Rekomendasi Sabtu: Hollow Knight

Rekomendasi Sabtu adalah fitur mingguan oleh Aliya, BGDC 2021, yang merekomendasikan satu game sambil membahasnya. Kali ini, ia bercerita tentang perasaan yang ia dapat dari game tersebut, karena game tidak hanya mekanisme dan aset yang dicampur begitu saja.

Jujur ya, saya bahkan belum tamat main Hollow Knight. Saya lelah lelah lelah. Sudah berapa kali saya turun dari bangku yang menjadi save point itu, memanjat lagi ke pijakan yang sama, melewati musuh-musuh yang sudah akrab kutebas tetapi tetap saja berkesampatan membunuhku lagi, terus hingga bertemu boss si itu lagi, dan lalu aku pun mati lagi di tangannya. Ya, ya.

Tapi tetap saja, setelah setiap kekalahan, aku mencoba lagi, dan lagi. Setiap tebasan, setiap lompatan, setiap hindaran, semua gerakan mengajari jemariku untuk melawan. Setiap kesalahan kecil, setiap gerakan musuh yang membunuhku, mengajari mataku akan gerak gerik yang harus kuperhatikan. Setiap kematian mengajariku cara untuk bertahan hidup.

Mungkin di percobaan yang kesekian kali ini aku akhirnya bisa menaklukannya. Mungkin akhirnya aku bisa melanjutkan perjalananku di dalam dunia bawah tanah yang indah nan berbahaya ini. Perjalananku kemarin membawaku dari kota yang terlupakan ke ladang para jamur, ke gua tempat ubur-ubur berkelip, ke desa belalang sembah, ke reruntuhan ibukota yang selalu disiram hujan. Setiap langkahku dipenuhi bahaya, diburu oleh serangga-serangga mati yang digerakkan kembali oleh kekuatan asing.

Tetapi aku juga banyak bertemu dengan teman, serangga-serangga yang sama gilanya denganku hingga terus menelusuri tempat ini.

Mungkin suatu hari aku bisa memecahkan misteri Hallownest, kerajaan bawah tanah ini. Tetapi, untuk sekarang yang bisa kulakukan hanya terus berjalan, mati, belajar dari kematian itu, dan terus berjalan lagi.

Hollow Knight tersedia untuk PC, Mac, dan Linux di Steam seharga Rp 115.999. Juga tersedia di Humble Bundle, GOG, dan untuk Nintendo Switch, PS4, dan Xbox One.