Turnip Stalk Market dalam Animal Crossing New Horizons

Animal Crossing New Horizons merupakan salah satu game Nintendo Switch yang baru saja dirilis pada tanggal 20 Maret 2020 lalu. Rilisnya game ini ditengah pandemic Corona serta sudah berlalunya 8 tahun sejak game sebelumnya membuat game ini laris manis hingga baru saja 11 hari dirilis, 11,8 juta copy terjual.

Lalu apasih yang membuat game ini sangat menarik perhatian? Gameplay Animal Crossing New Horizons sebenarnya sama seperti game – game sebelumnya tetapi kali ini player dapat mengubah bentuk islandnya dengan sesuka hati serta memiliki banyak fitur daripada Animal Crossing New Leaf.

read more

Salah satu event dalam game setelah meng-upgrade salah satu bangunan

Setelah dirilisnya game ini, ada banyak hal yang dibicarakan di komunitas Animal Crossing seperti cara membuat pulau Tarantula, perbedaan pilihan antara pulau Northern Hemisphere dengan Southern Hemisphere, dll. Tetapi hal paling utama dan paling banyak dibicarakan adalah Turnip Stalk Market.

Pertama – tama, apasih Turnip Stalk Market? Turnip Stalk Market merupakan sebuah fitur dimana setiap hari Minggu player membeli turnip dengan harga murah lalu dalam satu minggu menjual turnip tersebut dengan harga tertinggi di hari apapun sebelum hari Minggu tiba lagi.

Fitur ini sebenarnya sudah ada di game sebelumnya tetapi karena New Horizons memiliki fitur online yang lebih terupdate, player kali ini dapat memprediksi harga – harga turnip yang random serta dapat mencari island teman ataupun orang asing untuk menjual turnip dengan harga 4 samapi 5 kali lipat harga beli.

Sistem  Turnip Stalk Market ini menurut saya sangat unik dikarenakan harga yang diberikan dari game sangat random hingga membuat setiap player game ini sangat berkomitmen dalam perekonomian dalam game ini.

Biasanya perekonomian dalam game tidak terlalu di design dengan detail ataupun hanya sistem jual beli item yang sederhana. Tidak seperti game lain, dalam Animal Crossing New Horizons, sistem perekonomian di design lebih unik dan menarik hanya dengan melalu sebuah item dalam game yaitu turnip.

Membeli turnip dari NPC Daisy Mae

Setiap hari minggu, sebuah NPC bernama Daisy Mae akan datang berkunjung ke island player apabila player telah membangun toko Nook’s Cranny. Harga yang diberikan pun bervariasi saat pertama kali membeli Tunip, bisa diatas ataupun dibawah 100. Harga yang harus dibeli oleh player tentunya dibawah 100 karena dari hari Senin hingga Sabtu, harga jual Turnip berbeda – beda, harga siang dan malamnya pun berbeda, bisa berkisar dari harga yang sangat rendah, hingga 500 keatas.

Player tidak bisa sembarangan time travel untuk mencari hari dengan prediksi harga tinggi karena turnip akan membusuk dan harganya akan berubah drastis.

Menanyakan NPC Timmy dan Tommy mengenai harga turnip

Dikarenakan sistem ini, banyak player dalam komunitas Animal Crossing membuat sebuah website yang dapat memprediksi harga turnip seperti website https://stalks.io/ atau https://turnipprophet.io/index.html . Selain itu juga ada bagian komunitas yang membagikan kode islandnya di website seperti https://turnip.exchange/ untuk yang lain datang berkunjung untuk menjual turnip mereka dengan harga tinggi (biasanya pemilik island meminta entry fee dalam bentuk bells (mata uang dalam game) atau Nook Miles Ticket (tiket untuk mengunjungi island random yang biasanya dapat memiliki item langka ataupun villager yang dapat di invite).)

Berkumpulnya komunitas Animal Crossing membuat semuanya dapat berkumpul tanpa bertemu selama pandemik Corona ini dan dapat berkerja sama agar dapat menjadi sukses dalam game maupun menikmati gameplay dalam menghiasi island. Apakah anda tertarik untuk main Animal Crossing New Horizons?