Apa yang Membuat Game MOBA Begitu Menarik?

Apa yang membuat game ini begitu menarik? Kenapa game ini spesial? Mengapa tidak CS: GO atau Game lainnya ?

Penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membuat permainan ini menyenangkan. Menurut saya, ada 3 faktor utama :

1. Strategi berbasis tim hanya harus mengendalikan satu juara – Untuk memenangkan game ini, pasti ada semacam strategi apakah itu memiliki “WOMBO COMBO” atau “SPLIT PUSH” atau “GANKING”.

Ada begitu banyak waktu komposisi yang berbeda = keragaman yang lbih banyak = lebih banyak hal untuk dicoba.

Berbeda dengan game Starcraft di mana Anda harus mengendalikan beberapa unit, agak lebih mudah untuk hanya mengendalikan satu juara dan “membangun statistik Anda”.

2. Efek band-wagon – Perlu dicatat bahwa orang adalah makhluk penasaran yang ingin tetap trend dalam beberapa hal. Semuanya kembali ke faktor psikologis orang yang ingin ikut serta dalam hype. Jadi semakin banyak orang bermain MOBA, semakin besar kemungkinan akan bertambah banyak.

3. Keuntungan menjadi orang yang hebat – Hubungan ini kembali dengan efek bandwagon dengan begitu banyak orang yang bermain game ini. Dengan berdiri dan menjadi bagian atas 0,1%, Anda berpotensi menjadi 1.000 teratas dari 1.000.000. Itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Selain itu, saat Anda berkompetisi dengan rekan kerja.

Semuanya berakhir dengan “memamerkan mekanika dan keterampilan Anda” pada apa yang dapat Anda lakukan dalam permainan ini. Dan hanya dengan berlatih dan kerja keras seseorang bisa mencapai kemampuan ini yang bisa mengakibatkannya menjadi adiktif.

Ya, ada banyak faktor lain juga. Tapi ini alasan utama yang saya pikirkan yang membuat MOBA jadi sangat adiktif.

 

Adrian Crisandy