Rekomendasi Sabtu: Battle Chef Brigade

Untuk bisa membuat game yang bagus, kamu harus memainkan banyak game yang bagus dan bervariatif. Rekomendasi Sabtu adalah fitur mingguan oleh Aliya, BGDC 2021, yang merekomendasikan satu gameentah game apapun itu, tapi yang pasti di luar mainstream sekarang dan mungkin belum pernah kamu mainkan sebelumnyasambil bercerita pendek tentang mengapa game itu menyenangkan.

Battle Chef Brigade merupakan gabungan dari dua genre yang kelihatannya nggak akan akur: game action platforming dan match-3 puzzle, juga mempertemukan dua konsep yang tampangnya berseberangan: melawan monster di dunia fantasi, dan memasak. Hasilnya: seperti hidangan yang cita rasanya berlapis-lapis, gurih bercampur manis, tapi tetap enak.

Konsepnya unik: kamu koki di lomba memasak tetapi sebelum bisa bergerak di dapur, kamu harus berlari keluar dan berburu monster untuk mendapat bahan makanan. Bagian ini saya rasa seperti fighting game dengan berbagai jurus dan kombo gerakannya, tetapi disederhanakan. Kamu lalu harus mengambil bahan makanan itu ke dapur, melemparnya ke penggorengan, dan memasaknya dengan memutar-mutar “elemen rasa”nya hingga berjejer yang warnanya sama.

Kalau dilihat terpisah-pisah—hanya bagian berburunya saja atau hanya bagian memasaknya saja—rasanya akan kurang. Banyak game lain menyajikan action-platforming atau match-3 dengan cara yang lebih baik. Tetapi di Battle Chef Brigade kedua genre ini saling berkesinambungan. Kamu akan memikirkan masakanmu ketika berburu, dan memikirkan buruanmu saat memas/ak. Alur permainan yang cepat akan mendorongmu untuk terus bergerak di antara keduanya, otakmu otomatis mengalur di antara dua genre permainan yang berbeda.

Ini arcade yang cocok untuk dimainkan tanpa banyak basa basi“pick up and play” begitu istilahnyatapi Story Mode-nya juga lumayan berisi. Kisahnya dipenuhi karakter warna-warni yang menyenangkan tanpa menjadi terlalu manis, dihiasi dengan latar cat air yang indah. Story Mode juga dengan mulus mengajarkanmu bagian lebih rumit dari mekanisme berburu-plus-memasak yang dimilikinya.

Local Multiplayer-nya asik dan cocok dimainkan bahkan bersama temanmu yang biasanya tidak suka game kompetitif. Walaupun kalian memang bertanding, kedua pemain akan lebih fokus meningkatkan masakannya masing-masing dibandingkan saling bertarung. Lomba memasak di Battle Chef Brigade tidak membuat naik darah seperti, misalnya, bertanding di fighting game murni.

Battle Chef Brigade tersedia untuk PC dan Mac di Steam dengan harga Rp 108.999, seharga makan di restoran untuk berdua. Juga tersedia di GOG dan Humble Bundle dan untuk PS4 dan Nintendo Switch.