Resident Evil 1.5 – Versi Beta dari Resident Evil 2 (Part 2)

(Bagian kedua dari artikel dua bagian oleh Audie, BGDC 2021, yang membahas Resident Evil 1.5. Di bagian kedua ini, kita akan membahas isi dan nasib Resident Evil 1.5. Klik di sini untuk bagian pertama.)

Apa Saja Isi Resident Evil 1.5?

Scan dari majalah The Playstation tahun 1996

Sebelum Resident Evil 1.5 dinyatakan harus dikerjakan ulang dari nol karena dianggap tidak memuaskan, Resident Evil 1.5 akan memberikan suatu hal yang berbeda dari apa yang kita dapat di Resident Evil 1 dan Resident Evil 2. Perbedaan tersebut sebagai berikut.

Cerita, dan Karakter

Terpisah, tetapi tetap serupa dengan Resident Evil 2, mungkin titik terbesar yang akan kita lihat dalam perbedaan yang ada antara RE2 dan RE1.5 adalah Leon dan Elza beserta karakter-karakter pendukungnya.

Di cerita Leon, kita mendapatkan bantuan dari Ada Wong… dan Marvin Branagh. Ya, di Resident Evil 1.5, Marvin Branagh selamat dari zombie outbreak yang membunuhnya di RE2, dan Ada Wong hanyalah seorang ilmuwan dan tidak memiliki hubungan dengan Umbrella. Cerita Leon pun juga disambut dengan keberadaan Kapten Brian Irons – yang di dalam RE1.5 adalah seseorang yang suportif dan baik, tidak seperti dirinya di RE2.

Untuk Elza, ceritanya akan mirip dengan apa yang kita temui di cerita Claire di RE2. Sherry Birkin tetap merupakan bagian dari cerita Elza, dengan peran yang mirip dengan Sherry di RE2. Berhubung dengan Sherry, keberadaan William Birkin di RE1.5 akan mirip dengan peran yang dia miliki di RE2. Kita juga akan mendapatkan bantuan dari… Joseph Kendo. Ya, sama seperti Marvin, Kendo dalam RE1.5 akan tetap hidup hingga akhir cerita.

Rute yang mereka ambil pun sedikit berbeda dari RE2, dengan puzzle dan peran karakter yang berbeda. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di bagian satu, rute dari Leon dan Elza tidak saling bertemu, jadi kedua sisi cerita akan menampilkan dua sisi yang benar-benar unik. Dengan minimnya info tertulis tentang siapa saja mereka, beberapa indikasi dari artwork juga menandakan bahwa Annette Birkin juga akan ada di game.

Selain ini, kami tidak bisa menemukan informasi yang lebih lanjut terhadap karakter-karakter lain yang sekiranya juga muncul di Resident Evil 1.5.

Tempat dan Grafik

Kantor RPD yang lebih realistis

Resident Evil 1.5, memiliki latar yang berbeda jika dibandingkan dengan Resident Evil 2. Desainnya bisa dibilang lebih realistis, terutama jika dibandingkan juga dengan game lain pada zamannya. Misalnya, kantor RPD dibentuk lebih mirip dengan kantor polisi pada umumnya. Resident Evil 1.5 juga memiliki rute yang agak serupa, tetapi sangat berbeda dari banyak aspek. Memang banyak rute dan kejadian yang sedikit mirip dengan apa yang ada di Resident Evil 2, tetapi ketika dimainkan, kalian akan melihat hal-hal yang berbeda bahkan mulai dari awal game. Contohnya keberadaan ruang mayat ataupun kamar mandi, satu hal yang tidak dipunyai RE2 dan baru akan ada di versi remake. Resident Evil 1.5 juga memiliki versi sendiri dari lokasi-lokasi yang kita datangi. Mulai dari kantor RPD, gorong-gorong bawah tanah Raccoon City, sampai lab Umbrella, polanya berbeda dengan yang ada di Resident Evil 2.

