur wajah dan tubuh karena kalian perlu membeli paket tambahan dari Fantasy Life sebelum bisa mengubahnya. Perlu diingat bahwa kalian tidak bisa mengganti gender kalian dengan cara apa pun. Nah, setelah kalian pasti dengan pilihan kalian, saatnya memulai permainan kalian!

Di Fantasy Life, terdapat cerita yang dapat kalian ikuti. Sebenarnya, Reveria sedang mengalami sebuah krisis yang berpotensi mengakhiri dunia. MC pun berpetualang mengelilingi Reveria dan menyatukan daerah-daerah yang terpecah belah untuk bekerja sama menghadapi krisis tersebut. Seiring petualangan tersebut, MC juga menemukan berbagai teman yang kemudian dapat diajak menelusuri Reveria bersama. Secara perlahan, kita mempelajari masalah yang dihadapi berbagai karakter dan menyaksikan bagaimana masalah tersebut terpecahkan. Tentu saja kalian tidak diwajibkan untuk menyelesaikan seluruh cerita ini sekaligus. Kalian bisa mengambil waktu kalian untuk memahirkan diri kehidupan-kehidupan yang telah kalian pilih serta menelusuri Reveria bersama teman baru kalian. Penulis sendiri memilih untuk menelusuri cerita di Fantasy Life secara perlahan. Hingga saat ini di mana penulis telah menghabiskan 70 jam di permainan ini, penulis baru menyelesaikan tiga babak dari cerita Fantasy Life.

Tidak ada cara bermain yang salah dalam bermain Fantasy Life. Kalian bisa melakukan apa pun sesuka kalian. Tidak ada hal fatal yang akan terjadi jika kalian melakukan sesuatu. Bahkan jika kalian kehabisan HP saat melawan monster pun, kalian masih diberikan kesempatan untuk bangkit kembali dengan obat yang dapat dibeli di toko atau dibuat di kehidupan alchemist dengan sangat mudah. Bagaimana jika kalian kehabisan obat tersebut? Tenang saja, kalian hanya akan kembali ke savepoint terakhir kalian tanpa kekurangan apa pun. Dosh (mata uang Reveria) juga sangat mudah didapatkan dengan menjual bounty monster atau item yang kita buat sendiri di kehidupan tertentu. Tidak ada yang perlu dirisaukan di sini. Kalian bisa menikmati kehidupan kalian di Fantasy Life dan beristirahat dari beban di kehidupan nyata kalian. Tidak kewajiban yang memaksa, hanya kebebasan tanpa batas.

Banyak hal menarik yang disediakan oleh Fantasy Life, tetapi sepertinya hal-hal tersebut akan membuat tulisan ini terlalu panjang. Fantasy Life adalah permainan yang dapat memberikan kita perasaan tenang dan bahagia tanpa menghilangkan elemen keseruan yang biasa kita dapatkan dari permainan bertarung. Di Fantasy Life, kalian bisa menjadi siapa saja. Di Fantasy Life, kalian bisa melakukan apa saja. Oleh karena alasan-alasan inilah Fantasy Life termasuk ke dalam daftar permainan favorit penulis di konsol Nintendo 3DS. Bagaimana menurut kalian?

Apakah kalian tertarik dengan permainan video sejenis ini?

Apakah kalian tertarik untuk mencoba dan memulai kehidupan fantasi kalian sendiri di Fantasy Life?