Rekomendasi Sabtu: VA-11 Hall-A

Rekomendasi Sabtu adalah fitur mingguan oleh Aliya, BGDC 2021, yang mengenalkanmu dengan satu game—entah game apapun itu—sambil menjabarkan keunikannya.

Dunia cyberpunk dipenuhi dengan peperangan dunia maya, perebutan kekuasaan, orang kaya memakan yang lemah, dan augmentasi teknologi di segala lapisan masyarakat. VA-11 Hall-A berlatar di dunia ini, tetapi berbeda dengan cerita cyberpunk lain yang lebih banyak membahas pahlawan anti-korporasi atau serangan robot pemberontak, ia hanya bercerita tentang satu tempat nongkrong dan orang-orang yang mengunjunginya.

VA-11 Hall-A adalah bar kecil di ujung kota. Pelanggannya tidak banyak: jurnalis mabuk, robot PSK, anjing superpintar, miliarder berkuping kucing, dan banyak lainnya. Dalam dunia yang terus menerus diserang kemajuan teknologi ini, siapapun bisa masuk lewat pintu bar ini. Tetapi siapapun mereka, yang mereka butuhkan hanya satu: minuman, dan seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah mereka.

Itu tugasmu. Sebagai penjaga bar, kamu hanya perlu mendengarkan mereka dan meracik minuman sesuai peasanan. Tetapi kadang mereka tidak tahu mau memesan apa, kadang memberi mereka minuman yang berbeda bisa memancing reaksi yang berbeda, dan seperti kalau kamu sudah langganan ke warteg tertentu dan penjualnya sudah hafal pilihan laukmu apa, setelah bertemu dengan si dia berkali-kali, kamu mungkin sudah hafal minuman apa yang ia mau.

Dibandingkan visual novel lain yang hanya memberi pilihan dialog, interaksi lewat meracik minuman membuat dunia VA-11 Hall-A terasa makin dekat. Dan intinya memang itu: kedekatan, atau setidaknya pengetetahuan bahwa pelanggan-pelanggan yang datang ke bar ini juga manusia sepertimu. Dan sepertimu, mereka hanya mencari tempat untuk bersantai. Di antara basa basinya dan musiknya yang mengalun tenang, VA-11 Hall-A, baik sebagai bar ataupun sebagai game, bisa dibilang tempat paling kalem di tengah hiruk pikuk dunia.

VA-11 Hall-A tersedia untuk PC, Mac, dan Linux di Steam dengan harga Rp 95.999. Juga tersedia di itch.io dan di situsnya sendiri.