Let’s Save Our Starlight! : Shoujo Kageki Revue Starlight Re-live Game Review

Introduction to the game

“Bernyanyi, menarilah, dan saling rebut!”. Game ini diadaptasi, atau mungkin lebih tepatnya, lanjutan dari seri anime “Shoujo kageki Revue Starlight” yang bercerita tentang sang karakter utama, Karen Aijo, yang ingin tampil sebagai “Stage Girl” bersama dengan teman masa kecilnya, Hikari Kaguya. Dan untuk bisa menjadi seorang “Stage Girl”, Karen Aijo dan semua karakter di dalamnya, harus menjalankan sebuah “Audition” dan saling merebut “Starlight” dari yang lain.


sutarira front

Rilis pada tanggal 21 Oktober 2018 untuk android dan seminggu kemudian untuk IOS. Dikerjakan oleh A-Team Inc. dan Bushimo sebagai publisher. Game ini hanya tersedia di Jepang, namun bisa dimainkan di luar jepang dengan bantuan VPN.

Deeper Down to the Game

Setelah tap di top screen, kita akan disambut oleh salah satu karakter di main screen. Karena saya suka Nana Daiba, saya pasang dia di main screen 😉

Semua tombol menu pada main screen ada di pinggir pinggir layar. Mungkin supaya tidak menghalangi karakter di tengahnya. Bagian kanan terdapat menu menu untuk fitur fitur game seperti team formation, upgrade skill, upgrade memoir, gacha, shop, dan mission. Lalu tombol yang mencolok adalah Stage dan My room. 

Di sebelah kiri adalah profile dan menu menu tambahan seperti present list, item list, settings, dll.

Lalu di atas ada bar stamina, gold, dan jewel.

Team Formation

 

Meskipun menu button nya lumayan banyak, namun bisa dibuat minimalis sehingga space di tengah masih cukup lebar. Background dari menu utama adalah kaki kaki Tokyo Tower, latar belakang yang sering muncul di anime nya. Tidak ada kesan “terlalu kosong” meskipun ukuran dari karakternya sendiri tidak terlalu besar. Sayangnya, masih belum ada fitur untuk mengganti background tersebut.

Upgrade Chara

 

Tiap pindah dari dari screen satu ke screen lainnya, terasa sangat ringan, sehingga kita bisa membuka screen atau menu lain dengan cepat. Dari segi memori, game ini masih belum memakan banyak memori. Mungkin karena game ini masih termasuk baru. Walaupun begitu, fitur fitur yang disediakan sudah lumayan banyak.

Gameplay

Game ini merupakan turn base game, seperti lumrahnya game J-RPG yang sudah ada sebelum sebelumnya. Setiap stage ada 3 wave dan setiap wave ada 30 turn. Untuk mendapat 3 bintang setiap stage (Maksimal bintang), player harus bisa menyelesaikan stage, semua karakter masih hidup, dan selesai dibawah 12 turn.

Dalam gameplay nya itu sendiri, desain karakter sudah menggunakan 3D karakter dengan gerakan animasi yang sudah halus dan beragam. Gerakan animasi dalam attack animation nya saja tiap tiap karakter berbeda. Dan setiap karakter memiliki attack animation yang  berbeda juga tergantung jumlah AP dan climax attack.

AP
AP Count

 

 Untuk upgrade karakter, kita membutuhkan drop item. Untuk itu, lumrahnya setiap game, kita perlu grinding. Namun di game ini, grinding terasa mudah. Salah satu fitur yang diberikan untuk urusan grinding adalah skip stage. Kita bisa skip satu stage maksimal 10 kali dan mendapat drop item sama seperti kita melakukan 10 kali stage. Drop item nya tetap random. Stage yang bisa diskip hanya stage yang memiliki 3 bintang.

skip
Skip Stage

 

Game ini juga menyediakan sistem PvP real time. Setiap kali menang PvP, kita akan mendapat sejumlah poin, dan setiap poin yang dikumpulkan bisa menaikan medal.

PvP Top Screen

 

PvP di sini masih terkesan rigged karena kartu dengan rarity tertinggi masih terlalu kuat sehingga sangat sulit dilawan dengan kartu dengan rarity lebih rendah meskipun jumlahnya lebih banyak dari kartu rarity tertinggi. Memang, jalan satu satunya harus re roll gacha sampai dapat kartu rarity tertinggi, namun saya masih belum dapat sama sekali walaupun sudah re roll berkali kali ;(

Medal

 

VERDICT

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bahas, namun kalau kebanyakan nanti bukan review tapi jadinya walkthrough game hehehe. 

Game ini memang masih baru, namun fitur yang ada sudah lumayan banyak. Namun menurut saya fitur yang banyak tersebut masih terkesan agak sepi. Mungkin salah satunya karena kartu yang ada masih belum banyak. Lalu main story nya masih sedikit (masih 6 saat tulisan ini ditulis) meskipun banyak karakter yang ditambahkan dari original animenya. Namun tentu hal hal ini bisa ditambah di masa depan. 

Secara gameplay game ini sangat menarik karena menggunakan 3D karakter dan animasinya yang lumayan kaya. Meskipun karakternya bukan karakter proporsional dan terkesan chibi. 

Dengan sedikit game balancing dan tambahan story serta kartu baru, tentu game ini sangat menarik untuk dimainkan. 

Faris Pradiatma