Rekomendasi Sabtu: Overwatch

Rekomendasi Sabtu adalah fitur oleh Aliya, BGDC 2021 — yang harusnya mingguan tapi mandek terus karena orangnya sibuk :’) — yang merekomendasikan satu game, game apapun itu, dan menjelaskan kenapa kamu harus tahu tentangnya.

Berbeda dengan game yang kufitur di sini sebelumnya, game satu ini mungkin kalian semua tahu. Overwatch adalah, secara singkat, game online multiplayer team-based first-person shooter. Overwatch paling tersohor di antara semua game sejenisnya karena berbagai hal, tapi terutama karena estetikanya yang kuat, mekanikanya yang ramah bagi baik pemula ataupun yang sudah fasih dengan genre ini, dan update yang selalu membawa hal baru ke dalam permainannya.

Estetika Overwatch berwarna-warni dan lebih “bergembira” dibandingkan kebanyakan game shooter yang ada sekarang, membuatnya lebih menarik bagi orang awam yang sebelumnya tidak berniat menyentuh genre ini. Warna-warni ini juga terlihat pada deretan karakternya yang memiliki sifat dan tampang yang jauh berbeda satu dan lainnya. Daerah asal mereka juga tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Variasi karakter juga terefleksi dalam cara mereka dimainkan. Beberapa karakter memiliki mekanisme yang mengikuti FPS standar dan membutuhkan kemampuan FPS standar pula e.g. aiming, positioning, tetapi banyak pula yang lebih unik e.g. memasang perangkap, menjaga kawasan, perang gerilya dengan lari sana-sini. Setiap mekanisme tiap karakter juga serasa dibuat khusus untuk mengikuti sifat karakter tersebut; hasilnya seakan kamu benar-benar memainkan peran si karakter ini, bukan sekadar menggerakan figuran.

Overwatch terus-menerus di-update dengan karakter baru atau area baru atau menyesuaikan karakter yang sudah ada, menghasilkan lingkungan permainan yang selalu berubah-ubah. Overwatch sekarang, misalnya, sudah terasa berbeda dengan Overwatch saat ia baru dirilis tiga tahun yang lalu.

Saya sendiri tidak biasa bermain shooter, tapi tertarik dengan Overwatch karena karakter dan estetikanya. Hasilnya sekarang saya siap membela game ini ke manapun karena saking asyiknya main >:D. Overwatch juga tidak memakan banyak waktu setiap kali main—15 menit pun cukup—sehingga cocok dengan jadwal mahasiswa. Spek yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi—saya bisa memainkannya dengan laptop mid-range—tapi, seperti game online lainnya, memang dibutuhkan internet yang stabil.

Hamster is best boy

 

Overwatch tersedia untuk PC, PS4, dan Xbox One. Versi PC bisa dibeli dari website resminya seharga $19.99 (sekitar Rp280.000 sekarang), tapi mereka sering mengadakan diskon dan Free Weekend, jadi silakan kalau kalian mau menunggu untuk itu.

Btw yang mau main bareng, ID saya Telescopic#1923. Iya, artikel ini iklan terselubung biar saya punya teman main.