Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Musik Daerah Indonesia

Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Musik Daerah Indonesia

Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang luas dan memiliki banyak pulau yaitu sekitar 17.504 pulau. Selain itu indonesia sendiri juga dikenal dengan kekayaan budaya nya. Baik itu bahasa, baju tradisional, dan lagu daerah. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang ciri-ciri dan cerita lagu-lagu daerah. Yuk kita simak!

Untuk kita mencari tau apakah lagu yagn kita dengarkan adalah sebuah lagu daerah kita dapat melihat dari ciri-ciri lagu daerah. Perlu kita ingat juga setiap lagu daerah memiliki kateristik masing-masing yang membuat lagu-lagu ini beragam. Hal ini dapat kita lihat dari bahasa yang digunakan, alat musik pengiring, dan hal lainnya. Walaupun begitu terdapat ciri-ciri umum dari lagu daerah yang ada di Indonesia.

Dalam ciri-ciri yang pertama ini biasanya lagu daerah sendiri akan menceritakan keadaan lingkungan atau budaya masyarakat setempat dan lagunya juga dipengaruhi oleh keadaan adat istiadat setempat. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai lagu daerah seperti lagu ampar-ampar pisang yang menjelaskan tentang kebudayaan masyarakat membuat kue pisang.
Ciri-ciri yang kedua adalah jarang diketahui pengarangnya. Hal ini biasanya terjadi karena lagu daerah tersebut memiliki umur yang sudah tua dan beredar luas sehingga kita tidak mengetahui siapa pembuatnya.
Yang ketiga adalah lagu daerah biasanya lagu daerah akan mengandung pesan yang mengandung nilai-nilai kehidupan, unsur-unsur kebersamaan sosial, dan juga keserasian dengan lingkungan hidup sekitar.
Yang keempat adalah biasanya lagu daerah memiliki sifat yang sederhana untuk dipelajari karena tidak memerlukan pengetahuan musik yang mendalam.

Karena sekarang kita sudah tau tentang ciri-ciri lagu daerah, sekarang kita akan membahas tentang beberapa cerita dari lagu daerah di Indonesia. Lagu pertama yang akan kita bahas adalah Gundul Pacul. Lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah dan diciptakan oleh Sunan Kalijaga dan R.C Hardjosubroto ini memiliki filosofi nya sendiri. Arti dari Gundul-gundul pacul gembelengan ini menjelaskan tentang seseorang yang memimpin bukanlah orang yang memiliki mahkota tetapi yang membawa pacul atau yang bisa diartikan untuk menyekahterakan rakyatnya. Yang kedua adalah nyuggi-nyunggi wakul ini sendiri ini merupakan lambang sikap seseorang yang tiba-tiba menjadi sombong karena kepercayaan unuk menjunjung amanah dari rakyat. Dan yang ketiga adalah wakulnglimpang segane dadi sak latar ini memiliki arti bahwa manah yang diberikan masyarakat kepada pemimpin itu hancur karena kesomobongan hatinya.

Lagu selanjutnya yang akan kita bahas adalah Butet. Lagu daerah dari Sumatera Utara ini terinspirasi dari kasih perjuangan masyarakat Indonesia saat memperebutkan wilayah Tapanuli. Butet sendiri merupakan bahasa daerah ang memiliki arti anak perempuan. Dari liriknya lagu daerah Butet ini meceritakan seorang ibunya yang bernyayi untuk putrinya sabar menungggu kepulangan ayahnya yang sedang berjuang melawan penjajah. Dan dari sisiayahnya sendiri sang ayah juga merindukan anak perempuannya dan berharap putrinya berdabar dalam menunggu kabar dan surat dari dia dan berjanji untuk segera pulang dan mengalahkan penjajah.

Lagu terakhir yang akan kita bahas adalah Ampar-ampar Pisang. Lagu yang berasal dari Kalimantan Selatan ini tercipta karena keisengan masyarat saat membuat rimpi. Rimpi sendiri merupakan kue atau makanan tradisional dari pisang sehingga dapat kita lihat dari lirik Ampar-ampar pisang menjelaskan cara membuat makanan ini. Dari menusun atau mengapar pusang sampai matang dan diampar kembali untuk dijemur di bawah dinar maatahari sampai pisang tersebut mengeras dan berbau manis.

Dari penjelasan yang sudah diterapkan diatas kita sekarang tau bahwa setiap lagu daerah memiliki cerita dan ciri khasnya masing-masing. Cerita lagu ini ada yang ceria ataupun membawa air mata. Karena itu kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia harus bangga akan lagu-lagu tersebut.

Source :

https://www.merdeka.com/jateng/macam-macam-lagu-daerah-dan-asalnya-membentuk-karakter-bangsa-kln.html?page=all

https://hai.grid.id/read/071659528/hari-musik-nasional-5-lagu-daerah-yang-mesti-lo-tau-asal-usulnya?page=all

5 Sejarah Lagu Daerah yang Ngetop di Tahun 90-an