Musuh dan Boss


Dengan tipe zombie yang lebih bervariasi dan juga lebih kuat dan ganas, bisa dibilang Resident Evil 1.5 lebih menantang dan menyeramkan jika dibandingkan dengan Resident Evil 2. Selain tipe zombie yang lebih banyak, RE1.5 dapat membanggakan desain William Birkin yang jauh lebih menyeramkan daripada apa yang kita dapatkan dari Resident Evil 2. Jika apa yang kita lihat dari gambar konsep yang ada ternyata benar, Annette Birkin juga akan bermutasi dan menjadi boss di RE1.5. Monster setengah laba-laba dan aligator yang jauh lebih menyeramkan juga merupakan musuh yang berbeda dari apa yang kita lawan di RE2. Setidaknya Mr. X/T-00 tidak ada di RE1.5. Saat Resident Evil 1.5 masih dikembangkan, Mr. X belum terlihat pada gambar konsep.

Fokus utama dari monster-monster ini adalah Golgotha, monster besar gabungan Birkin dan entahlah, dan entah kenapa ada muka Albert Wesker!

Perbedaan yang Lain

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, perbedaan lain yang bisa kita temukan dari Resident Evil 1.5 jika dibandingkan dengan Resident Evil 2 adalah:

  • Ada 2 final boss, selain William Birkin, yang akan dilawan oleh Leon dan Elza di akhir cerita; yaitu Golgotha dan Salem.
  • Model dari zombie di RE1.5 memiliki lebih sedikit tekstur dan poligon, yang memungkinkan lebih banyak zombie untuk muncul di setiap area di dalam game.
  • Leon dan Elza memiliki pakaian armor yang bisa dipakai oleh mereka. Selain itu, mereka akan menampilkan efek dari damage yang telah terima, sesuatu yang baru akan dimunculkan kembali di versi remake dari Resident Evil 2.
  • Umbrella di dalam Resident Evil 1.5 sudah bangkrut, karena perkataan dari anggota S.T.A.R.S. yang selamat dari kejadian di Resident Evil 1 merupakan sesuatu yang dipercaya oleh orang-orang yang mendengarkan cerita mereka.

Nasib Resident Evil 1.5

Capcom mencoba menyembunyikan informasi dari Resident Evil 1.5 setelah pembatalannya, tetapi kini Resident Evil 1.5 menjadi satu topik terbesar yang pernah didiskusikan dalam komunitas Resident Evil dan para penggiat beta gaming. Akhirnya, pada awal tahun 2014, ROM RE1.5 yang dapat dimainkan muncul ke publik, dengan kepercayaan bahwa hanya ada dua CD 1.5 yang ada di bumi ini. Demo yang muncul ke publik ini benar-benar membangkitkan semangat para penggemar Resident Evil, dan juga para penggiat prototype game, akan kemungkinan dirilisnya juga RE 3.5 atau bahkan diselesaikannya Resident Evil 1.5 oleh Capcom.

ROM dari RE1.5 yang ada memang hanya 70% selesai, tetapi hal ini justru membangkitkan semangat dari TEAM IGAS, tim developer game amatir yang sampai saat ini berusaha membuat 1.5 menjadi game yang jadi. Dari fans, untuk fans. Pada akhirnya, keberadaan ROM yang sudah keluar itu pun makin mempercepat kemungkinan 1.5 akan menjadi game yang sempurna, walaupun tidak oleh Capcom.

Dalam sisi Capcom sendiri, perhatian yang diberikan para penggemar terhadap konten-konten prototype game mereka akhirnya memicu Capcom untuk memberi Rebecca Chambers di Resident Evil 0 kostum beta-nya dari versi N64 yang tidak pernah dirilis. Juga di Resident Evil 2 Remake nanti, Elza Walker akan tampil dalam bentuk jaketnya yang dapat Claire pakai.

Pada akhirnya, Resident Evil 1.5 adalah salah satu bukti bahwa semua hal yang diabaikan, atau dibatalkan, tidak sama sekali akan dilupakan.