Game Spotlight: Town of Salem

“I’m actually Jailor. I’ll execute everyone who voted me guilty.”
“No, I am Jailor. Trust me vote guilty on this.”
Jailor dies

Pernahkah kamu bermain board game Werewolf dan bertanya – tanya apakah ada versi onlinenya? Pernahkah kamu bermain sebagai Doctor dan dituduh sebagai Werewolf tanpa alasan yang jelas? Pernahkah kamu bermain sebagai Villager dan merasa tidak melakukan hal apapun? Town of Salem hadir untuk menjawab kegalauanmu.

read more

Town of salem adalah party game yang bertemakan pembunuhan, misteri, dan penipuan. Sama seperti game Werewolf, pemain diberikan faction masing – masing antara yang baik (Townie), jahat (Mafia), atau Neutral (Werewolf). Setiap malam, Mafia berusaha membunuh Townie sampai semua Townie berhasil dibunuh dan sebaliknya, Townie berusaha mengungkap siapa anggota Mafia agar Townie bisa selamat dan memenangkan game. Namun, ada faction Neutral yang berusaha melakukan menyelesaikan objektif perannya sendiri. Dengan ketiga faction tersebut berusaha memenangkan game, dimulailah game adu kebohongan, muslihat, dan pengkhianatan.

Yang membuat Town of Salem berbeda dengan game Werewolf adalah semua peran dalam setiap faction mempunyai perannya masing – masing. Misalkan dari faction Townie, sebagai Jailor pemain bisa menunjuk satu pemain untuk diinterogasi saat malam dan dapat mengeksekusi pemain tersebut jika bukti – bukti yang dikumpulkan cukup kuat. Dan dari faction mafia, terdapat peran blackmailer yang mempunyai kekuatan untuk menunjuk satu pemain supaya pemain tersebut tidak dapat berbicara di saat siang hari. Semua pemain memiliki peran yang unik sehingga tidak ada pemain yang bisa dituduh sembarangan.

Wawzloll sedang dihakimi

Dengan dimainkan secara online, Town of Salem juga mempunyai keunikan tersendirinya di genre ini. Pemain mempunyai berbagai macam fitur seperti Last Will, Death Note, Whisper, Taunt, dan banyak sebagainya. Fitur seperti Last Will berfungsi sebagai pengantar informasi terakhir dari pemain ketika dibunuh di malam harinya. Last Will sangat berguna khususnya untuk faction Townie dimana bukti – bukti sangat diperlukan untuk mengungkap siapa sebenarnya anggota Mafia. Death Note biasanya digunakan untuk mengungkapkan isi hati dari para mafia. Whisper sering dipakai untuk membahas topik lain jika referensi dari nama pemain dimengeri. Dan Taunt digunakan untuk membalas dendam jika sudah mati dengan mengubah pemain menjadi kodok.

Town of Salem pada awalnya dimulai dari projek Kickstarter oleh Indie Developer BlankMediaGames pada 2014. Sampai saat ini, Town of Salem sudah ada di platform Steam, Web Browser, dan yang paling baru Android dan IOS. Awalnya game ini dapat dimainkan secara gratis, namun dikarenakan ada permasalahan botting yang terjadi, Town of Salem dapat dimainkan dengan harga $4.99.

Jadi tunggu apa lagi? Coba sekarang dan asah kemampuan berbohongmu.