Game Review: Night in the Woods

Night in the Woods merupakan indie game yang dirilis pada 10 Januari 2017. Game ini merupakan game singleplayer adventure game dimana kalian akan bermain sebagai karakter Mae Borowski yang baru saja drop out dari perkuliahan dan pulang ke kota asalnya, Possum Springs, untuk kembali bertemu dengan teman lamanya dan kembali menjalankan kehidupan lamanya, tetapi Possum Springs dan penduduknya sudah berubah sejak Mae meninggalkan kota tersebut, layaknya ada sebuah misteri yang terjadi setiap malam tiba di hutan Possum Springs.

(sumber: http://www.nightinthewoods.com/)
(sumber: http://www.nightinthewoods.com/)

read moreNight in the Woods atau disingkat NITW, merupakan game yang memiliki gameplay dan game design simple yang menurut saya sangat cocok untuk kalian player yang lebih menikmati game story dari gameplay tapi tenang saja bagi kalian yang tidak hanya ingin memainkan game yang isinya story saja karena game NITW ini memiliki berbagai mini games serta banyak cara gameplay yang dapat menentukan alur cerita yang akan dijalankan berdasarkan detail yang kalian perhatikan selama memainkan game ini.

Screenshot dari gameplay NITW (sumber: https://thesnapper.millersville.edu/index.php/2017/04/12/a-closer-look-at-night-in-the-woods/)
Screenshot dari gameplay NITW (sumber: https://thesnapper.millersville.edu/index.php/2017/04/12/a-closer-look-at-night-in-the-woods/)

 

Walaupun sudah lama dirilis, game ini menurut saya sangat worth it untuk dimainkan berulang kali sebab berdasarkan detail – detail yang ada dalam game ini, kita bisa menjalankan gameplay dengan cerita yang berbeda – beda seperti kita dapat menghabiskan waktu dengan NPC yang kita inginkan. Selain itu menurut saya main story dari game ini sangat unik dan original, setiap karakter memiliki karakteristik yang berbeda – beda dari semuanya dan tidak hanya itu design karakter walaupun terlihat simple dan kekanak-kanakan karena karakter yang berupa hewan, menurut saya karakter terasa lebih beragam dalam sifat, latar belakang dan relationship setiap karakter dengan main character atau NPC lainnya. Dan pembukaan misteri dalam main story yang dilakukan perlahan – lahan serta menginfluence perasaan main character dan sekitarnya. Overall menurut saya game story-nya 9/10.

(sumber: http://www.nightinthewoods.com/ )
(sumber: http://www.nightinthewoods.com/ )

 

Di sisi lain, menurut saya gameplay cukup seru dan mudah dinikmati semua kalangan walaupun total waktu gameplay bisa berjam – jam agar progress cerita dapat berjalan secara mulus. Hal yang paling saya senangi dalam gameplay game ini paling utamanya adalah berinteraksi dengan NPC  yang dapat meng-unlock sebuah minigame jika kita berhasil meng-establish sebuah relationship pertemanan dengan NPC tersebut. Selain itu minigamenya pun bervariasi tergantung dengan NPC  yang kita pilih seperti contoh jika kita melanjutkan progress cerita dengan karakter Gregg dimana kita akan memainkan minigame knife fight atau jika berinteraksi dengan NPC  Mr. Chazokov setiap pergantian hari, kita akan memainkan minigame guess the constellations. Minigame yang ada pun jumlahnya tidak terbatas hanya 1, dalam beberapa NPC terdapat beberapa minigames yang berbeda – bedaOverall untuk gameplay scorenya 8/10.

Minigame knife fight (sumber: http://www.nightinthewoods.com/)
Minigame knife fight (sumber: http://www.nightinthewoods.com/)

 

Gimana nih menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk memainkan game Night in the Woods dalam masa pandemik ini? Night in the Woods dapat dibeli melalu steam dengan harga Rp135.999,- atau dapat dibeli melalu itch.io sebesar $19.99 untuk di PC. NITW juga tersedia di Playstation Network untuk PS4 dengan harga $19.99 dan di Nintendo Switch dengan harga $19.99.