Manfaat Mendengarkan Musik

Manfaat Mendengarkan Musik 

Sumber: openfit.com/ things-you-can-control

Musik merupakan hal yang disukai semua orang. Hampir tidak mungkin seseorang tidak mendengarkan musik selama hidupnya. Dan uniknya lagi, musik sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan para pendengarnya. Beberapa manfaat tersebut seperti menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Selain itu, mendengarkan musik yang lembut juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga melancarkan pernapasan. Namun, musik juga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan. Dampak negatif tersebut dapat terjadi ketika kita mendengarkan musik yang “keras” ataupun musik yang memiliki lirik negatif. Hal itu akan membuat pikiran kita menjadi semakin kacau, stress, bahkan ada lagu-lagu yang mampu membuat pendengarnya melakukan bunuh diri. Dalam artikel kali ini, kita akan fokus pada dampak positif yang muncul dari mendengarkan musik. 

Berikut adalah dampak positif mendegarkan musik dari beberapa hasil penelitian:

  1. Musik mampu meningkatkan mood

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dengan mendengarkan musik dengan nada yang ceria atau uplifting dapat meningkatkan suasana hati/mood seseorang.

2. Mengurangi depresi

Dari penelitian mengenai musik, dikatakan bahwa jika mendengarkan musik bergenre jazz atau klasik, itu memiliki dampak terhadap mengurangi depresi.

3. Memperkuat daya ingat

Dalam sebuah tulisan “The cognitive effects of listening to background music on older adults” peneliti menemukan bahwa musik membantu dapat membantu orang-orang tua untuk mempertahankan daya ingat mereka.

4. Mengurangi tingkat stress dan menjaga kesehatan mental

Para Peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental, seperti dopamine, hormone stress, serotonin dan oksitosin.

Oleh karena itu apabila kita jarang mendengarkan musik, entah karena tidak suka atau hal lainnya, mulailah ubah pandangan tersebut karena mendengarkan musik ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi hidup kita, salah satunya dalam hal kesehatan. Dalam hal ini, aspek psikologis atau mental akan mendapatkan manfaat yang sangat besar ketika kita mendengarkan musik. 

Referensi:

7 Keuntungan Punya Hobi Mendengarkan Musik. (2022, March 9). Retrieved from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/09/210430020/7-keuntungan-punya-hobi-mendengarkan-musik?page=all

Rita Hitching. (2022, April 05). 7 BENEFITS OF LISTENING TO MUSIC FOR YOUR MIND & MOOD. Retrieved from Humnutrition.com: https://www.humnutrition.com/blog/benefits-of-listening-to-music/

#SalamBDM

Jeremy Kenneth