Alat Musik Pukul Nusantara

Alat Musik Pukul Nusantara

Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang membuat banyaknya jenis alat musik yang tersebar di nusantara, salah satunya adalah alat musik pukul. Seperti namanya, untuk menghasilkan bunyi alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik pukul dibagi menjadi dua, yaitu bernada dan tidak bernada. Berikut ini adalah lima alat musik nusantara yang dimainkan dengan cara dipukul:

  1. Kolintang

Merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Kolintang memiliki bahan dasar kayu dengan melodi yang sangat unik. Kata kolintang sendiri diambil dari bunyi yang dihasilkan, yaitu tong (nada rendah), ting (nada tinggi), dan tang (nada tengah).

  1. Tifa

Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang pada bagian tengahnya dikosongkan atau dilubangi. Setelah itu, salah satu sisinya akan ditutup dengan kulit hewan seperti rusa ataupun biawak soa – soa yang keringkan dan diikat dengan rotan secara melingkar. Tifa dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh sehingga menghasilkan suara. Berasal dari Papua dan Maluku dengan empat jenis yang berbeda, yakni Tifa Jekir, Tifa Potong, dan Tifa Dasar, dan Tifa Bas.

  1. Talempong

Salah satu warisan budaya turun temurun yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Alat musik ini umumnya terbuat dari bahan kuningan. Talempong memiliki bentuk lingkaran dengan sisi bawah yang berongga dan berukuran lebih kecil dibandingkan bagian atasnya yang tertutup. Dibagian tengahnya terdapat tonjolan yang menjadi sumper bunyi dan dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat berbahan kayu.

  1. Tuma

Alat musik pukul tradisional Kalimantan Barat yang sama seperti Tifa, tetapi bedanya adalah Tuma memiliki Panjang sekitar 1,25 meter dan berdiameter berkisar 0,15 meter, sehingga lebih ramping dibandingkan Tifa. Terbuat dari bahan dasar kayu yang tengahnya dilubangi dan disalah satu sisisnya ditempelkan dengan kulit kambing serta kulit kijang muda. Orang yang memainkan Tuma disebut dengan dadalang atau dadalan.

  1. Kempul

Salah satu instrument gamelan yang memiliki bentuk seperti gong, tetapi berukuran kecil sehingga menghasilkan suara yang lebih tinggi dari pada gong. Alat musik ini terbuat dari kuningan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu yang ujungnya diberikan lapisan kain yang tebal. Kempul terdisi dari beberapa buah dengan ukuran yang berbeda – beda dan dimainkan dengan posisi digantung.

 

 

References :

https://www.haibunda.com/parenting/20210330135623-61-202264/6-alat-musik-tradisional-yang-dimainkan-dengan-dipukul