Mario Kart 8 Deluxe: Hal – hal yang membedakan dengan Mario Kart 8

Mario Kart 8 Deluxe telah dirilis di Nintendo Switch pada tanggal 28 April yang lalu, dan mungkin anda bertanya apa sajakah yang membedakan Mario Kart 8 Deluxe dengan Mario Kart 8 yang dirilis di Wii U? Berikut saya akan menjelaskan hal-hal apa sajakah yang membedakan MK8 Deluxe dengan MK8.

1. 6 Karakter Baru

Selain semua karakter yang bisa anda mainkan di Mario Kart 8 (baik itu dari base gamenya maupun dari DLC), ada tambahan 6 karakter baru yang bisa kalian gunakan di MK8 Deluxe. Keenam karakter baru tersebut adalah:

  • King Boo
  • Dry Bones
  • Bowser Jr
  • Inkling dari Splatoon (laki/perempuan)
  • Gold Mario

Di antara karakter-karakter tersebut, hanya para Inkling yang melakukan debutnya di seri Mario Kart di MK8 Deluxe. Sebelumnya King Boo dan Bowser Jr bisa dimainkan di Mario Kart: Double Dash dan Mario Kart Wii, Dry Bones bisa dimainkan di Mario Kart DS dan Mario Kart Wii, dan Gold Mario bisa dimainkan Mario Kart Arcade GP DX.

Gold Mario merupakan satu-satunya unlockable character yang ada di MK8 Deluxe. Untuk membuka Gold Mario, player harus memenangkan semua Grand Prix di kelas 200cc.

2. Perubahan Sistem Battle Mode

Battle Mode di MK8 Deluxe telah kembali ke sistem Battle Mode yang dimiliki game-game Mario Kart yang sebelumnya. Ada 8 battle course yang bisa dipilih di Battle Mode, yaitu:

da 5 pilihan mode Battle Mode yang bisa dimainkan di MK8 Deluxe, yaitu:

  • Balloon Battle:Sama seperti Balloon Battle di game-game sebelumnya, kini player akan memulai Battle dengan 5 balon. Player akan memulai dengan skor 0, dan akan mendapatkan poin setiap kali player berhasil memecahkan/mencuri balon milik lawan. Jika balon milik player telah habis, player bisa meng-respawn dengan skor yang dimiliki menjadi separuh dari skor sebelumnya. Yang menjadi pemenang dari mode ini adalah player dengan skor terbanyak ketika timer mencapai 0.
  • Renegade Roundup:Mode baru yang didasarkan dari cops and robbers. Satu tim (“The Authorities”) harus menangkap player dari tim lain (“The Renegades”) menggunakan item Piranha Plant. Para Renegade yang tertangkap akan masuk penjara, dan bisa dibebaskan oleh Renegade yang tidak tertangkap. Para Authorities akan menang jika semua pemain tim Renegade telah tertangkap, sementara para Renegades akan menang jika setidaknya ada satu di antara mereka yang lolos dari kejaran Authorities ketika timer mencapai 0.
  • Bob-Omb Blast:Sama seperti Balloon Battle, hanya saja semua pemain hanya bisa menggunakan Bob-Omb untuk mencetak poin. Setiap pemain bisa menyimpan hingga 10 Bob-Omb di dalam game. Sama seperti Balloon Battle, siapa yang mendapat poin terbanyak ialah yang menjadi pemenangnya.
  • Coin Runners:Sama seperti Coin Runners di Mario Kart Wii, player harus mendapatkan coin sebanyak mungkin, dengan siapapun yang mendapatkan jumlah coin terbanyak ketika timer mencapai 0 menjadi pemenangnya.
  • Shine Thief:Player harus mendapatkan sebuah Shine Sprite dan harus memegangnya selama 20 detik. Jika Shine Sprite yang dimiliki lepas sebelum 20 detik selesai, maka timer akan berhenti di detik ketika player melepas Shine Spritenya. Yang menjadi pemenang dari mode ini adalah siapapun yang bisa memegang Shine Sprite hingga timer yang dimiliki oleh player mencapai 0.

3. Perubahan Sistem Item

 

Di MK8 Deluxe, para player bisa membawa maksimal dua item lagi. Tetapi, tidak seperti sistem yang sebelumnya, player bisa membawa kedua item itu secara sekaligus tanpa harus meng-drag item yang pertama. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Double Item Box yang terakhir muncul di Mario Kart: Double Dash kini telah kembali. Jika anda mengambil Double Item Box, kalian akan langsung mendapatkan dua item secara sekaligus.

MK8 Deluxe juga membawa kembali item Feather dan Boo ke dalam game. Item Feather hanya bisa digunakan di Battle Mode. Kedua item tersebut memberikan efek yang sama seperti ketika item-item tersebut muncul di game Mario Kart yang sebelumnya.

Selain itu, ada perubahan kecil di item Crazy Eight dan Blooper. Untuk Crazy Eight, warna iconnya berubah dari biru menjadi gradiasi biru ke merah, sesuai dengan warna logo MK8 Deluxe; sementara untuk Blooper, efek item Blooper tetap aktif jika player yang terkena item Blooper telah melintasi garis finish.

4. Perubahan-Perubahan Yang Lain

Perubahan-perubahan lain yang ada di MK8 Deluxe adalah:

  • Adanya 3 pilihan kart yang baru, yaitu Koopa Clown, Splat Buggy, dan Inkstriker.
  • Part kendaraan yang dibuka secara random kini bisa dibuka dalam jarak 30 coin, bukan dalam jarak 50 coin.
  • Adanya level tambahan dari Mini-Turbo, yaitu Ultra Mini-Turbo. Ultra Mini-Turbo ditandai dengan percikan warna pink dari ban kendaraan yang digunakan.
  • Kelas 200cc sekarang bisa digunakan di mode Time Trial.
  • Adanya opsi “Smart Steering” dan “Auto Accelerate” bagi para pemain pemula.
  • Ketika bermain online, player bisa mengubah kombinasi karakter dan kart yang digunakan di lobby menggunakan tombol Y.
W. Reza Maulana